- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC : Solid Gaming 1080p , Pendingin Superior

Nvidia GeForce GTX 1660 SUPER, VGA baru yang bisa membawa nilai segar bagi penggemar dengan nilai harga cukup murah mulai dari 3.8 jutaan. Ada banyak pilihan seru yang sudah hadir hingga saat ini, dan salah satu pilihan idealnya mungkin saja berada di pundak Gigabyte melalui seri GTX 1660 SUPER Gaming OC.

Apa yang menarik adalah clockspeed bawaan yang tinggi, termasuk sajian premium dengan fitur triple Fan windforce cooler yang sangat populer. Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan oleh VGA tersebut? Lihat selengkapnya dibawah ini. Kalian juga bisa lihat review videonya di channel YouTube kami disini. Jangan lupa juga untuk subscribe :D.

Baca juga : Gigabyte Luncurkan eGPU Terbaru Yang Ditenagai RTX 2080 Ti Versi Liquid Cooler

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Gaming di level 1080p masih jadi sweet sport untuk kebanyakan gamer modern hari ini, dan ada banyak pilihan kartu grafis hebat yang bisa melalui tantangan besar di level tersebut, khususnya untuk game level AAA.

Dan ketika kalian menginginkan nilai harga terjangkau namun hadir dengan kekuatan baru yang bisa terasa lebih fresh dan ideal, GeForce GTX 1660 SUPER bisa jadi pilihan serunya. Dengan harga mulai dari 3.8 jutaan, kalian sudah mendapatkan spesifikasi tinggi dan kemampuan untuk melibas gaming di level tersebut di pengaturan tertinggi, bahkan masih mampu di level 1440p.

Ketika ada banyak merk hebat dari seri ini, Gigabyte bisa jadi pilihan alternatif yang memiliki banyak fitur menarik, khususnya dari spesifikasi inti yang lebih tinggi, fitur pendinginan terbaik, termasuk kualitas materi yang solid, dimana ini tentu saja bisa memberikan daya tahan yang jauh lebih baik. Cuman, kalian perlu mengeluarkan anggaran extra hingga 4.3 jutaan untuk mendapatkannya.

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC

Bentuk desain mungkin masih terkesan biasa saja, namun seri ini memiliki nilai yang cukup kompak dengan ukuran Panjang sekitar 28cm, lebar 11.6cm, ketebalan sekitar 4cm dan ruang hingga 2 slot. Sajian premium bisa memberikan kesan tersendiri, khususnya jika dilihat dari kehadiran backplate yang enggak cuman sebagai pelindung PCB, namun juga punya daya Tarik yang cukup berkelas.

VGA ini memiliki sisi konektivitas standar modern hari ini yang bisa memberikan ruang visual extra untuk pengguna, termasuk sebuah port HDMI dan 3 Display Port1.4. Sedangkan kebutuhan daya, kalian minimal memerlukan PSU dengan kapasitas 450W melalui konektor daya 8×1 pin. Ini bisa jadi pertanda bahwa VGA ini tidak memerlukan konsumsi besar, yang tentu bakal membawa berita gembira bagi kalian.

Untuk urusan estetika, nilai plus yang dibawa ini adalah kehadiran dukungan RGB Fusion yang bisa saling singkron melalui perangkat lain yang kompatible, meskipun itu hanya hadir lewat logo aja. Jadi, fitur ini kayaknya biasa aja, apalagi software RGB Fusion juga enggak bawa dampak berarti untuk sajian estetika jauh lebih menarik.

Sedangkan untuk sisi pendinginan yang jauh lebih superior, hadirnya triple fan WINDFORCE bisa dikatakan sebagai sajian utama yang ditawarkan VGA tersebut. Fan memiliki ukuran 80mm plus hadir dengan sajian unik dalam rotasi dimana mereka menyebutnya sebagai alternate spinning fan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan pembuangan panas yang efektif untuk kinerja lebih tinggi pada suhu yang lebih rendah.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC 6G
Graphics Processing GeForce® GTX 1660 SUPER™
Core Clock 1860 MHz (Reference Card: 1785 MHz)
CUDA® Cores 1408
Memory Clock 14000 MHz
Memory Size 6 GB GDDR6
Memory Bus 192 bit
Memory Bandwidth (GB/sec) 336 GB/s
Card Bus PCI-E 3.0 x 16
Card size L=280 W=116.7 H=40.4 mm
PCB Form ATX
DirectX 12
OpenGL 4.6
Recommended PSU 450W
Power Connectors 8 Pin*1
Output DisplayPort 1.4 *3
HDMI 2.0b *1
Harga Rp4.390.000

Sedangkan buat urusan spesifikasi, GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC sebenarnya membawa spesifikasi yang hampir sama dengan GTX 1660 SUPER standar, meskipun apa yang bisa membuatnya berbeda adalah clockspeed bawaan yang lebih tinggi, kalian bahkan bisa melakukan manual OC untuk membawa kinerja jauh lebih seru lewat software AORUS Engine.

Dengan kekuatan 6GB GDDR6 192-bit, CUDA Core 1408, clockspeed up to 1860Mhz, Memory Clock up to 14 Gbps dan memori Bandwith hingga 336 GB/detik, VGA ini bisa jadi modal dasar yang sangat baik untuk memberikan kinerja hebat untuk gaming 1080p ataupun di level 1440p.

Kinerja

Untuk urusan kinerja, secara utuh, VGA ini memiliki kinerja hampir sama dengan apa yang bisa ditawarkan dari GTX 1660 Ti yang punya selisih harga yang cukup tinggi. Dan jika dibandingkan dengan GTX 1660 standar, selisih perbedaan kinerja bisa mencapai 14% dan hingga 35% dibandingkan dengan seri GTX 1060 6GB.

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC

Contohnya, pada game terbaru seperti Borderland 3 di level 1080p pada pengaturan ultra setting, Fps rata-rata yang hadir pada seri bisa mencapai hingga 55, hampir sama dengan apa yang bisa dicapai GTX 1660 Ti, dan punya peningkatan signifikan dibanding versi standar.

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC

Hal tersebut juga berlaku pada game sekelas shador of the tomb raider dengan Fps rata-rata hingga 72 dan punya selisih hingga 11% dibandingkan dengan GTX 1660 standar, dan hingga 30% dibanding GTX 1060.

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC

Battlefield V juga bisa jadi patokan bagaimana hebatnya GPU ini di level 1080p, dimana Fps rata-rata bisa hadir hingga 82Fps dengan perbedaan cuman sekitar 2% dibanding GTX 1660 Ti.

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC

Game ini juga sanggup melibas game berat sekelas Assassin’s Creed  Odyssey dengan nilai FPS rata-rata hingga 52 pada pengaturan ultra.

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC

Gears of War 5 juga bisa dilibas oleh GTX 1660 SUPER dengan Fps rata-rata hingga 73 dan GTA V hingga 88.

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC

Suhu & Konsumsi Daya

Hadirnya pendinginan yang jauh lebih baik dibanding merk lain pada seri Gaming OC ini membawa dampak yang sangat positif. Suhu rata-rata yang disajikan pada VGA ini cuma mencapai hingga 68° celcius aja, meskipun terkadang bisa mencapai lebih diatas 70° celcius. Namun secara keseluruhan ini sangat baik, apalagi pendingin enggak terlalu berisik saat sedang bekerja penuh.

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC

Hal yang sama juga berlaku untuk urusan konsumsi daya, dimana rata-rata saat kalian sedang bermain game, konsumsi daya pada VGA ini cuma memakan hingga 134 Watt, dan itu sesuatu yang sangat baik untuk sebuah GPU yang punya spesifikasi besar.

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC

Kesimpulan

GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC tampaknya sangat layak untuk kalian pertimbangkan. Ada beberapa sisi unggulan yang ditawarin oleh VGA ini yang bisa memberikan banyak hal positif buat kalian, diantaranya adalah :

  • Kinerja Gaming Superior, khususnya untuk level 1080p di pengaturan tertinggi dengan nilai Fps rata-rata bisa berada diatas 60. Clockspeed default bawaan yang besar jadi salah satu alasan utama mengapa VGA ini jauh lebih Tangguh dibanding merk lain.
  • Pendingin yang tenang dan benar-benar efektif, hadirnya triple fan Windforce jadi sisi unggulan yang berarti.
  • Kualitas materi yang solid, bahkan sajian backplate juga terasa cukup berkelas
  • Dan terakhir adalah konsumsi daya yang cukup hemat daya, apalagi jika dibandingkan dengan VGA lama pada kelas yang sama.

Sayangnya, VGA ini juga punya sisi minus yang juga perlu kalian pertimbangkan sebelum membelinya, diantaranya adalah :

  • Nilai harga yang terasa cukup mahal, dimana kalian perlu memboyongnya dengan harga pada kisaran 4.3 jutaan. Padahal ada banyak merk lain yang punya sisi estetika lebih ideal dibawah harga segitu.
  • Sajian software RGB Fusion yang sebenarnya enggak terlalu worth, itu juga termasuk fitur pencahayaan LED dibagian logo VGA.

Tapi pada intinya, GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC tentu masih layak untuk kalian pertimbangkan, khususnya ketika menginginkan fitur yang jauh lebih baik dari sisi pendinginan maupun kinerja. Clockspeed default bawaan bahkan lebih besar, bahkan kalian bisa melakukan OC manual untuk memaksimalkan potensi VGA tersebut.

Nah, itu dia ulasan kita tentang VGA terbaru GIGABYTE GeForce GTX 1660 SUPER Gaming OC. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat