- Berita Terbaru, Gaming Gear, Prosesor

AMD Rilis 2 Pilihan Low-End CPU Terbaru, Athlon 240GE & Athlon 220GE

AMD kini memiliki seri CPU terbaru yang jauh lebih menjanjikan untuk pasar entry level, yakni Athlon 240GE dan Athlon 220GE dengan pilihan clockspeed yang lebih tinggi. Kedua CPU ini bisa memberikan arti jauh lebih baik dalam urusan kinerja jika dibandingkan dengan seri 200GE yang sudah dirilis, apalagi keduanya sudah disajikan dengan pilihan iGPU handal Radeon RX Vega 3, termasuk juga kemungkinan besar fitur OC yang tidak terduga.

Hal tersebut diumumkan secara resmi oleh AMD hari ini, dimana kedua pilihan Athlon CPU AM4 tersebut siap bersaing jauh lebih baik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan jika dibandingkan dengan seri Intel yang masih bertahan dengan seri Pentium Gold.

Baca juga : AMD Adrenalin Edition 2019 Resmi Dirilis, Inilah Fitur Utamanya

Spesifikasi Athlon 240GE Athlon 220GE
TDP 35W 35W
Architecture Zen Zen
Process 14nm 14nm
Cores / Threads 2C/4T 2C/4T
Frequency Base / Boost 3.5 GHz / – 3.4 GHz / –
Memory Speed DDR4-2667 DDR4-2677
Memory Controller Dual-Channel Dual-Channel
Cache (L3) 4MB 4MB
Integrated Graphics Radeon Vega 3 (3CU) Radeon Vega 3 (3CU)
Unlocked Multiplier No No
MSRP $75 $65

Athlon 240GE bisa dikatakan sebagai CPU dengan nilai harga tertinggi, dimana ia  hadir dengan sajian harga $75 atau sekitar 1 jutaan. Namun menariknya, seri ini membawa kekuatan dual core CPU/4 Thread, Clockspeed 3.5Ghz, dukungan memori Dual Channel hingga DDR4 26667Mhz, L3 Cache sebesar 4MB dan iGPU Radeon Vega 3.

Spesifikasi yang hampir sama juga disajikan oleh seri Athlon 220GE, namun memiliki clockspeed sebesar 3.4ghz dan nilai harga $65 atau sekitar 900 ribuan. Kedua model terbaru ini memiliki frekuensi clock yang lebih tinggi dan diyakini akan meningkatkan kinerja dalam aplikasi single-threaded. Mesin grafis berbasis Radeon Vega terdiri dari tiga Compute Units (CUs) yang melayani prosesor 192 Stream yang sederhana.

Tentu, ini akan memberikan banyak variasi yang bisa dipertimbangkan oleh budget user, apalagi kedua seri ini akan memompa kinerja jauh lebih baik jika dibandingkan dengan seri 200GE, meski nilai harga sedikit lebih tinggi. Di sisi lain, Baik Athlon 240GE maupun 220GE tampaknya masih akan menjadi pesaing utama untuk seri Pentium Gold, khususnya seri G5400.

Nah, hingga saat ini kami masih belum mengetahui secara pasti kapan kedua CPU tersebut hadir secara resmi di negara kita, namun tampaknya tidak akan lama lagi.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Rilis 2 Pilihan Low-End CPU Terbaru, Athlon 240GE & Athlon 220GE

Comments are closed.