- Gaming Gear, Kartu Grafis, Tutorial

Benarkah VGA Dengan Kapasitas VRAM Besar Berarti Lebih Baik? Begini Penjelasannya

Hari ini, ada banyak pilihan kartu grafis dengan kapasitas video memory alias VRAM yang lebih besar, mulai dari 2GB hingga 12GB, atau bahkan ada versi yang jauh lebih besar untuk kebutuhan kalangan professional. Pertanyaannya, benarkah memiliki VGA dengan kapasitas VRAM besar berarti bisa jauh lebih baik?

Jawabannya bisa dibilang enggak juga sih, terlebih lagi setiap orang ataupun gamer memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam upaya membawa pengalaman gaming yang ideal “versi” mereka atau dalam game itu sendiri.

Baca juga : Penjelasan Chipset Intel Seri 300 Soket LGA 1151, Hal Yang Perlu Kalian Ketahui

Namun sebelum menjawab lebih jauh, alangkah baiknya kalian bisa memaknai terlebih dahulu beberapa penjelasan awal tentang pengertian VRAM itu sendiri. Ya, ini bisa menjadi awal pembukaan yang baik untuk bisa mengerti semua kebutuhan kalian sebelum membeli sebuah VGA yang tepat berikutnya.

Jadi, apa sih VRAM itu sendiri? Ini bisa sama dengan apa yang biasa kita lihat pada kapasitas sebuah memori desktop standar, hanya saja kapasitas memori yang hadir lebih dikhususkan untuk akses ke seberapa besar sebuah image bisa dirender, itu bisa datang dalam bentuk video game dan ruang resolusi yang bisa dicapainya. Semakin besar resolusi, maka semakin besar pula kapasitas daya memori yang dibutuhkan untuk rendering image yang lebih baik.

Dan kebutuhan memori akan semakin membengkak jika pengaturan dalam game diatur dalam setingan tinggi atau ultra, yang memberikan sajian frame jauh lebih besar. Inilah mengapa, hadirnya memori yang besar bisa dibilang sebagai modal dasar untuk bisa memberikan sajian yang ideal untuk nilai visualitas yang lebih baik, termasuk untuk memberikan kesempatan pada ruang resolusi yang lebih besar.

Contohnya, jika kalian suka sekali dengan game pada resolusi 4K, maka kebutuhan memori tinggi tentu wajib menjadi modal dasar untuk memulai dengan minimum VRAM sekitar 6GB agar bisa memenuhi banyak image dalam satu frame.

Beda halnya ketika kalian bermain dalam ruang resolusi FullHD, dimana kebutuhan VRAM tidak terlalu tinggi, bahkan VGA dengan kekuatan memori 2GB juga masih bisa dilaluinya dengan cukup lancar, meskipun itu bisa saja berubah saat kalian mengaturnya pada pengaturan tinggi.

Nah, ini bisa menjadi awal pembuka yang baik buat kalian, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan yang pas saat berencana untuk membeli sebuah kartu grafis, khususnya ketika dilihat dari kapasitas VRAM.

Jika kalian berencana hanya menginginkan sebuah gaming yang ideal pada level 1080p, VGA dengan kapasitas 4GB tentu akan baik-baik saja untuk memenuhi kebutuhan game level AAA pada pengaturan tinggi atau hingga setingan ultra. Namun jika kalian butuh hal extra, maka kapasitas 6GB akan menjadi posisi terbaik untuk kebutuhan yang paling ideal.

Namun jika kalian menginginkan pilihan resolusi yang lebih besar dalam sebuah game, maka kalian pastinya butuh sebuah VGA dengan kapasitas VRAM jauh lebih besar, minimum 6GB atau pilihan terbaiknya berada pada level 8GB, khususnya untuk gaming di level 1440p atau pada resolusi 4K.

Bagaimana dengan kinerjanya, apakah versi dengan kapasitas besar bisa jauh lebih baik? Tergantung, terlebih lagi jika kalian membandingkannya pada versi VGA yang sama, maka pada resolusi tertentu atau yang lebih rendah kinerja yang ditawarkan bisa dibilang sama. Namun itu akan jauh berbeda ketika kalian membandingkannya pada resolusi yang lebih tinggi.

Contohnya ketika kalian membandingkan seri RX 580 antara versi 4GB dan 8GB, kinerja yang hadir bisa dibilang sama untuk ruang resolusi 1080p, cuman terpaut beberapa FPS aja. Namun itu akan memiliki hasil yang berbeda ketika kalian menaikan resolusi jauh lebih tinggi. Tentu, itu karena semakin besar resolusi yang dibutuhkan, maka semakin besar pula kebutuhan VRAM untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Hingga pada akhirnya, seberapa besar VRAM yang dimiliki oleh kartu grafis kalian, jika kalian hanya memainkan game kasual dalam ruang resolusi kecil tentu itu tidak akan berarti apapun. Beda halnya ketika kalian butuh banyak hal extra, resolusi extra besar dengan detail gambar yang sangat fantastis, maka kapasitas VRAM yang mencukupi tentu akan sangat berpengaruh.

Nah, itu dia sekilas penjelasan mengenai VRAM dalam sebuah kartu grafis atau biasa kita sebut VGA. Ini bisa menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh, terlebih lagi jika tipe VRAM yang dimiliki memiliki tipe graphics double data rate (GDDR) yang lebih cepat seperti GDDR6. Namun untuk kapasitas, itu lebih idealnya untuk kebutuhan ruang resolusi maupun pengaturan ingame.

Ketika kalian butuh sajian visual yang lebih baik dan menginginkan resolusi besar untuk memaksimalkan pengalaman game yang penuh makna, maka VGA dengan VRAM besar minimum 6GB atau 8Gb tentu menjadi jawaban terbaiknya.

Namun jika kalian hanya bermain game yang nyaman pada resolusi 1080p alias FullHD, maka sebuah VGA dengan kapasitas 4GB tentu akan baik-baik saja untuk mencukupi kebutuhan tersebut, bahkan untuk pengaturan tertinggi sekalipun.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat