- Prosesor, Tutorial

Antara Prosesor Dual Core Dan Quad Core, Pilihan Mana Yang Ideal Buat Kamu?

Terkadang kita suka bingung saat akan menentukan sebuah prosesor desktop, terlebih lagi ketika kamu memiliki dilema saat akan memilih antara prosesor dual core dan Quad core (atau lebih). Untuk itulah, beberapa penjelasan kami di bawah ini bisa memberikan keyakinan untuk memutuskan pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Prosesor itu sendiri bisa dikatakan sebagai otak utama bagaimana sebuah PC bisa berjalan secara sempurna. Hanya saja, fitur yang terkandung dalam sebuah chipset tersebut bisa memberikan banyak manfaat besar, namun juga sebaliknya. Intinya, terkadang kita tidak perlu membutuhkan fitur quad core atau hexa core sebagai pilihan utama, ketika kamu hanya membutuhkan sebuah pekerjaan sederhana untuk memulai.

Baca juga : Harga Prosesor AMD Ryzen 3000 Bocor, Termasuk Kekuatan Baru Ryzen 9

Antara Prosesor Dual Core Dan Quad Core, Pilihan Mana Yang Ideal Buat Kamu?

Sudah ada begitu banyak pilihan prosesor terbaru yang handal hari ini, meski kekuatan dual core tampaknya seolah agak ditinggalkan oleh pengguna modern. Namun kenyataannya tidak begitu, karena tidak semua orang memiliki berbagai pekerjaan extra dalam kegiatan sehari-hari mereka, termasuk anggaran yang besar didalamnya.

Untuk itulah, kehadiran prosesor dual core tampaknya sudah cukup untuk memenuhi berbagai event kasual pengguna, apalagi produsen juga selalu mendukungnya dengan berbagai pilihan CPU terbaru, seperti Intel dengan seri Pentium ataupun AMD dengan seri Athlon. Pertanyaannya, seberapa ideal sih kekuatan prosesor Dual Core itu sesungguhnya?

Prosesor Dual Core Dan Quad Core

Jika kamu menginginkan pilihan prosesor dengan tenaga dual core secara fisik, kehadiran CPU tersebut bisa memberikan cukup banyak kekuatan yang handal, terutama bagi mereka yang membutuhkan berbagai aplikasi kasual yang tidak terlalu menuntut seperti halnya Office, Browsing maupun gaming eSport atau Fps yang membutuhkan aksi cepat untuk bergerak.

Selain itu, pilihan prosesor dengan kekuatan Dual Core juga biasanya hadir dengan nilai harga yang jauh lebih terjangkau. Sehingga, pilihan ini bisa menjadi senjata utama bagi para Budget User yang memiliki anggaran terbatas untuk memulai. Apalagi, sudah ada banyak pilihan prosesor dual core dengan clockspeed tinggi yang bisa mendongkrak kinerja jauh lebih efektif.

Namun ketika kamu berhadapan dengan berbagai pekerjaan yang sangat menuntut, seperti editing, rendering atau bahkan AAA gaming yang membutuhkan ruang besar untuk memulai, kehadiran CPU Dual Core tampaknya tidak bisa memberikan pekerjaan yang cukup untuk memenuhi harapan kamu. Karena, berbagai aplikasi extra biasanya juga membutuhkan tenaga extra untuk memompa kinerja terasa jauh lebih efektif. Disinilah, kehadiran prosesor dengan fitur Quad core (atau lebih) bisa menjadi pilihan utama kamu.

Prosesor Dual Core Dan Quad Core

Mengapa bisa begitu? Contohnya begini, ketika kamu mendorong sebuah gerobak seorang diri atau hanya dua orang saja, itu mungkin bisa dilakukan. Namun waktu yang dibutuhkan pastinya akan terasa lama. Nah, ketika kamu mendorong gerobak tersebut dengan cukup banyak orang, itu tentu akan bisa dilakukan dengan cepat. Apalagi, sudah banyak aplikasi modern hari ini (termasuk gaming) sudah mendukung fitur tersebut jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan jaman Old.

Namun, perlu di ingat bahwa harga yang ditawarkan oleh prosesor dengan fitur Quad Core(atau lebih) biasanya memiliki nilai harga yang jauh lebih mahal, dan terkadang juga, tidak semua pilihan CPU tersebut bisa terasa efektif jika kegiatan kamu hanya “sekedar” untuk pekerjaan kasual saja. Jadi, jika kamu akan memutuskan untuk memilih sebuah prosesor yang ideal, pastikan dulu tujuan kamu yang sesuai dengan pekerjaan kamu saat ini dan di masa depan.

Apakah Lebih Banyak Core Bisa Mendongkrak Kinerja?

Meskipun pertanyaan tersebut bisa tergantung dari skenario tertentu yang kamu lakukan saat ini, itu bisa membawa sesuatu yang berbeda pada kenyataannya. Contohnya, untuk kekuatan gaming, memiliki prosesor dengan lebih banyak inti pastinya akan mendongkrak kinerja jauh lebih efektif, apalagi jika kamu berhadapan dengan AAA gaming yang sangat berat untuk dilakukan yang tidak hanya fokus pada kekuatan grafis saja. Hanya saja, untuk gaming kasual ataupun eSPort yang tidak terlalu menuntut, itu tampaknya tidak terlalu berpengaruh.

Sedangkan untuk kegiatan aplikasi yang sangat menuntut seperti editing video ataupun rendering, kehadiran lebih banyak inti pada sebuah prosesor akan sangat berpengaruh, bahkan kamu bisa melihat banyak manfaat yang sangat besar saat memilikinya.

Pilihan Prosesor Modern Mana Yang Terbaik Hari ini?

Nah, ketika kamu sudah bisa memutuskan jenis prosesor yang nantinya kamu pilih, ada beberapa pertimbangan utama yang bisa kamu lakukan saat akan memilih, khususnya untuk beberapa pilihan prosesor modern yang memiliki nilai terbaik, antara kinerja maupun harga yang ditawarkan, diantaranya adalah :

  • Prosesor Dual Core Terbaik Di Bawah 1 Jutaan : Ketika kamu memiliki budget ketat dengan anggaran di bawah 1 jutaan, AMD Athlon 200GE bisa menjadi pilihan utama kamu. Apa yang terbaik dari seri ini adalah kekuatan single-core yang handal plus membawa GPU tangguh Radeon Vega 3, sehingga kamu tidak perlu lagi memiliki GPU extra untuk sekedar bermain game kasual atau pekerjaan yang tidak terlalu menuntut.
  • Prosesor Dual Core Terbaik Untuk Gaming : Intel Pentium G5400 bisa menjadi pilihan terbaik untuk gaming, karena pilihan ini benar-benar sangat hebat untuk kegiatan single-thread dengan nilai harga yang cukup terjangkau.
  • Prosesor Quad Core Terbaik Di Bawah 2 Jutaan : Jika kamu menginginkan pilihan CPU quad core, namun memiliki anggaran terbatas, AMD Ryzen 3 2200G bisa menjadi pilihan utama kamu yang sangat layak untuk dipertimbangkan. Karena selain memiliki performa cukup nyaman untuk kegiatan multi-tasking, seri ini juga bisa menjadi mesin GPU hebat dengan hadirnya Radeon Vega 8 untuk kasual gaming maupun eSport.
  • Prosesor Terbaik Di Bawah 3 Jutaan : Jika Kamu memiliki anggaran di bawah 3 jutaan, kehadiran prosesor AMD Ryzen 5 2600 bisa menjadi pilihan utama. Apa yang terbaik adalah kekuatan yang hebat untuk memberikan kinerja sangat efektif untuk berbagai aplikasi multi-thread maupun gaming dengan nilai harga yang jauh lebih terjangkau.
  • Prosesor Terbaik Di Bawah 4 Jutaan : Jika kamu membutuhkan kinerja yang jauh lebih pasti untuk gaming dan memiliki anggaran besar, kehadiran prosesor Intel Core 9400F bisa menjadi pilihan utama kamu. Meski, kehadiran Ryzen 5 2600X juga bisa menjadi pilihan hebat lainnya, khususnya jika fokus utama kamu adalah streaming dan gaming secara bersamaan.
  • Prosesor Terbaik Di Bawah 5 jutaan : Kehadiran Intel Core i5-9600K bisa menjadi jawaban hebat kamu untuk memulai, terlebih lagi kinerja OC dengan clokcspeed tinggi dan kekuatan 6 Core sangat layak sebagai pertimbangan kamu.
  • Prosesor Terbaik Di Bawah 6 Jutaan : Jika kamu memiliki banyak kegiatan yang sangat menuntut, tidak hanya terbatas untuk gaming, maka kehadiran Ryzen 7 2700X bisa menjadi jawabannya. Pilihan CPU ini bahkan menjadi satu-satunya pesaing utama seri Core i9-9900K yang cukup tangguh hingga saat ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat