- Gaming Gear, Kartu Grafis, Monitor, Serba-serbi, Tutorial

Refresh Rate & Pengalaman Gaming Yang Kompetitif, Nvidia Tunjukan Korelasi Intinya

Benarkah memiliki monitor gaming dengan tingkat refresh rate tinggi bakal memberikan pengalaman gaming yang jauh lebih baik? Nvidia telah menunjukan kepada kami bahwa hal tersebut bisa benar adanya. Bahkan, rasio Kill / Death dalam sebuah game bisa jauh lebih efektif dalam judul kompetitif seperti untuk game Fps atau eSport.

Dalam video terbaru di channel YouTube Nvidia yang dirilis tanggal 24 oktober lalu, produsen kartu grafis populer ini menunjukan bahwa memiliki monitor gaming dengan tingkat refresh rate tinggi akan memberikan kemudahan yang efektif bagi gamer sebagai solusi ampuh untuk menjaga asa keterampilan tetap terjaga dengan baik.

Baca juga : Nvidia GeForce GTX 1650 SUPER Preview : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Melalui frame yang jauh lebih dilambatkan alias slow motion dalam CS:Go, kita bisa melihat bahwa ada dampak yang signfikan antara monitor dengan tingkat refresh berbeda, khususnya antara 60Hz, 144Hz dan 240Hz.

Setiap pergerakan akan jelas terlihat dalam kecepatan yang sangat lambat, dimana monitor dengan refresh rate 60Hz akan memberikan tingkat kenyamanan yang kurang ideal untuk game sekelas CS :GO, berbeda halnya dengan monitor yang punya refresh rate lebih tinggi. Hasilnya, ada perbedaan besar ketika kalian memiliki monitor gaming standar dengan pilihan refresh rate yang lebih cepat.

Nvidia sendiri mereka menggambarkan dua hal yang berbeda antara framerate dan refresh rate, tapi satu sama lain sangat berhubungan erat. Contohnya, refresh rate bisa dibilang seberapa efektif monitor pengguna dapat mempertahankan nilai framerate. Jika GPU kalian mampu menghasilkan 144 frame per detik, tetapi kalian bermain game pada layar 60Hz, maka pastinya monitor kalian akan menunjukan masalah screen tearing yang tidak signifikan karena monitor gagal menyamai kecepatan VGA .

Meskipun begitu, terkadang memiliki monitor dengan tingkat refresh rate tinggi enggak terlalu dibutuhkan banyak orang, ataupun untuk jenis permainan tertentu. Meskipun, hal tersebut baru berlaku untuk game cepat sekelas Fps atau permainan yang sangat kompetitif seperti dalam ajang kompetisi.

Disamping itu, memiliki monitor gaming dengan refresh rate tinggi tentu butuh anggaran yang besar, termasuk PC Rig yang memadai. Hanya saja, jika kalian benar-benar suka sekali dalam dunia gaming yang kompetitif dan butuh aksi cepat plus efektif, maka monitor gaming dengan refresh rate tinggi bisa jadi solusi berarti.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat