Fallout 76 Games Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Fallout 76 Games Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Fallout 76 resmi dirilis 3 hari yang lalu, atau tepatnya tanggal 14 november 2018. Meski game tersebut terlihat sangat menjanjikan, namun banyak penggemar merasa bahwa bethesda tidak bisa memberikan harapan terbesar mereka, khususnya dari segi lingkungan dan gameplay. Ada sesuatu yang hampa pada game tersebut, salah satunya adalah ketiadaan NPC.

Game itu sendiri hadir dalam beberapa platform utama, yakni Windows, Playstation 4 maupun Xbox One. Ada segudang fitur yang memiliki potensi hebat dalam game ini, namun kesepian akan terasa sangat nyata, khususnya ketiadaan elemen NPC yang sebelumnya disajikan untuk menyemarakkan seri sebelumnya. Kamu mungkin hanya bisa mengandalkan sesama pemain lain untuk berbagi cerita, meski terkadang mereka tidak akan selalu ada disamping kamu.

Baca juga : 5 Pilihan Game Terbaru Bulan November Tahun 2018 (Top List)

Fallout 76 Review : Apa Yang Kami tahu Sejauh Ini

Bulan november tentu merupakan bulan yang sangat spesial, khususnya bagi penggemar seri game Fallout yang sudah 20 tahun berdiri. Selalu ada cerita yang menarik dalam tiap sajian game ini, terlebih pihak pengembang biasanya memberikan nuansa yang baru dan terasa bermakna. Hanya saja, kehadiran Fallout 76 mungkin akan sedikit berbeda, dimana kami merasa bahwa ini justru bisa dikatakan sebagai ekpansi Fallout 4, dengan sajian fitur utama adalah sisi multi-player, entah kamu bisa bekerja sama dengan orang lain, atau bertempur dengan mereka.

Hal yang sangat disayangkan pada game ini adalah berkurangnya elemen NPC, bahkan selama saya bermain hampir 3 jam lebih, dunia Fallout terasa kosong dan hampa, bahkan menit-menit awal akan terasa cukup membosankan. Hanya ada teman sesama pemain, yang terkadang juga jarang terlihat, nuansa alam terbuka memang cukup indah untuk dirasakan, meski itu hanya sisa-sisa radiasi dari bom nuklir, dan sekawanan monster yang hadir hanya akan menyerang jika kita mendekatinya.

Sajian seri Fallout 4 padahal hadir dengan fitur NPC paling lengkap, bahkan dunia di dalam game tersebut terasa sangat hangat untuk dibicarakan. Inilah yang membuat sisi minus pada game tersebut dalam kesan pertama, padahal itu hanya beberapa jam saja bermain. Namun begitu, sajian istimewa tampak pada sisi gameplay yang sedikit menantang, juga karakter utama yang memiliki banyak pilihan. Intinya, kamu nantinya akan menjadi salah seorang Survivor di bunker 76 yang akan mencari jalan bagaimana caranya untuk bertahan hidup diluar sana.

Tidak ada cerita tambahan yang memiliki sisi nilai yang kuat, yang pasti kamu akan langsung terjun untuk menjalankan misi pertama. Sajian grafis terasa jauh lebih baik jika dibandingkan dengan seri Fallout 4, sehingga mereka yang berencana untuk memainkannya dalam versi PC, tentu kekuatan kartu grafis yang hebat bisa sangat berpengaruh.

Kemampuan bertahan hidup didalam Fallout 76 juga merupakan sisi yang perlu kamu fokuskan, sehingga pengembang memberikan banyak fitur menarik, termasuk membuat banyak hal yang hebat, entah itu Crafting armor, weapon atau bahkan hingga cara membuat makanan. Selain itu, ekplorasi sangat penting untuk dilakukan, karena selalu ada sesuatu yang menarik yang bisa kamu temukan di puing-puing bangunan, termasuk beberapa item yang bisa dijadikan sebagai bahan upgrade.

Questing disisi lain juga bisa memberikan sajian banyak hal, namun pada awalnya mungkin kamu akan merasa cukup asing tentang bagaimana caranya untuk menentukan misi. Meski, pihak pengembang pada dasarnya menyajikan tips dilayar mengenai beberapa hal yang cukup membantu untuk pemain baru. Awalnya, hanya ada misi dasar saja yang bisa kamu ambil, namun nantinya kamu bisa mengambil banyak questing yang banyak dalam satu paket.

Suguhan Fallout 76 bisa sangat menarik pada bagian akhir, atau ketika kamu sudah banyak memiliki kemampuan hebat. Bahkan, kehadiran Construction and Assembly Mobile Platform (C.A.M.P.)bisa sangat menyenangkan, terlebih lagi fitur ini bisa memberikan segudang ide bagi pemain, termasuk membangun dan membuat banyak hal di mana saja di dunia Fallout. C.A.M.P. bahkan akan menyediakan tempat untuk berlindung, persediaan, dan keamanan yang sangat dibutuhkan. Selain itu, nantinya ini juga bisa mengatur toko untuk berdagang barang dengan orang lain.

Dan ketika kamu sudah memiliki level tertinggi, dengan begitu banyak sajian armor yang sangat keren plus senjata yang powerful, kamu bisa mencari senjata pamungkas di dunia Fallout 76, yakni Rudal Nuklir. Hanya saja, tidaklah mudah untuk mendapatkan akses senjata tersebut, sehingga membuat tim merupakan sesuatu yang wajib kamu lakukan hingga beberapa orang.

Peluncuran rudal nuklir ini juga akan menghadirkan monster yang sangat kuat, dan ketika kamu bisa mengalahkannya, ada sumber daya langkah yang begitu powerfull yang bisa kamu ambil sebagai jarahan utama dari monster tersebut (itupun jika kamu bisa mengalahkannya).

Kesimpulan Awal

Fallout 76 bisa menjadi suguhan yang menarik untuk seri Fallout game selanjutnya dari Bethesda, namun ada sisi hampa yang dirasakan banyak penggemar pada awalnya (entah sampai akhir). NPC maupun habitat penduduk yang masih bertahan biasanya memberikan sajian hangat dalam setiap petualangan pemain, entah itu kawan atau musuh. Namun kini berkurang sangat drastis, bahkan tidak ada. Sebagai gantinya, mereka menghadirkan sesama pemain lain yang bisa diajak bergabung untuk  berpetualang (atau juga bisa menjadi musuh). Sisi multiplayer memang menjadi fokus Bethesda sejak game tersebut diumumkan, sehingga tidak ada cerita hebat untuk fitur single-player.

Fallout 76

Namun, pada dasarnya game ini masih memberikan banyak nilai yang sangat positif, mulai dari suguhan sajian grafis, termasuk sisi gameplay dan beberapa fitur baru. Ada banyak hal menyenangkan pada game tersebut, apalagi jika kamu sudah memiliki level tinggi dan segudang kemampuan hebat, khususnya dalam urusan cratfing dan skill.

Nah, jika kamu tertarik dengan game ini, kamu sudah bisa memesannya dengan tiga sajian pilihan konfigurasi. Mereka tampaknya tidak menyediakan game ini secara umum di platform seperti Steam, dimana kamu hanya bisa membelinya di toko retail khusus, termasuk di toko resmi bethesda. Namun jangan khawatir, kehadiran pihak ketiga yang biasanya juga menyediakan kunci digital masih berlaku. Hanya saja, game ini memerlukan koneksi khusus untuk internet, tidak ada fitur offline, jadi memiliki koneksi internet yang cukup cepat merupakan sesuatu hal yang wajib kamu dapatkan.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com