- Hardware, Storage

Team MP34 SSD NVMe M.2 Review : Harga Menyenangkan, Performa Maksimum (Up to 3GB/s)

SSD NVMe dalam bentuk faktor M.2 kini bisa menjadi pilihan utama bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi untuk urusan penyimpanan, baik untuk desktop PC maupun Laptop. Dan hal terbaiknya, perangkat tersebut kini hadir dengan nilai yang jauh terjangkau.

Nah, ketika kamu sedang mencari pilihan hebat pada perangkat SSD NVMe M.2, Team Group kini memiliki pilihan terbaru dengan nilai yang jauh lebih menyenangkan, MP34 M.2 PCIe SSD. Produsen memberikan tiga pilihan kapasitas utama, yakni 256GB, 512Gb dan 1TB dengan harga mulai dari 800 ribuan.

Baca juga : Team Group Luncurkan 3 Pilihan Produk Fresh, Solusi Ideal Lainnya Untuk Urusan Penyimpanan

Kali ini, kami mendapatkan kesempatan penuh untuk mencoba bagaimana performa sesungguhnya SSD NVMe tersebut, meski kapasitas yang disajikan hanya sekitar 256GB saja. Namun, ini bisa membawa mewakili secara umum bagaimana kinerja SSD tersebut dalam realitasnya. Penasaran dengan storage terbaru dari Team Group tersebut? Mari kita lihat lebih detailnya di bawah ini.

Team Group MP34 M.2 PCIe SSD Review : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Awal bulan April ini, Team Group meluncurkan banyak produk hebat yang bisa melengkapi kebutuhan modern pengguna, dimana salah satunya datang dalam bentuk perangkat penyimpanan, yakni SSD NVMe seri MP34 dengan bentuk faktor M.2. Seri ini bisa dikatakan membawa makna tersendiri bagi pengguna, khususnya bagi mereka yang menginginkan kinerja tinggi untuk sebuah SSD dengan nilai harga yang jauh lebih terjangkau.

SSD NVMe

Disamping itu, produsen juga membawa beberapa fitur extra yang bisa memberikan nilai manfaat lain, termasuk penggunaan generasi baru memori flash 3D yang bisa memberikan kekuatan jauh lebih efektif, baik dari segi Kapasitas, kinerja, dan daya tahan. Disisi lain, seri ini memiliki kompabilitas yang baik dan ideal untuk berbagai perangkat lama maupun yang terbaru, termasuk dukungan penuh untuk platform Intel dan AMD generasi berikutnya.

Model MP34 M.2 PCIe SSD
Interface PCIe 3.0 x4 with NVMe 1.3
Capacity 256GB / 512GB / 1TB[1]
Voltage DC +3.3V
Operation Temperature 0˚C ~ 70˚C
Storage Temperature -40˚C ~ 80˚C
Terabyte Written 256GB / >380TB
512GB / >800TB
1TB / >1,660TB[2]
Weight 16g
Dimensions 80(L) x 22(W) x 3.8(H) mm
Humidity RH 90% under 40°C (operational)
Vibration 80Hz~2,000Hz/20G
Shock 1,500G/0.5ms
MTBF 1,800,000 hours
Operating System System Requirements:
Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, Windows Vista[4]
Linux 2.6.33 or later
Warranty 3-year limited warranty

Sementara untuk spesifikasi MP34 itu sendiri, seri ini hadir dengan tiga pilihan konfigurasi kapasitas, yakni mulai dari kapasitas 256GB, 512GB dan 1TB. Tidak ada perbedaan dari ketiga pilihan ini selain ukuran kapasitas. Dan yang terpenting adalah seri ini mendukung protokol NVMe1.3 terbaru. Artinya bahwa ini bisa menawarkan pengalaman transfer kinerja tinggi yang menyenangkan, tanpa sedikit lag atau delay.

SSD NVMe

Disisi lain, SSD NVMe MP34 ini juga mendukung fungsi S.M.A.R.T. yang dapat memastikan efisiensi operasi, memperpanjang masa kerja SSD dan membawanya ke kinerja yang jauh lebih maksimal. Disisi lain, kehadiran teknologi Wear-Leveling yang kuat dan fungsi ECC (Error Correction Code) tentu bisa meningkatkan akurasi transfer data dan memperpanjang masa pakai memori flash.

Bagaimana Dengan Performa Sesungguhnya Dari SSD NVMe ini?

Untuk membuktikan seberapa hebat MP34 dalam realitas kinerja nyata, kali ini kami membandingkannya dengan seri Samsung Evo 970 dengan kapasitas dan fitur interface sama, dimana pilihan ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik untuk urusan perangkat SSD, meski memiliki nilai harga yang jauh lebih mahal.

SSD NVMe

Dalam beberapa tes yang kami lakukan, termasuk pada software Crystaldiskmark 6.0 maupun AttoDisk Benchmark, Samsung EVO 970 mungkin memiliki keunggulan tersendiri, baik dalam performa Read maupun Write, namun MP34 tampaknya memiliki nilai unggulan tersendiri, khususnya ketika berkaitan dengan kinerja Random 4K, terlebih lagi kinerja yang stabil untuk Sequential Read hingga 3093MB/s dan Write hingga 1054MB/s.

SSD NVMe

Kinerja Random 4K bahkan jauh lebih baik, dimana seri ini mampu memberikan kinerja hingga 405.1 MB/s untuk kecepatan baca dan hingga 319.8 untuk kecepatan tulis, yang sedikit melebihi kinerja dari apa yang bisa ditawarkan oleh Samsung EVO 970.

SSD NVMe

Hasil yang sama juga hadir dalam knerja AttoDiskBenchmark, dimana kecepatan tertinggi yang dihasilkan oleh SSD NVMe MP34 ini bahkan sedikit jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Samsung EVO 970 dengan kinerja Read hingga 3.2GB/s dan Write hingga 1.06GB/s.

SSD NVMe

Kesimpulan

Team Group MP34 M.2 PCIe SSD tampaknya bisa menjadi pilihan ideal kamu sebagai pilihan utama untuk urusan penyimpanan modern yang sangat cepat, plus ia memiliki nilai keunggulan tersendiri dalam hal beberapa fitur, bahkan klaim kinerja hingga 3GB/s juga terbukti adanya. Hal terbaiknya, kamu bisa mendapatkan perangkat ini dengan nilai harga yang jauh lebih terjangkau, dimana seri dengan kapasitas terendah hadir dengan harga mulai dari 800 ribuan.

Ini tentu bisa menjadi bagian perangkat penyimpanan yang sangat layak untuk direkomendasikan, apalagi Team Group cukup dikenal sebagai salah satu produsen populer dalam menyajikan berbagai perangkat tangguh plus nilai harga yang cukup terjangkau.

Sayangnya, seri ini masih belum tersedia secara umum, khususnya di negara kita. Sehingga, seri yang memiliki banyak potensi hebat ini tampaknya belum bisa dimiliki sepenuhnya oleh konsumen di Indonesia. Produsen belum memberikan kepastian kapan kepastian perangkat ini akan tiba, namun tampaknya bulan depan bisa menjadi waktu yang ideal melihat perangkat tersebut untuk bisa hadir sepenuhnya diberbagai etalase toko, baik secara online maupun offline.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Team MP34 SSD NVMe M.2 Review : Harga Menyenangkan, Performa Maksimum (Up to 3GB/s)

Comments are closed.