- Cooler, Laptop, Tutorial

Solusi Ideal Atasi Masalah Suhu Panas Pada Laptop Gaming

Suhu Panas Pada Laptop Gaming – Memiliki sebuah laptop gaming tentu sangat menyenangkan, namun suhu yang panas merupakan salah satu kendala yang seringkali menjadi masalah hampir setiap pengguna. Pertanyaannya, langkah efektif apa yang ideal untuk membungkam masalah tersebut, agar laptop gaming kamu bisa kembali bekerja saat pertama kali tiba?

Ada beberapa solusi yang bisa kalian lakukan, dimana lebih detailnya bisa kalian lihat dibawah ini. Meski, beberapa solusi yang hadir juga menyarankan kalian untuk membeli perangkat tambahan, tentu untuk menyempurnakan sisi pendinginan.

Baca juga : Begini Cara Mudah Atur Kecepatan Download Windows 10 Update

Solusi Ideal Atasi Masalah Suhu Panas Pada Laptop Gaming

Langkah pertama, pastikan bahwa ketika kalian menggunakan laptop gaming tersebut, selalu ada jarak yang memisahkan di bagian bawah laptop, sehingga ada ruang untuk mengeluarkan udara. Ini bisa memaksimalkan panas keluar jauh lebih efektif, yang tentu saja bisa menjaga suhu tetap stabil.

Suhu Panas Pada Laptop Gaming

Kedua, jika masalah panas yang hadir pada laptop kamu semakin menjadi, bahkan suhu terus meningkat dan benar-benar mengganggu kinerja, sebaiknya ganti thermal pasta bawaan dengan pilihan pasta produsen ketiga yang jauh lebih solid, baik untuk CPU maupun GPU. Selain itu, kalian juga bisa membersihkan bagian kipas dari debu.

Suhu Panas Pada Laptop Gaming

Hanya saja, ini tidak bisa berlaku untuk semua orang, karena kalian perlu membongkar casing laptop maupun beberapa komponen inti. Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, kalian bisa menyerahkannya ke service center dari merk laptop kamu, apalagi jika itu berkaitan dengan garansi.

Ketiga, produsen laptop biasanya hadir dengan bawaan software fan control, dimana ini bisa memberikan cukup manfaat bagi pengguna untuk mengatur kecepatan kipas bawaan. Sebagaimana apa yang saya lakukan dengan laptop gaming Acer melalui Nitro Sense.

Suhu Panas Pada Laptop Gaming

Keempat, perangkat ketiga seperti Laptop Cooling Pad bisa menjadi solusi penyempurna untuk menjaga semua komponen laptop kamu tetap dingin. Dan sebaiknya pilihlah Cooling pad dari merk produsen populer, yang bisa memberikan dampak jauh lebih positif dari sudut kinerja.

Suhu Panas Pada Laptop Gaming

Terakhir, sebaik-baiknya sebuah laptop gaming dengan banyak fitur canggih, ia tetap saja memiliki batasan, yakni sisi penggunaan. Dan kenyataan bahwa ia hanya sebuah perangkat portable dengan ruang yang terbatas, tidak seperti apa yang ditawarkan oleh desktop. Jadi, idealnya, penggunaan laptop gaming tersebut tidak dipakai untuk penggunaan sesi marathon. Jadi, ketika kalian sudah terlalu lama memakai laptop ini, dan suhu sudah benar-benar berada dalam posisi maksimum, sebaiknya berhenti beberapa saat untuk mendinginkan suasana.

Nah, itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi panas yang biasa hadir pada kebanyakan laptop gaming modern hari ini. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Solusi Ideal Atasi Masalah Suhu Panas Pada Laptop Gaming

Comments are closed.