Home » Segera Update (Atau Uninstall) Aplikasi SupportAssist Di Laptop Dell Kamu, Ternyata Sangat Rentan

Segera Update (Atau Uninstall) Aplikasi SupportAssist Di Laptop Dell Kamu, Ternyata Sangat Rentan

Sebuah laptop baru biasanya hadir dengan sejumlah pilihan aplikasi bawaan produsen (yang juga biasa kita lihat pada Smartphone). Terkadang mereka membawa manfaat yang cukup menyenangkan, namun banyak pula yang hanya hadir sebagai kiasan semata. Satu hal yang pasti, kehadiran Dell SupportAssist tampaknya memiliki bahaya bagi pengguna, dimana ketika kamu memiliki aplikasi ini, sebaiknya segera uninstall atau memperbaharuinya.

Sebagaimana apa yang diungkap oleh The Verge, seorang peneliti keamanan berusia peneliti keamanan yang baru menginjak 17 tahun, Bill Demirkapi telah menemukan kerentanan yang bisa membuat sebuah laptop Dell diretas dengan mudah. Kehadiran aplikasi bawaan SupportAssist merupakan celah utama untuk membawanya ke level yang jauh lebih berbahaya.

Baca juga : Bentuk Baru Dell Alienware, Laptop Gaming Dengan Tenaga Desktop PC Plus Fitur Modular

Menurutnya, Dell SupportAssist memiliki akses tingkat administrator ke Windows dan dirancang untuk secara otomatis menginstal pembaruan ke komputer pengguna, dan Demirkapi menemukan cara untuk membajak permintaan pembaruan tersebut – secara teoriti, hal tersebut membiarkan peretas menginstal sesuatu yang jahat yang dapat mereka gunakan untuk pelanggaran lebih lanjut. Kamu dapat membaca semua tentang itu, dan melihat bukti konsep, di posting blognya.

Dell sendiri baru mengetahuinya tidak lama, dimana pihak perusahaan segera menambal fitur yang membuat aplikasi ini rentan dengan sejumlah perubahan. Hanya saja, tingkat kerentanan yang hadir ternyata telah ada sejak bulan oktober tahun lalu.

Aplikasi, yang dinyatakan oleh halaman dukungan Dell telah diinstal pada “sebagian besar dari semua perangkat Dell baru yang menjalankan Windows” dan disebut sebagai “teknologi dukungan prediktif dan proaktif prediktif otomatis pertama di industri,” tampaknya telah rentan terhadap peretasan sejak setidaknya Oktober lalu, menurut untuk peneliti keamanan 17 tahun Bill Demirkapi. Tidak jelas mengapa hanya ditambal saja sekarang.

Untungnya, Demirkapi mengatakan kepada ZDNet bahwa itu hanya berfungsi jika hacker berada di jaringan lokal yang sama dengan perangkat pengguna, katakanlah Wi-Fi publik, tempat kerja, atau sekolah setempat. Dan untuk memperbaiki juga cukup mudah, dimana pengguna perlu menginstall aplikasi ini atau memperbaruinyake SupportAssist v 3.2.0.90 atau yang lebih baru. kamu dapat menemukan penginstal di halaman dukungan Dell untuk kerentanan tersebut disini.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait

One thought on “Segera Update (Atau Uninstall) Aplikasi SupportAssist Di Laptop Dell Kamu, Ternyata Sangat Rentan

Comments are closed.