- Berita Terbaru, Internet, Security, Serba-serbi

Hebat, Kemampuan Wi-Fi Ternyata Bisa Deteksi Bom & Benda Berbahaya

Kemampuan Wi-Fi dimasa depan tampaknya akan jauh lebih bermanfaat, yakni memungkinkan petugas keamanan untuk memeriksa tas atau koper, bahkan bisa melihat lebih jauh seperti menentukan volume cairan, alcohol, dan bahan kimia yang mungkin saja digunakan untuk membuat peledak. Hal tersebut diungkap oleh para peneliti di Universitas Rutgers baru-baru ini.

Wi-Fi sejak awal bisa menembus objek tanpa batasan, meskipun memiliki area yang cukup terbatas. Dan karena alasan ini pula, kemampuan Wi-Fi dapa terus ditingkatkan untuk mengintip objek lain. Dan jika itu benar adanya, maka kita akan melihat kemampuan Wi-Fi bisa digunakan lebih baik dalam urusan keamanan, baik di tempat-tempat umum, termasuk bandara dan sebagainya.

Baca juga : Enkripsi Proteksi Berlapis Keamanan Data

Para peneliti di Universitas Rutgers telah menunjukkan bahwa Wi-Fi dapat digunakan untuk menembus tas dan memperkirakan dimensi benda-benda logam seperti senjata, laptop, baterai dan banyak lagi. Ini berpotensi mengidentifikasi mereka jauh lebih baik lagi. Hebatnya, sistem ini juga dapat menentukan volume cairan seperti asam, alkohol, dan bahan kimia lain yang digunakan untuk membuat bahan peledak.

Kemampuan Wi-Fi

Teknologi ini bekerja dengan memisahkan gangguan nirkabel yang disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi suatu objek seperti bentuk dan bahan yang dibuatnya. Perangkat dapat dibangun menggunakan dua hingga tiga antena dan dapat ditambahkan ke jaringan Wi-Fi yang ada. Sejauh ini, peneliti telah menguji 15 jenis objek dan enam jenis tas.

Sistem Wi-Fi mereka menunjukkan tingkat akurasi hingga 99 persen untuk mendeteksi objek berbahaya, 98 persen untuk benda logam dan 95 persen untuk cairan. Namun, tingkat akurasi turun hingga menjadi sekitar 90 persen, ketika ia mencoba untuk mendeteksi benda-benda di dalam tas yang terbungkus.

Kehadiran perangkat ini pastinya akan sangat berguna untuk mengurangi tingkat bahaya yang bisa terjadi kapan saja, apalagi area publik biasanya sangat besar. Namun, ada sejumlah masalah dan kendala yang masih perlu dikaji lebih mendalam untuk penggunaan perangkat baru yang dihadirkan dalam bentuk Wi-Fi ini.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat