- Internet, Technology, Tutorial

Wi-Fi 6, Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Pada Sertifikasi Baru WLAN 802.11ax ini

Evolusi baru internet secara nirkabel siap disajikan melalui Wi-Fi 6, sertifikasi baru 802.11ax yang diklaim bisa memberikan kontribusi terbaik untuk generasi jaringan terbaru dengan lebih banyak kecepatan dan lebih sedikit kemacetan.

Ini adalah standar penamaan baru yang ditetapkan oleh Wi-Fi Alliance untuk menggantikan generasi sebelumnya yang dikenal sebagai Wi-Fi 5 (802.11ac) dan Wi-Fi 4 (802.11n). 802.11ax dikenal sebagai “high efficiency wireless” yang bisa memberikan kinerja paling efektif untuk perangkat masa depan.

Baca juga : Berapa Sih Kecepatan Internet Yang Ideal Hari ini? Lets Find Out

Wi-Fi 6, Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Jadi secara teknis, Wi-Fi 6 akan memiliki kecepatan data pengguna tunggal yang 37% lebih cepat dari 802.11ac. Dan yang lebih penting adalah bahwa spesifikasi yang diperbarui akan menawarkan empat kali lipat throughput per pengguna di lingkungan yang penuh sesak, serta efisiensi daya yang lebih dalam urusan daya tahan baterai perangkat.

Intinya, kehadiran Wi-Fi 6 bisa memberikan banyak hal positif untuk semua kalangan. Contohnya, pengguna rumahan melalui perangkat yang dukung teknologi ini dapat mengharapkan beberapa perbaikan, terutama dengan meningkatnya jumlah perangkat (IoT misalnya) per rumah tangga seiring berjalannya waktu pada tahun 2022.

Wi-Fi 6

Wi-Fi 6 diperkirakan memiliki dampak yang lebih cepat di area di mana jaringan sangat padat dan pada akhirnya akan membantu meletakkan fondasi untuk jumlah node yang diharapkan pada infrastruktur pintar mendatang.

Dan untuk mengatasi cakupan yang tumpang tindih dari banyaknya perangkat dan penyebaran jaringan yang muncul saat IoT sudah benar-benar umum, Wi-Fi 6 juga bisa dilengkapi untuk menangani permintaan yang semakin meningkat untuk kecepatan data multi-pengguna yang lebih cepat.

Sumber : intel

Jadi, apa yang bisa kalian harapkan melalui Wi-Fi 6? Ada beberapa poin unggulan yang bisa menjadi nilai terbaik dari 802.11ax, diantaranya adalah :

  • Lebih banyak bandwidth secara keseluruhan per pengguna untuk streaming ultra-HD dan virtual reality
  • Dukungan aliran data yang lebih simultan dengan peningkatan throughput
  • Spektrum total yang lebih banyak (bisa jadi dalam 1GHz dan 6GHz)
  • Spektrum tersebut terpecah menjadi lebih banyak saluran untuk memungkinkan lebih banyak rute untuk komunikasi
  • Paket yang lebih banyak data dan jaringan untuk menangani berbagai aliran data sekaligus
  • Peningkatan kinerja (sebanyak 4x) pada rentang maksimum titik akses dibanding seri ac
  • Performa / ketahanan yang lebih baik di lingkungan outdoor dan multi-jalur
  • Kemampuan untuk membongkar lalu lintas nirkabel dari jaringan seluler yang memiliki sisi penerimaan buruk

Salah satu poin penting dari 802.11ax adalah teknologi multi-pengguna yang akan mendukung banyak perangkat yang terhubung sekaligus. Ini bisa menjadi alat pendorong paling hebat yang tidak bisa dicapai seutuhnya pada perangkat yang masih memiliki 802.11ac.

Disamping itu, sisi kompabilitas Wi-Fi 6 bisa baik dengan seri perangkat standar sebelumnya. Artinya bahwa 802.11ax bisa menggabungkan 2,4GHz dan 5GHz bersamaan, hingga pada akhirnya bisa memperluas spektrum dengan memasukkan pita dalam 1GHz dan 6GHz ketika sudah tersedia.

Mungkin lebih penting daripada dimasukkannya spektrum tambahan ini adalah teknologi yang akan menggunakan bandwidth ini. Dengan lebih banyak spektrum yang tersedia, Wi-Fi 6 dapat membagi bandwidth menjadi sub-channel yang lebih sempit (lebih banyak), menciptakan lebih banyak jalan bagi klien dan titik akses untuk berkomunikasi bersama dengan memungkinkan dukungan untuk perangkat tambahan pada jaringan tertentu.

Simpulan Awal

Standar WLAN berikutnya, 802.11ax atau Wi-Fi 6 bisa dikatakan memiliki tujuan utama untuk memberikan peningkatan efisiensi jaringan dan kapasitas yang besar, khususnya di pusat-pusat populasi padat, dengan perbaikan moderat untuk kecepatan data puncak, yang akan terus berkelanjutan bisa lebih baik pada lebih banyak perangkat sekaligus.

Atau seperti yang dikatakan Qualcomm, “masalahnya bukan seberapa cepat Wi-Fi yang dapat berjalan, tetapi jika jaringan Wi-Fi memiliki kapasitas yang cukup untuk menangani permintaan yang meningkat pada berbagai perangkat dan layanan yang terhubung, maka itu sudah cukup kalee”

Jadi, simpulan awal yang bisa kami ungkap, Wi-Fi 6 bisa memiliki dampak langsung pada kinerja jaringan di tempat-tempat ramai seperti stadion atau gedung apartemen, dimana standar ini diharapkan akan diadopsi lebih cepat daripada iterasi Wi-Fi sebelumnya.

Hingga pada akhirnya, WLAN tersebut akan menjadi kebutuhan utama bagi pengguna rumahan untuk koneksi super cepat ketika layanan internet antara 100MB/detik hingga 1Gb / dtk sudah umum, atau juga ketika IoT menjadi hal “lumrah” bagi semua kalangan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat