- Storage, Tutorial

Kunci & Ukuran SSD M.2, Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Ada banyak pilihan SSD hebat hari ini, dan salah satunya biasanya datang dalam bentuk M.2. Hanya saja, terkadang selalu ada hal yang membuat kita semua penasaran, khususnya dari pengguna awam dengan beberapa pertanyaan muncul mengenai ukuran SSD dan istilah “key” yang datang bersama perangkat hebat ini.

Untuk itulah, beberapa penjelasan sederhana kami mengenai ukuran SSD maupun istilah lainnya mungkin bisa memberikan pengertian yang cukup nyaman untuk semua pengetahuan extra yang kamu dapatkan hari ini (atau setidaknya begitu harapan kami).

Baca juga : SSD SATA Atau NVMe, Mana Sih Yang Pas Buat Kamu? Begini Penjelasannya

Jadi, Ada Berapa Banyak Sih Ukuran SSD M.2 itu?

SSD M.2 memiliki bentuk faktor yang berbeda-beda, dimana ukuran yang disajikan bisa menunjukan jumlah kapasitas (atau potensi kapasitas) yang disajikan pada perangkat penyimpanan modern tersebut. Dan umumnya, bentuk faktor SSD M.2 biasanya datang dalam tiga dimensi ukuran, yakni 2242, 2260, dan 2280.

Nah, dua angka awal pertama biasanya mewakili lebar dalam milimeter (mm), sedangkan dua digit berikutnya mewakili panjang, juga dalam mm. Jadi, jika kamu melihat sebuah SSD M.2 datang dengan ukuran 2242, itu berarti ia memiliki lebar 22mm dan Panjang 42mm. Dan biasanya, semakin panjang sebuah drive, semakin banyak NAND flash chip dapat dipasang; karenanya, lebih banyak kapasitas.

Disisi lain, ukuran bisa sangat berpengaruh bagi pengguna sebagai bahan pertimbangan lain, karena jika kamu menginginkan pilihan kapasitas yang jauh lebih besar, maka ia biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih Panjang. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan berapa banyak SSD yang dapat dimasukkan ke dalam sasis, serta masalah manajemen termal, yang mungkin merupakan faktor signifikan untuk kinerja yang berkelanjutan. Jika area untuk pembuangan panas tidak mencukupi, ini dapat berakibat pada kinerja yang buruk dan ketidakstabilan dalam jangka panjang.

Gambar di bawah ini menunjukkan beberapa bentuk faktor SSD M.2 dengan panjang yang berbeda.

Ukuran SSD M.2

Kunci dan Soket

Dan beralih pada kunci alias “key” dan soket, SSD M.2 biasanya memiliki “Keys” pada area bagian bawah yang digambarkan dalam warna kuning dengan bentuk kaki yang berbeda secara umum. Ukuran yang berbeda tersebut biasanya hadir untuk mencegah penyisipan konektor male ke soket yang tidak kompatibel (female) pada host. Konektor M.2 pada host disebut “soket.” Setiap soket memiliki kunci mekanis yang unik, dan modul tidak dapat dipertukarkan di antara soket.

Ukuran SSD M.2

Spesifikasi M.2 mengidentifikasi 12 ID kunci pada kartu modul dan interface soket tetapi M.2 SSD biasanya menggunakan tiga kunci umum: B, M, dan B + M. Kamu bisa menemukan jenis kunci yang berlabel pada atau di dekat konektor tepi (atau jari emas) dari SSD. Sebelum menggunakan M.2 SSD, tentukan jenis soket pada host dan periksa kunci konektor modul, karena setiap konektor harus dimasukkan hanya ke soket yang sesuai.

Umumnya, SSD M.2 SATA memiliki kunci B+M, yang artinya bahwa perangkat tersebut bisa ditampung pada soket B atau M keys. Sedangkan untuk SSD M.2 NVMe, pilihan ini hanya memiliki kunci M saja, sehingga hanya kompatible pada soket yang berlabel M-Keyed. Kamu tidak bisa memasang perangkat ini pada soket B.

Kesimpulan

SSD hari ini menjadi kebutuhan utama untuk solusi perangkat penyimpanan cepat. Dan hadirnya SSD M.2 bisa menjadi pilihan ideal lainnya yang membawa pilihan hebat dalam hal nilai fleksibilitas maupun kinerja yang ditawarkan.

Memiliki pengertian tentang ukuran SSD M.2 maupun jenis soket yang ditawarkan tentu akan menambah sisi pengetahuan kamu jauh lebih pasti, termasuk juga dalam menawarkan solusi ideal saat kamu berencana untuk membeli perangkat tersebut. Semoga bermanfaat.

Dan berbicara mengenai SSD M.2, apalagi jika kamu berencana untuk membelinya tidak lama lagi, kamu bisa melihat berbagai penawaran lengkapnya disini, bahkan harga SSD hari ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa bulan ke belakang. Itu tentu bisa menjadi kesepakatan yang menarik buat kamu.

Sumber referensi & gambar : www.atpinc.com

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Kunci & Ukuran SSD M.2, Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Comments are closed.