- Casing PC, Gaming Gear, Hardware

Cooler Master MasterBox Q300L Preview : Simple, Elegan & Murah

Ada banyak pilihan casing murah diluar sana, namun jika kamu masih ingin tetap menyatakan pada pilihan produsen populer dengan harga cukup terjangkau, MasterBox Q300L dari Cooler Master bisa menjadi pilihan yang sangat ideal. Casing Micro-ATX ini bisa memberikan cukup banyak ruang dengan bentuk desain yang elegan, plus harga yang ditawarkannya pun cukup murah.

Ide dibalik MasterBox Q300L mungkin bisa dikatakan sebagai kenyamanan untuk semua pembangun gaming rig dengan nilai estetika yang sangat baik. Ada banyak keunggulan dalam seri chassis entry level ini, bahkan Panel I/O dapat disesuaikan di 6 lokasi berbeda, termasuk juga ia dapat diposisikan entah dalam bentuk vertikal atau horizontal. Jadi, jika kamu masih ragu dengan seri casing dari Cooler Master tersebut, mari kita ungkap sedikit preview dibawah ini.

Baca juga : Cooler Master Rilis Pilihan Casing Terbaru, MasterCase H500M

Cooler Master MasterBox Q300L Preview : Pandangan Umum

Cooler Master MasterBox Q300L

MasterBox Q300L hadir dengan bentuk faktor Micro ATX dan memiliki ukuran tinggi sekitar 37.7cm, lebar sekitar 23 cm dan kedalaman sekitar 38.7cm. Pilihan ini mungkin terhitung kecil dan hanya mampu menampung motherboard dengan ukuran maksimal Micro ATX atau Mini ATX, namun ia siap memberikan cukup banyak ruang untuk pilihan komponen lainnya, termasuk dapat mendukung PSU ATX ukuran normal.

Seri ini memiliki berat sekitar 3.7 kg bersih, dan hal terbaik dari seri ini adalah penyesuaian panel I/O yang dapat disesuaikan di 6 lokasi berbeda, sehingga casing dapat diposisikan baik secara vertikal atau horizontal. Pilihan ini juga terhitung cukup baik untuk urusan segi estetika, apalagi produsen menghadirkan Edge-to-Edge Acrylic Transparent Side Panel, sehingga kamu bisa memperlihatkan apa yang terbaik didalam rig hebat kamu, meskipun sajian bahan material masih terhitung biasa saja dengan pilihan baja ringan.

MasterBox Q300L juga memiliki Filter Dilepas plus bentuk pola yang cukup berkelas, yang tidak hanya memberikan banyak manfaat untuk mencegah debu terlalu banyak ke dalam chassis, namun juga memberikan tampilan jauh lebih menyenangkan dengan pandangan yang unik, terutama untuk bagian depan dan atas. Filter Debu Desain Magnetik juga dihadirkan dibagian bawah yang terbuka dan berlubang untuk kinerja udara yang tinggi.

Dukungan untuk managemen kabel pun dihadirkan pada casing ini, meskipun pilihan ini cukup terbatas dan kita harus berjuang cukup keras untuk mengatur semua pilihan kabel tertata rapi dengan sempurna. Kita bisa melakukan proses ini belakang baki motherboard, dimana ada ruang dengan ukuran sekitar 28mm yang ditawarkan produsen untuk manajemen kabel. Sedangkan untuk urusan warna, ia hanya memiliki satu sajian, yakni warna hitam saja.

MasterBox Q300L : Spesifikasi

SpesifikasiMasterBox Q300L
HargaRp. 720.000
Available ColorBlack
MaterialsSteel, Plastic
Dimensions (LxWxH)387 x 230 x 378mm
Motherboard SupportMicro-ATX, Mini-ITX
Expansion Slots4
Drive Bays3.5" HDD x 1
2.5" SSD x 2
I/O PortUSB 3.0 x 2, Audio In / Out
Fan SupportFront (120 / 140mm x 2)
Top (120mm x 2)
Rear (120mm x 1)Pre-installed Fan
Bottom (120mm x 1)
Radiator SupportFront (120mm x 1 / 240mm x 1)
Rear (120mm x 1)
ClearancesCPU Cooler (157mm)
PSU (160mm)
GFX (360mm)
Cable RoutingBehind MB Tray (28mm)
Dust FiltersBottom
Power Supply SupportBottom mount, ATX PS2

Seri ini hadir dengan 4 slot expansi dan 3 buah drive bays yang terdiri dari 1 buah drive untuk storage 3.5” dan 2 buah slot untuk storage dengan ukuran 2.5”. Pilihan ini mungkin sangat sederhana, namun pilihan ini sudah cukup memenuhi kebutuhan pengguna kasual dengan rig yang cukup terbatas. Kamu bisa memasangkan semua storage tersebut dibagian belakang dengan ruang yang cukup ideal untuk semua perangkat tersebut.

