- Berita Terbaru, Prosesor, Smartphone

ARM Siap Tantang Intel, Tenaga Komputasi 7nm Sajian Utama

AMD tampaknya tidak akan menjadi satu-satunya pesaing utama dalam hal urusan CPU dengan Intel di masa depan, ketika ARM hadir dengan kekuatan baru yang siap menyajikan kinerja komputasi hebat untuk urusan mobile CPU.  Bahkan, sajian yang akan mereka hadirkan bisa jauh lebih unggul, khususnya dalam segi daya rendah dan nilai kinerja tinggi.

Tampaknya perubahan kepemilikan di ARM telah menghasilkan perubahan dramatis dari wacana publik. Perusahaan di balik desain CPU yang paling banyak dijual di dunia ini berbicara secara terbuka bagaimana mereka akan menantang dominasi Intel khususnya untuk segi laptop / notebook. Ini hanya masalah waktu sampai notebook yang bertenaga senjata mereka bisa memiliki pangsa pasar sendiri secara signifikan.

Baca Juga : AMD Ryzen 3 2200U Review : CPU Tangguh Untuk Notebook Hebat

Roadmap ARM Di Tahun 2019, Tenaga Komputasi 7nm Sajian Utama

Roadmap ARM

Ini cukup mengejutkan, ketika mereka baru saja membuka kunci tentang peta jalan dan penelitian, dan itulah yang memungkinkan untuk mencapai posisi dominasi dalam SoCs daya rendah, kinerja tinggi. Sekarang, tampaknya, ada narasi PR baru yang terjadi di Arm dalam urusan kekuatan komputasi baru.

CPU Cortex-A76 siap menjadi sajian utama, dimana mereka mengklaim bahwa pilihan ini siap menghadirkan kinerja kelas laptop dengan efisiensi ponsel cerdas, menghadirkan pengalaman yang sama untuk semua kelas intelligent mobile compute devices. Seri ini siap memberikan performa hingga 35% peningkatan kinerja , disisi lain ia akan menyajikan 40% efisiensi daya yang lebih baik.

Dalam pengumuman yang panjang, Arm juga  mengumumkan rencananya untuk dua generasi berikutnya dari arsitektur chip Deimos dan Hercules, termasuk bagaimana rencana ARM untuk merebut pangsa pasar dari Intel. Mereka akan memanfaatkan keuntungannya selama lima tahun terakhir, yang berpuncak pada peluncuran desain CPU Cortex-A76 dan mengklaim peningkatan kinerja jauh lebih besar dari pendahulunya.

ARM

Menurut peta jalan, Cortex-A76 akan diproduksi baik pada 10nm maupun 7nm, mulai dari tahun ini. Jelas ini bisa memberikan gesekan yang cukup berarti bagi Intel, apalagi jika 7nm Cortex-A76 siap dihadirkan. Tentunya, hal tersebut akan memberikan kinerja yang sama dengan chip mobile Intel, padahal itu mungkin hanya sepertiga dari kekuatan desain.

Roadmap Arm juga menunjukkan kepada khalayak umum bagaimana tindak lanjut Cortex-A76 pada tahun 2019 dengan ‘Deimos’, dimana ini juga akan dibangun pada node proses 7nm LP. Dan ketika Deimos tiba, Arm memperjelas bahwa seharusnya tidak ada keraguan dalam benak mitra mereka dengan kehadiran chip terbaik. Menurut perusahaan ini, Deimos diperkirakan akan memberikan peningkatan 15+ persen dalam kinerja komputasi.

Dan hingga akhir 2019, desain CPU baru yang diproduksi Arm bisa memberikan banyak keuntungan, khususnya dalam segi kinerja dan ukuran Die (dan lebih banyak lagi, setelah itu menyusut ke 5nm). Jadi pada saat Intel mendapatkan desain matang 10nm pertama dari pintu, Arm melalui cara TSMC, akan memulai debutnya pada proses node 5nm.

Meskipun begitu, langkah perusahaan ini tidak akan semulus dari apa yang mereka pikirkan. Salah satu alasan utamanya adalah dari sisi Intel, dimana mereka lebih berpengalaman dan sudah menguasai pasar cukup lama. Namun, itu semua mungkin akan berubah secara dramatis, apalagi semua hal ini akan terungkap lebih jelas pada tanggal 16 oktober mendatang. Jadi, mari kita lihat sajian apalagi yang akan mereka umumkan.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat