- Berita Terbaru, Kartu Grafis, Technology

Cloud dan AI Bakal Jadi Bagian Penting GPU Masa Depan, Khususnya Di tahun 2025

GPU tidak selalu melulu berkaitan dengan dunia gaming, karena kenyataannya hal tersebut juga sangat erat hubungannya dengan penggunaannya dikalangan profesional. Itulah mengapa, banyak kalangan bahwa pertumbuhan GPU profesional bakalan tumbuh pesat pada tahun 2025 mendatang.

Sebagaimana apa yang diungkap oleh notebookcheck, bagian penting dari semua hal tersebut bisa bermula dari GPUaaS atau bisa dikatakan sebagai GPU as a Service, dimana ini akan menjadi layanan besar yang akan menawarkan akses ke fungsi pengaturan GPU yang canggih, berdedikasi atau kuat dari lokasi yang jauh.

Baca juga : Layanan Cloud Gaming Terbaru Dari Google Dikabarkan Memakai GPU Khusus Dari AMD

Bahkan, hal tersebut semakin menonjol dalam aplikasi cloud dan AI, dimana menurut penelitian pasar terbaru menunjukkan bahwa pasar tersebut akan tumbuh berdasarkan penggunaannya dalam CAD, pemodelan dan animasi 3D.

GPU sebagai Layanan (GPUaaS) diproyeksikan menjadi rute yang semakin penting ke berbagai penggunaan dan aplikasi kartu grafis berdaya tinggi. Ini mungkin juga bisa memainkan peran dalam AI dan masalah pembelajaran yang mendalam. Global Market Insights sekarang memproyeksikan bahwa nilai pasar tersebut dapat tumbuh dari US $ 700 juta tahun ini menjadi $ 7 miliar pada tahun 2025.

Meskipun aplikasi nyata GPUaaS memiliki sisi penting dalam sudut permainan dan pengalirannya. Namun, analisis terbaru juga menunjukkan bahwa pasarnya akan tumbuh berdasarkan kebutuhan insinyur, seniman, dan profesional kreatif lainnya. Mereka mungkin beralih ke GPUaaS untuk produk seperti simulasi, model 3D dan video animasi semakin banyak di masa depan.

Pasar GPUaaS diperkirakan tumbuh pada tingkat tertinggi di kawasan Asia-Pasifik selama 6 tahun ke depan. Secara keseluruhan, adopsi model bisnis perangkat lunak sebagai layanan dianggap memperoleh pangsa terbesar dari pasar yang sama di seluruh dunia.

Hasilnya, pemain dan penyedia terbesar dalam GPU sebagai Layanan cenderung akan menjadi bagian perubahan mereka, termasuk AMD, Amazon Web Services (AWS), Cogeco Communications Inc., IBM, Intel, Microsoft, Nimbix Inc., dan tentu saja, NVIDIA.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat