- Berita Terbaru, Prosesor

Krisis CPU Intel 14nm Menerpa, Perusahaan Jual Kembali Prosesor Lama Pentium G3420

Krisis CPU Intel kembali menguak ke permukaan, khususnya untuk barisan prosesor 14nm yang semakin menipis dan “seakan” menghilang dari pasaran. Untuk itulah, Tim biru meluncurkan seri CPU lama sebagai pengganti sementara bagi penggemar, termasuk Pentium G3420 yang fenomenal.

Hal tersebut diungkap oleh Techspot, dimana menurut situs tersebut Intel berusaha untuk memberikan jalan lama sebagai solusi sementara akibat menipisnya stok barisan prosesor 14nm, ketika produsen diberitakan gagal untuk membangun proses simpul 10nm sebagai jalan baru perusahaan.

Baca juga : Penjelasan Chipset Intel Seri 300 Soket LGA 1151, Hal Yang Perlu Kalian Ketahui

Cuman, beberapa konsumen mungkin “agak” bingung dengan kembalinya Pentium G3420, dimana ini didasarkan pada manufaktur 22nm dengan kekuatan dual core dan dua threads, dengan clockspeed dasar sebesar 3.2Ghz.

Disamping itu, dukungan teknologi bisa terdengar lawas, termasuk memori DDR3 maupun seri mobo yang sebenarnya juga terhitung ketinggalan jaman. Lagi pula, ada pilihan prosesor murah lain yang memiliki kinerja lebih baik dibanding G3420, seperti Athlon 3000G ataupun dari seri Intel Pentium Gold series dan mendukung fitur maupun teknologi baru.

Pentium G3420

Sebenarnya, produsen sudah menutup usia prosesor ini lewat status EOL (end of life), namun status tersebut hanya berlaku dalam waktu seminggu sejak diberlakukannya masa pensiun. Dan kini, Pentium G3420 akan “terus tersedia untuk pesanan seperti biasa.”

Masalah pasokan 14nm sebenarnya sudah sangat mengganggu Intel selama hampir dua tahun, khususnya ketika mereka mulai beralih ke simpul 10nm yang ditingkatkan, yang telah gagal menjadi cukup efisien hanya untuk memenuhi permintaan pasar.

Meskipun ada permintaan maaf dan segudang ‘solusi’, masalah krisis tersebut telah membatasi penjualan PC dan produsen laptop, bahkan memaksa Dell maupun rekanan Intel lainnya untuk berpindah ke AMD. Intel, pada gilirannya, dilaporkan telah menghubungi Samsung dan TSMC untuk meminta bantuan dan akan tetap menjaga chip lama mereka juga.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat