- Gaming Gear, Laptop, Tutorial

Kinerja Laptop Gaming Kamu Turun Saat Tidak Terhubung Dengan Charger? Begini Solusinya

Merasa kurang puas dengan kinerja laptop gaming saat tidak terhubung dengan charger? Merubah beberapa pengaturan yang akan kami tunjukan di bawah ini mungkin bisa membawa pencerahan bagi kamu yang sedang mengalami masalah tersebut.

Biasanya, dalam sebuah laptop gaming, produsen memberikan dua buah fitur grafis, antara integrated GPU yang dibawah prosesor, maupun dedicated  GPU yang dipasang secara terpisah . Tujuan utama dari produsen memasang dualisme grafis tersebut adalah untuk menghemat baterai jauh lebih baik, dimana ketika laptop pengguna tidak terhubung dengan charger, grafis akan beralih pada pilihan daya yang lebih kecil.

Baca juga : Apa Yang Kami Ketahui Tentang Game Bar Dan Cara Untuk Menggunakannya

Hanya saja, terkadang hal inilah yang menimbulkan kinerja gaming yang kurang nyaman untuk dilalui, sehingga mengaturnya kembali pada performa grafis hebat bisa menjadi solusi terbaiknya. Windows biasanya memiliki opsi Power Balance untuk mengatur semua hal tersebut sesuai dengan keinginan pengguna, namun terkadang hal ini tidak terlalu efektif.

Untuk itulah, beberapa pengaturan lebih spesifik yang kami tunjukan di bawah ini mungkin bisa menjadi solusi terbaik yang selama ini kamu cari, caranya adalah :

  • Hal yang pertama kamu lakukan adalah pergi ke Control Panel lalu pilih opsi Hardware And Sound.

Kinerja Laptop Gaming Kamu Turun

  • Setelah itu, pilih opsi Power Option dan pilih opsi Change Plan Setting

  • Kemudian, pilih opsi Change Advance Power Settings

  • Disinilah, semua kunci utama perangkat kamu bisa menjadi jauh lebih baik dalam urusan kinerja (atau juga jauh lebih hemat) bisa terbuka lebar.
  • Hal yang perlu kamu ubah untuk mengubah kinerja laptop jadi lebih baik untuk urusan gaming saat tidak terhubung dengan charger adalah pergi ke opsi Switchable Dynamic Graphics –>Global Setting –>On Battery, lalu pilih Maximize Performance

  • Dan jika kamu memiliki grafis Radeon (Atau Nvidia) sebagai pilihan grafis dedicated, pilih juga opsi AMD Graphic Powerplay Setting –>On Battery –>Maximize Performance

Nah, dengan memaksimalkan kinerja grafis, meskipun saat tidak terhubung dengan charger, kinerja laptop untuk urusan gaming masih bisa mengandalkan dedicated grafis, sehingga nilai FPS tidak turun. Hanya saja, resiko yang perlu diketahui pengguna adalah baterai akan secara signifikan berkurang secara drastis. Jadi, kamu perlu membawa charger laptop setiap saat. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Kinerja Laptop Gaming Kamu Turun Saat Tidak Terhubung Dengan Charger? Begini Solusinya

Comments are closed.