- Peripheral, Software, Tutorial, Windows

Mau Bikin Flashdisk Sebagai Media Instalasi Windows? Pake Rufus Aja – Mudah & Gratis

Mengapa harus memakai pilihan software berbayar, ketika ada pilihan gratis yang terasa jauh lebih baik dan mudah. Hal tersebut juga berlaku untuk membuat Flashdisk Sebagai Media Instalasi Windows melalui file ISO. Pertanyaannya, emang ada pilihan software hebat dan mudah tanpa harus mengeluarkan anggaran? Tentu saja ada, dan itu tidak lain adalah RUFUS.

Software yang benar-benar hebat dan terbaik ini bahkan bisa memberikan banyak kemudahan, tidak hanya untuk mereka yang sudah memiliki segudang pengalaman dalam dunia PC, bahkan bagi kalangan awam pun bisa cukup dimengerti.

Baca juga : Audio Trimmer, Alat Pemotong Audio Online Dengan Segudang fitur Hebat

RUFUS, Alat Hebat Untuk Membuat Flashdisk Sebagai Media Instalasi Windows

Rufus itu sendiri merupakan software utilitas gratis yang membantu pengguna untuk memformat dan membuat flash drive USB yang dapat di-boot, seperti kunci / pendrives USB, memory stick, dan banyak hal lainnya.

Intinya, kehadiran software ini bisa memberikan banyak manfaat bagi pengguna, seperti :

  • Kegiatan untuk proses pembuatan media instalasi USB dari ISO yang dapat di-boot (Windows, Linux, UEFI, dll.)
  • Bahkan, software ini bisa bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang diinstal
  • Kasus ketika kamu perlu menginstal BIOS atau firmware lain dari DOS
  • Atau juga ini bisa sangat efektif bagi mereka yang ingin menjalankan utilitas tingkat rendah

Dan hebatnya, software ini benar-benar memiliki ukuran file yang kecil dan bisa memberikan sejuta manfaat bagi konsumen.

Bagaimana saya menggunakan Alat ini?

Caranya cukup gampang, misal kamu ingin membuat USB kamu sebagai media instalasi Windows. Hal yang perlu kamu lakukan adalah :

  • Pertama, download RUFUS disini, lalu jalankan (bahkan kamu tidak perlu menginstalnya) karena ini sudah bisa berfungsi langsung

Flashdisk Sebagai Media Instalasi Windows

  • Kemudian, siapkan file ISO Windows yang sudah kamu buat sebelumnya dan media USB

Flashdisk Sebagai Media Instalasi Windows

  • Setelah itu, buka aplikasi RUFUS dimana kamu akan melihat sejumlah interface yang sederhana, bahkan cukup mudah untuk dimengerti

Flashdisk Sebagai Media Instalasi Windows

  • Pilih USB yang ingin kamu inginkan sebagai media instalasi Windows pada bagian Device, dan pilih file ISO Windows yang sudah kamu miliki sebelumnya pada opsi Boot Selection
  • Setelah itu, kamu bisa mengatur semua opsi lain sesuai dengan apa yang ingin kamu inginkan, namun kamu juga bisa membiarkannya dalam pilihan default.

Flashdisk Sebagai Media Instalasi Windows

  • Jika kamu sudah siap dengan segalanya, klik tombol Start dan tunggu sampai status yang ditunjukan Ready

Flashdisk Sebagai Media Instalasi Windows

Nah, itu dia kamu sudah memiliki Flashdisk Sebagai Media Instalasi Windows dengan cara yang cukup mudah, bahkan sangat menyenangkan untuk semua orang. Semoga bermanfaat!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat