- Built-up PC, Laptop, Tutorial

Antara PC Atau Laptop Gaming, Mana Sih yang Pas Untuk Kalian?

Selalu ada dua pilihan yang cukup sulit dalam hidup ini, salah satunya bisa jadi datang dalam keputusan untuk menentukan antara PC atau Laptop gaming. Nah, untuk membantu kalian menentukan salah satu pilihan tersebut, beberapa penjelasan kami tentang kedua hal ini mungkin saja bisa menjadi bahan pertimbangan yang cukup layak untuk ditentukan.

Apa saja itu? Mari kita lihat lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Solusi Ideal Atasi Masalah Suhu Panas Pada Laptop Gaming

PC Atau Laptop Gaming, Mana Sih yang Pas Untuk Kalian?

Ada beberapa faktor yang bisa menentukan salah satu pilihan tersebut, kecuali jika kalian enggak masalah dengan sisi keuangan. Hanya saja, sebagian konsumen di negara kita tentu terkendala dalam hal tersebut, sehingga menentukan pilihan yang pas bisa sangat berpengaruh untuk hasil akhir yang baik.

Pertanyaannya, apa aja sih faktor penentu tersebut?

1. Budget

PC Atau Laptop Gaming

Sebuah laptop gaming yang baik dan bisa membawa sisi Fps(Frame per second) yang cukup dalam kegiatan bermain game biasanya berada di level 10 jutaan ke atas. Itupun terkadang belum bisa membawa sisi permainan yang cukup menuntut bisa hadir, meskipun beberapa mungkin bisa dengan pengorbanan pengaturan ingame berkurang.

Nah, hal berbeda bisa berlaku untuk PC, karena dengan budget maksimum 10 juta, kalian bisa membangun sebuah PC yang cukup powerful, bahkan bisa melahap hampir semua game-game yang cukup menuntut pada level 1080p. Contohnya, kalian bisa membeli sebuah prosesor, GPU, memori maupun storage yang cukup cepat tanpa harus banyak mengorbankan biaya lebih, kecual jika ingin perlengkapan extra untuk memulai.

Jadi, jika anggaran kalian sangat terbatas, namun masih keukeuh pengen sebuah sistem kuat untuk gaming modern, maka PC bisa menjadi pilihan utamannya.

2. Mobilitas

PC Atau Laptop Gaming

PC mungkin bisa cukup powerful pada anggaran dibawah 10 jutaan, namun jika kalian menginginkan kemudahan dalam urusan mobilitas, maka sebuah laptop gaming bisa cukup untuk memenuhi harapan utuh kalian.

Tentu, karena laptop dibangun untuk kegiatan hal tersebut, meskipun laptop gaming terkadang memiliki beban yang cukup berat dibanding laptop kasual. Namun tetap saja, ini bisa menjadi pilihan solid jika dibandingkan dengan PC, yang pastinya ribet untuk urusan mobilitas.

Jadi, jika kalian merupakan seorang gamer yang punya sisi mobilitas tinggi dan enggak mau ribet untuk ngatur banyak hal, maka kehadiran sebuah laptop gaming tentu akan membawa jalan terbaiknya dalam beraktivitas tanpa harus terlepas dalam urusan hal tersebut.

3. Konsumsi Daya

Jika kalian sangat memperhatikan sekali biaya bulanan, maka kehadiran sebuah laptop gaming akan membantu untuk mengirit semua hal tersebut. Itu karena konsumsi daya yang dihasilkan jauh lebih kecil dari sebuah PC, bahkan bisa memiliki tingkat perbedaan yang sangat berarti.

Contohnya, sebuah PC mungkin bisa memberikan konsumsi daya hingga ratusan watt pada satu waktu yang sama. Hal tersebut bisa jauh lebih berbeda untuk sebuah laptop gaming, seberapa besar laptop tersebut buat kalian. Itu masih tetap memberikan nilai konsumsi daya yang jauh lebih irit.

4. Pemakaian

Seberapa hebat laptop gaming yang kalian pakai, biasanya memiliki keterbatasan dalam urusan pemakaian, apalagi jika itu berkaitan dengan suhu atau baterai. Contohnya, kalian mungkin tidak bisa melakukan sesi gaming marathon dalam waktu yang lama, dimana sebuah laptop (seberapa hebat pendinginan yang hadir didalamnya) tetap harus beristirahat sejenak untuk menekan suhu panas tidak jauh lebih tinggi, atau juga baterai harus di isi.

Berbeda halnya dengan sebuah PC, apalagi jika kalian memiliki banyak pendinginan fan maupun CPU Cooler terbaik. Ini bisa bertahan cukup lama, bahkan hingga berhari-hari. Tentu, ruang yang lebih luas pada PC sangat mempengaruhi sisi pendinginan, yang juga bisa sangat berdampak pada kinerja pemakaian.

Nah, itu dia beberapa faktor penting yang mungkin bisa saja membantu kalian dalam menentukan. Dan ingatlah, segala keputusan yang kalian buat bisa menjadi pilihan terbaik, karena disini kami tidak memihak untuk mengambil keuntungan didalamnya. Yang pasti, semoga bermanfaat. Dan apabila ada beberapa hal yang belum kami ungkap, kalian bisa menambahkannya didalam kolom komentar dibawah ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat