- Berita Terbaru, Kartu Grafis, Technology

Kartu Grafis Intel Siap Diungkap Lebih Dalam Bulan Desember 2018

Intel tampaknya siap memberikan banyak kemajuan besar untuk urusan kartu grafis diskrit, bahkan bulan desember ini mereka akan menjadi tuan rumah konferensi untuk teknologi arsitektur GPU terbaru mereka. Tentu, ini bisa menjadi kabar yang baik pula bagi konsumen yang tidak ingin terjebak dalam persaingan antara AMD dan Nvidia.

Menurut Digitimes, konferensi teknologi arsitektur GPU ini bisa memunculkan banyak kepastian mengenai apa yang telah dicapai Intel untuk pada kartu grafis Intel secara utuh. Bahkan, Raja Koduri dan beberapa eksekutif tingkat tinggi siap menjelaskan berbagai update tentang teknologi terbaru perusahaan, termasuk juga prospek unit bisnis.

Baca juga : Windows 10 October Update Kembali Ditunda, Kompabilitas Driver Intel Alasan Utamanya

Sejauh yang kami tahu, Intel berencana untuk merilis GPU diskrit dengan nama sandi Arctic Sound pada tahun 2020 dan ini akan menjadi upaya ketiga perusahaan untuk menyeberang ke pasar terkait. Salah satu fokus utama mereka adalah pasar gaming, namun Intel juga mengharapkan bisnis extra lainnya untuk membantu memperluas kecerdasan buatan (AI) dan sektor pembelajaran mesin, juga memanfaatkan kelebihan CPU yang ada.

Sebenarnya, Intel juga pernah merilis GPU diskrit pertama mereka yang disebut i740 pada tahun 1998, tetapi chip tersebut kemudian dirancang ulang untuk menjadi GPU terintegrasi dalam chipset Intel karena kinerja dan permintaan yang lebih lemah dari perkiraan. Pada 2009 melalui Intel Developer Forum (IDF), mereka juga pernah memperkenalkan arsitektur Larrabee untuk GPU diskrit, tetapi proyek itu kemudian dibatalkan.

Namun kini, janji tim biru tampaknya akan menjadi kenyataan, terlebih lagi mereka memiliki pemimpin yang pas untuk memulai, Raja Koduri. Ia sendiri sudah cukup berpengalaman dalam memimpin upaya AMD mengintegrasikan HBM ke GPU dan proyek LiquidVR, termasuk juga mendirikan pusat R & D GPU di Kanada; dan memiliki rencana untuk membangun pusat R & D desain GPU di India. Sehingga, pengalaman yang dimiliki oleh Koduri bisa membuat hasil yang sangat nyata.

Saat ini, CPU Intel masih memiliki lebih dari 80% pangsa pasar di pasar PC dan lebih dari 95% di sektor datacenter, dan jika mereka mampu meraih pasar lebih besar dalam urusan GPU, maka itu akan menyempurnakan tujuan utama perusahaan tersebut.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat