- Hardware, Prosesor, Software

5 Pilihan Software Gratis Untuk Mengecek Suhu Prosesor

Jika kamu merasa khawatir dengan keadaan suhu pada CPU yang kamu miliki, maka memiliki 5 pilihan software untuk mengecek Suhu Prosesor dibawah ini bisa memberikan opsi yang baik untuk memulai. Terlebih lagi, semua pilihan tersebut tersedia secara gratis, sehingga nilai plus yang disajikan ini benar-benar sangat berharga untuk dimiliki.

Tentu, dengan hadirnya software utilitas hebat tersebut, ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memonitor segala hal yang terjadi pada prosesor kamu, apalagi jika kamu suka sekali dengan dunia OC. Nah, untuk lebih detailnya mengenai software untuk mengecek Suhu Prosesor, mari kita ungkap pilihannya dibawah ini.

Baca juga : Begini Cara Proses Backup Data Yang Mudah Dan Sederhana

5 Pilihan Software Gratis Untuk Mengecek Suhu Prosesor

1. HWMonitor

Pilihan pertama adalah HWMonitor, dimana software yang dikembangkan CPUID ini memiliki banyak fungsi hebat didalamnya, termasuk juga untuk memonitor suhu prosesor, voltase, dan pengecekan kecepatan kipas.  Software ini bahkan menyediakan suhu CPU secara realtime, termasuk juga jumlah clockspeed yang sedang berjalan. Hal terbaiknya adalah, HW Monitor tersedia secara gratis dan bisa kamu unduh kapan saja dengan sajian bentuk file yang sangat kecil. Kamu Bisa mengunduh HWMonitor disini.

2. AMD Ryzen Master

Pilihan lainnya yang memiliki makna besar untuk memonitor keadaan suhu adalah Ryzen Master, dimana pilihan ini sangat ideal khususnya bagi mereka yang memakai prosesor AMD Ryzen terbaru. Ketika opsi utilitas OC yang ditawarkan pada software ini memberikan banyak kemudahan bagi pengguna, disisi lain juga kamu bisa melihat dan memantau keadaan suhu yang sedang terjadi pada prosesor. Software pilihan bahkan jauh lebih menyenangkan karena tersedia secara gratis, meski hanya tersedia secara khusus untuk pengguna AMD saja.  Kamu bisa mengunduh Ryzen Master disini.

3. Intel XTU

Software Untuk Mengecek Suhu Prosesor

Mereka yang memiliki prosesor Tim biru juga memiliki pilihan hebat untuk mengecek suhu prosesor bawaan produsen, yakni Intel XTU Software. Ini bisa memberikan nilai terbaik bagi pengguna untuk memantau keadaan suhu prosesor secara realtime, termasuk juga memberikan fitur extra dalam hal OC maupun menguji stabilitas prosesor maupun benchmark. Kamu bisa mengunduh Intel XTU disini.

4. HWInfo (32/64)

Pilihan lainnya yang sangat menyenangkan dan bisa memberikan kemudahan berarti bagi pengguna adalah HWInfo. Software ini bahkan menyediakan banyak hal yang cukup bermanfaat bagi pengguna selain untuk mengecek keadaan suhu prosesor. Hanya saja, pengguna awam mungkin akan sedikit ribet bagaimana untuk memulai atau mengecek suhu, dimana yang hanya perlu kamu lakukan adalah memilih opsi Sensors untuk memulainya. Kamu bisa mengunduh HWInfo disini.

5. AIDA64

Terakhir, dan bisa menjadi pilihan alternatif lainnya dalam urusan software untuk mengecek Suhu prosesor adalah AIDA64. Pilihan ini memberikan banyak fungsi hebat didalamnya, termasuk juga untuk memonitor keadaan suhu prosesor. Hanya saja, jika kamu ingin melihat sepenuhnya fitur yang ditawarkan software ini, maka kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya. Untungnya, fitur dasar seperti monitor suhu tidak dihapus, termasuk juga produsen menyediakan pilihan trial hingga 30 hari untuk mencoba software ini dengan fitur extra didalamnya. Kamu bisa mengunduh AIDA 64 disini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “5 Pilihan Software Gratis Untuk Mengecek Suhu Prosesor

Comments are closed.