I/O Port disisi lain merupakan salah satu keunggulan casing ini dengan nilai fleksibilitas yang mudah. Hanya saja, seri ini membawa pilihan terbatas dengan hanya port untuk USB 3.0 dengan total jumlah 2 dan port Audio In / Out. Sisanya adalah pilihan standar untuk power dan reset. Meskipun begitu, sajian ini tetaplah masih menjadi pilihan yang baik, khususnya untuk pengguna modern yang hanya menginginkan fitur simpel.

Untuk urusan pendinginan, ada total 6 fan dengan ukuran 12cm yang bisa kamu pasang pada casing MasterBox Q300L ini, dimana itu semua terbagi menjadi beberapa bagian, yakni untuk bagian depan, kamu bisa memasang maksimum hingga dua buah Fan dengan ukuran 12 cm atau 14cm, bagian atas 12mm x2, belakang 1x120mm, dan bagian bawah 1x120mm.

Pilihan ini tentu akan memaksimalkan sistem pendinginan dan sirkulasi udara didalam casing, yang pastinya bisa menyajikan sistem ideal yang kamu miliki nantinya. Hanya perlu diketahui bahwa hanya bagian depan yang bisa membawa fan dengan ukuran 14cm, sisanya hanya 12 cm saja.  Produsen juga sudah menyertakan sebuah pendingin 12cm bawaan di bagian belakang, sisanya tentu itu semua perlu kamu beli secara terpisah.

Seri ini juga bisa ideal dengan AIO dengan kompabilitas radiator yang bisa dipasangkan berada di bagian depan dengan maksimum ukuran 120mm atau 140mm, serta dibagian belakang dengan maksimum ukuran 120mm. Jadi, jika kamu merasa pilihan pendingin udara untuk CPU masih belum mencukupi, kehadiran AIO yang ideal juga untuk casing ini bisa memberikan kinerja terbaiknya.

Kompabilitas

Cooler Master MasterBox Q300L tentu merupakan casing yang ideal, terutama untuk pengguna anggaran yang terbatas, namun masih menginginkan nilai yang terbaik. Hanya saja, perlu diketahui bahwa ada keterbatasan saat memasangkan perangkat atau komponen kedalam casing ini. Pertama, GPU yang bisa dipasang di seri tersebut perlu memiliki ukuran maksimum hingga 36cm panjang, sehingga GPU premium mungkin tidak cocok untuk casing ini.

Kedua, jika kamu masih ingin mengandalkan Air Cooler CPU sebagai pendingin standar, perlu diketahui bahwa tingkat ketinggian maksimum pada casing ini maksimal memiliki ketinggian hingga 15.7cm, sehingga pendingin premium dengan tinggi diatasnya pasti tidak akan cocok untuk bisa dipasangkan pada chassis ini.

Kesimpulan

Cooler Master MasterBox Q300L merupakan pilihan chassis modern dengan bentuk desain yang menyenangkan hati semua orang, terutama untuk mereka yang memiliki keterbatasan dalam anggaran. Pilihan ini cukup menampung banyak komponen hebat, meskipun masih terbatas pada ukuran maksimum Micro ATX atau Mini ATX, khususnya untuk motherboard.

Ada banyak hal yang menjadi nilai keunggulan pada casing ini, selain dari segi harga. Namun hal terbaik dari MasterBox Q300L secara keseluruhan adalah nilai keunggulan dalam fungsi, modularitas, dan kinerja termal. Seri ini juga terhitung sangat baik untuk urusan Fleksibilitas Sistem, termasuk Panel I / O yang dapat disesuaikan. Intinya, kamu bisa tetap bergaya keren dengan chassis mungil ini, apalagi kehadiran Edge-to-Edge Acrylic Side Panel bisa memperlihatkan seluruh build kamu melalui panel samping yang penuh transparan.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat