- Storage, Tutorial, Windows

Begini Cara Mudah Memperkecil Kapasitas HDD atau Menambah Partisi Baru Di Windows

Mau memperkecil kapasitas HDD yang terlalu besar di sistem? Atau kamu lupa bahwa kamu ingin membuat partisi yang jauh lebih banyak agar bisa menampung berbagai pilihan jenis file yang berbeda? Beberapa langkah mudah yang kami tunjukan di bawah ini tentu bisa kamu pertimbangkan untuk mewujudkan semua hal tersebut.

Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar tentu memberikan banyak manfaat besar bagi semua kebutuhan pengguna. Disisi lain, pilihan ini bisa membuat banyak partisi agar semua kebutuhan penyimpanan bisa disesuaikan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Untuk itulah, melakukan proses Shrink atau memperkecil kapasitas penyimpanan merupakan solusi terbaiknya. Bahkan, kamu tidak perlu software tambahan untuk memulai melakukan proses tersebut.

Baca juga : Begini Cara Untuk melihat Kunci Produk Lisensi Windows 10

Begini Cara Memperkecil Kapasitas HDD Di Windows

Hal yang pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah berapa banyak partisi yang kami butuhkan? Atau seberapa besar kapasitas extra yang kamu butuhkan pada partisi baru ini? Jika sudah yakin dengan semua keputusan tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat atau memperkecil kapasitas storage yang sudah ada, caranya adalah :

  • Langkah pertama, pergi ke Windows Explorer, pilih opsi This PC atau My Computer (bagi mereka yang masih memakai Windows lama), lalu klik kanan dan pilih opsi Manage

Memperkecil Kapasitas HDD

  • Atau untuk langkah cepatnya, kamu bisa mengetik Computer Management di bar pencarian Windows 10.

  • Setelah masuk ke Computer Management, pilih opsi Disk Management.

  • Setelah itu, lihat pilihan partisi atau HDD besar kamu yang ingin dikecilkan pada bagian bawah sebelah kanan. Dalam kasus yang kami coba adalah Disk O dengan kapasitas 1TB (Data D). Klik kanan HDD yang ingin kamu ubah dan pilih opsi Shrink Volume.

  • Selanjutnya, hal yang kamu perlu lakukan adalah masukan jumlah kapasitas untuk ruang penyimpanan yang ingin kamu sisakan pada partisi baru pada opsi Enter The amount of Space…in MB.

Cara Memperkecil Kapasitas HDD

  • Perlu di ingat bahwa kamu hanya perlu memasukan angka, dimana setiap angka yang mewakili merupakan bentuk dengan kapasitas MB. Jadi, ketika kamu ingin menyisakan ruang penyimpanan hingga 100GB, maka kamu perlu mengetikan angka 100000.
  • Jika sudah siap dengan proses penyusutan shrink atau penyusutan HDD tersebut, klik Shrink dan sistem aka memulainya dengan waktu yang cukup cepat.

Nah, itu dia beberapa langkah mudah untuk menyusutkan kapasitas HDD atau juga bisa dikatakan untuk memperkecil kapasitas HDD untuk ruang partisi yang jauh lebih banyak. Tentu, akan ada banyak manfaat bagi pengguna dengan memiliki beberapa partisi jika dibandingkan dengan sebuah partisi yang besar dan cukup merepotkan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat