- Hardware, PC Modding, Power Supply

Corsair SF750 SFX PSU 80+ Platinum : Monster Kecil Dengan Kekuatan Besar, Banyak Fitur Hebat

Corsair SF750, si kecil imut namun punya kekuatan besar untuk urusan power Supply ini kayaknya bisa jadi pilihan ideal kalian berikutnya sebagai komponen inti yang hebat. Ada banyak hal seru yang bisa kalian dapatkan, namun yang pasti adalah stabilitas sistem bisa tercapai hingga waktu yang lama, khususnya buat urusan konsumsi daya.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan oleh tuh PSU? Simak selengkapnya dibawah ini. Kalian juga bisa lihat preview ini lewat YouTube Videonya disini. Jangan lupa juga untuk subscribe :D.

Baca juga : Corsair Luncurkan Headset Gaming Terbaru, Virtuoso RGB Wireless Series Yang Powerful

Corsair SF750 Preview : Apa Yang Kami Tahu Sejauh Ini

Spesifikasi Inti Corsair SF750
PSU Form Factor  SFX
Continuous power  750 Watts
Fan bearing technology  Rifle Bearing
Fan size mm  92mm
MTBF hours  100,000 hours
Multi-GPU ready  Yes
80 PLUS Efficiency  Platinum
Zero RPM Mode  Yes
Cable Type  Premium Individually Sleeved, All Black
Dimensions  100mm x 63mm x 125mm
EPS12V Connector  2
EPS12V Version  v2.92
Modular  Fully
ATX Connector  1
PCIe Connector 4
SATA Connector  8
PATA Connector  3
Warranty  Seven Years
Harga Rp2.335.000

Punya PSU handal setidaknya bisa ngasih kepastian daya tahan semua komponen inti PC kalian bisa terjaga hingga waktu yang sangat lama. Dan hal tersebut juga berlaku untuk Power Supply Corsair terbaru SF750 yang dirilis pada awal tahun 2019 kemarin.

Corsair SF750 SFX PSU 80+ Platinum

Seri ini bisa jadi pilihan ultimate yang sangat handal, dan uniknya, ia hadir dengan bentuk faktor kecil melalui apa yang mereka sebut sebagai SFX. Jika dibandingin dengan seri standar, kalian pastinya akan melihat betapa mungilnya PSU tersebut dengan ukuran Panjang sekitar 12.5cm, lebar sekitar 10cm dan tinggi sekitar 63cm.

Corsair SF750 SFX PSU 80+ Platinum

Corsair SF750 itu sendiri punya fitur modular, yang artinya bahwa semua pilihan kabel yang melekat pada PSU tuh bisa kalian lepas. Hasilnya, kalian bisa menyesuaikan pilihan yang tepat buwat komponen PC agar lebih hemat dan disesuaikan dengan apa yang kalian butuhkan. Ini tentu bakal bawa kemudahan buat bangun pc, termasuk sajian kabel managemen yang benar-benar nyenengin untuk dilihat.

seri ini juga nawarin banyak pilihan konektor kabel yang lengkap, disamping beberapa kabel inti, diantaranya adalah :

Corsair SF750 SFX PSU 80+ Platinum

  • Sebuah Kabel ATX 24-pin dengan Panjang maksimum hingga 30cm.
  • Dua buah kabel kabel ATX12V 4 + 4-pin Panjang hingga 40cm
  • Dua kabel pin PCIe 6 + 2 dengan Panjang 50cm
  • Konektor tunggal PCIe 6 + 2-pin maksimum Panjang 65cm
  • Dua kabel kabel SATA dengan maksimum Panjang 44cm
  • Dan 1 Kabel peripheral dengan Panjang 33cm

Sayangnya, semua pilihan kabel yang hadir sangat terbatas alias enggak terlalu Panjang untuk casing yang punya ukuran besar. Sehingga, PSU ini secara utuh punya sisi kompabilitas yang agak terbatas dari segi penggunaan, dimana kalian pastinya perlu casing mini ATX, atau jika kalian masih maksa, kalian pastinya perlu punya kabel konektor extra yang lebih Panjang.

Corsair SF750 SFX PSU 80+ Platinum

Sedangkan buat urusan spesifikasi, seri ini punya banyak sisi unggulan hebat yang bisa ditawarkan bagi PC Builder, apalagi jika kalian punya komponen high-end untuk memulai, diantaranya adalah :

  • Kekuatan daya besar, dimana seri ini bawa maksimum daya hingga 750W. Bentuk sih kecil, namun apa yang didalamnya tersimpan nilai besar untuk hidupin semua komponen PC Tangguh kalian.
  • Sertifikasi 80 PLUS PLATINUM, yang artinya bahwa PSU ini mampu hasilin daya dengan nilai efisiensi hingga 92%, nurunin konsumsi energi, kebisingan, suhu, dan pastinya juga tagihan listrik bulanan, khususnya untuk pemakaian PC kalian.

Corsair SF750 SFX PSU 80+ Platinum

  • Pilihan komponen yang berkualitas, dimana salah satu nilai utama pada PSU ini adalah kapasitor 105 derajat dari Jepang. Artinya bahwa sisi ketahanan dan masa pakai PSU ini bisa makan waktu yang sangat lama dan nawarin daya yang bener-bener stabil.
  • Corsair SF750 juga punya fitur Zero RPM dan punya ftur pendinginan yang cukup baik. lewat fan 92mm, PSU ini tidak akan berputar sampai sistem benar-benar butuh atau pada saat kondisi suhu sudah berada pada level tertentu. Jadi fitur ini juga bisa ngasi solusi operasi yang tenang dan enggak ganggu kalian.
  • Smart fan juga punya fitur menarik, dimana Corsair mengklaim bahwa kipas 92MM bakal , manfaatin PWM dibanding kontrol tegangan DC standar. Sehingga, SF750 Platinum mampu jaga tingkat kebisingan tetap rendah, disisi lain fitur ini juga bisa ngasi kecepatan kipas yang presisi. SF750 Platinum juga gunain heatsink paduan tembaga, yang bisa mastiin kinerja termal yang optimal.

Corsair SF750 SFX PSU 80+ Platinum

  • Fitur kabel modular sepenuhnya juga jadi nilai unggulan extra yang ditawarin oleh PSU ini, dimana hal tersebut bisa memudahkan kegiatan pemasangan komponen atau nyambungin kabel secara efektif ke perangkat pc. Selain itu, seri ini juga dilengkapi dengan kabel premium berlengan individual yang dilengkapi selongsong paracord yang fleksibel.
  • Dan terakhir adalah masa garansi yang Panjang hingga 7 tahun. Itu tentu sesuatu yang sangat nyenengin bagi pengguna untuk tetap pake PSU tanpa harus khawatir dengan garansi. Apalagi, Corsair dikenal sangat ramah dalam urusan klaim garansi.

Pilihan konfigurasi

Nah, Corsair SF Series itu sendiri enggak cuma terbatas pada daya 750W aja, namun juga seri ini punya beberapa pilihan konfigurasi, mulai dari kapasitas 450W, 600W dan 750W. Semua pilihan tersebut udah tersedia dengan braket khusus SFX-TO-ATX BRACKET, sehingga kalian udah bisa masang tuh PSU di casing apa saja. Sedangkan buat urusan harga, seri SF750 merupakan pilihan tertinggi, dengan nilai harga srp sekitar 2.3 jutaan.

Corsair SF750 SFX PSU 80+ Platinum

Kesimpulan

Corsair SF750 mungkin terhitung cukup mahal, namun sangar berharga plus bawa banyak hal nyenengin, termasuk bentuk faktor yang unik. Disamping tuh, PSU ini punya banyak fitur hebat, enggak cuma sisi daya yang besar aja. Fitur modular dan pilihan komponen berkualitas merupakan sajian utamanya, namun hadirnya sertifikasi 80+ platinum bisa dibilang nyempurnain nilai extra dari apa yang bisa ditawarin tuh psu.

Sayangnya, seperti apa yang saya bilang sebelumnya, sisi kompabilitas agak terbatas, dimana kabel yang hadir punya jarak yang pendek. Sehingga, kalian pastinya perlu pc case yang compatible, atau minimal mini itx lah. Jika kalian masih memaksa pengen beli PSU ini namun punya casing yang agak besar, maka kalian wajib beli konektor kabel tambahan. Produsen juga nyediain hal tersebut dengan harga yang sebenernya cukup lumayan sih jika kalian beli seri original.

Namun pada Intinya, beli PSU ini mungkin terhitung mahal, tapi bisa bertahan hingga waktu yang sangat lama. Ibaratnya, sekali beli untuk umur 10 tahun pastinya punya banyak makna, termasuk hemat anggaran sekaligus. Benerkan?

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat