Tutorial : Membangun Rig PC Yang Ideal Untuk Pemula

Jadi, katakanlah anda sudah memutuskan untuk membangun rig PC anda sendiri sebagai pilihan terbaik. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan, dan jangan khawatir jika anda benar-benar seorang pemula untuk semua hal tersebut. Karena hari ini, ada pilihan yang jauh dan bisa memudahkan kita semua untuk melakukan proses merakit PC sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan berbagai hal lainnya untuk membangun sebuah rig Idaman anda.

Membeli sebuah builtup PC mungkin sangat mudah untuk dilakukan daripada membangunnya sendiri, dimana anda hanya tinggal memilih sebuah spesifikasi yang dihadirkan dari sekian banyak pilihan, membayarnya dan membawanya pergi dengan semua perangkat masih tersegel utuh didalamnya. Namun, membangun sebuah rig dengan setiap sentuhan tangan anda akan memberikan nilai yang jauh lebih menguntungkan, rasa puas dari setiap komponen yang anda bangun, dan nilai estetika yang jauh lebih ideal. Jadi, jika anda berencana untuk membangun sebuah rig PC, maka dibawah ini kami hadirkan semacam tutorial dan tempat terbaik untuk memulai , khususnya bagi mereka yang benar-benar tidak tahu langkah pertama untuk pergi.

Baca juga : Rakitan Rig PC AMD Ryzen Threadripper Terbaik Tahun 2017

Tutorial : Membangun Rig PC Yang Ideal Untuk Pemula

Langkah Pertama : Tentukan Tujuan & Batasan Anggaran Dalam Membangun

Sebelum anda pergi dan membeli atau mencari mana pilihan komponen yang terbaik, langkah pertama yang sangat ideal dan bisa menjadi faktor penentu dari semua hasil positif yang bisa anda bangun adalah menentukan anggaran dan tujuan anda untuk membangun. Katakanlah anda ingin membangun sebuah rig PC untuk kebutuhan kasual, gaming yang tidak terlalu menuntut atau mampu memberikan performa yang baik untuk semua pekerjaan anda. Ini merupakan salah satu tujuan kita dalam menghasilkan dan membangun sebuah rig PC yang benar-benar ideal dan handal untuk memulai hari-hari kita yang melelahkan sebelumnya.

Kemudian lihat pula batasan anggaran anda pada rencana dalam merakit komputer, karena dengan melihat batasan anggaran, segala pengeluarkan lain dan pilihan komponen bisa pergi dengan pilihan yang jauh lebih hemat dan tidak mengganggu keuangan yang sebenarnya tidak dikhususkan untuk ini.  Sebagai contoh, katakanlah batas anggaran anda tidak lebih dari 5 jutaan, maka pilihan yang hadir dari setiap komponen mungkin akan hadir pada kelas terbawah, namun anda juga bisa mendapatkan salah satu pilihan terbaik dari komponen tersebut dari segi performa yang dihadirkan.

Langkah Kedua : Sedikit Survei Akan Melegakan Hati

Setelah anda sudah menentukan anggaran dan tujuan, maka hal lainnya yang sebenarnya cukup penting adalah melihat sebuah review, membaca atau sekedar ngobrol dengan para ahli atau teman yang benar-benar berpengalaman dalam bidangnya. Ingat, anda tidak perlu membaca semua hal yang ada dalam dunia PC, hanya salah satu yang benar-benar memberikan rasa ketertarikan anda untuk memulai. Dan jangan biarkan para Fanboys mempengaruhi pikiran anda, karena ingat bahwa setiap komponen memiliki sisi positif dari segala performa dan hal-hal lainnya yang mungkin saja bermanfaat untuk anda.

Contohnya, anda memerlukan sebuah prosesor untuk kebutuhan pekerjaan anda yang sangat menuntut, namun anda memiliki anggaran yang terbatas untuk memulai. Berangkat dari hal tersebut, anda bisa memulai pencarian sederhana dengan beberapa kata kunci, googling di dunia maya atau pergi ke tempat seseorang yang benar-benar handal dalam hal tersebut, untuk mendapatkan beberapa pengetahuan inti secara gratis :D.




Langkah Ketiga : Memilih Hardware yang Tepat

Sebelum mengambil keputusan untuk memilih hardware, maka ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal dari kami untuk memilih hardware yang tepat. Sebagaimana kita tahu bahwa setiap komponen memiliki generasi, baik yang terlama maupun yang terbaru. Ada banyak pilihan yang bisa anda dapatkan hari ini, namun jika memungkinkan, pilihlah komponen yang benar-benar fresh, khususnya pada tahun 2017 ini. Apa yang terbaik dari ini adalah, anda akan memiliki masa yang panjang untuk setiap komponen yang hadir dan garansi yang juga terhitung cukup lama sebagai jaminan anda.

Meskipun tidak setiap pilihan terbaru bisa menjadi sesuatu yang sangat baik, namun setidaknya anda akan melihat bagaimana produsen mendukung sepenuhnya hardware terbaru mereka setidaknya untuk jangka waktu 5 tahun kedepan dengan setiap patch, software ataupun beberapa perbaikan pada masalah driver. Dan perlu diingat bahwa setiap komponen hardware memiliki umur tertentu dalam masa pemakaiannya, sehingga hal yang harus anda hindari adalah membeli beberapa komponen second yang cukup berpengaruh pada sistem, terkecuali anda benar-benar terbatas dalam anggaran.

Membangun Rig PC Yang Ideal Untuk Pemula

Lalu, perlu diingat juga bahwa beberapa komponen tertentu harus benar-benar berkualitas agar ia bisa memberikan jaminan untuk semua kebutuhan hardware lainnya dan anda jangan murah untuk memilih. Contoh yang paling nyata adalah pilihan PSU alias Power Supply, dimana anda mungkin melihat ada banyak pilihan hari ini dengan kisaran harga dibawah 400 ribuan. Namun jika anda ingin menjamin semua pasokan listrik anda tetap terjaga dengan stabil, yang juga bisa mempengaruhi komponen lainnya dengan baik, maka pilihan PSU sebaiknya tetap pada pilihan produsen yang benar-benar handal, meskipun mereka memiliki harga yang cukup mahal. Suatu saat anda akan menyadari bagaimana komponen ini akan memberikan masa yang sangat panjang pada setiap umur hardware dan menjaga sesuatu yang buruk menimpa anda.

Langkah Terakhir : Bangun PC Impian Anda Dengan Simulasi

Ketika anda sudah siap untuk menentukan mana pilihan yang terbaik, maka sebaiknya jangan dulu langsung membeli, karena mungkin saja ada masalah kompabilitas yang hadir. Atau juga, anda benar-benar tidak tahu komponen mana yang bagus untuk rakitan komputer yang akan anda bangun. Jadi, hal yang terbaik dari semua itu adalah pergi ke situs yang menyediakan simulasi untuk rakitan Rig PC yang ideal sesuai dengan kebutuhan anda. Salah satu yang benar-benar handal dan sangat ideal untuk mereka yang sudah atau baru dalam dunia PC adalah PCPartpicker.

  

PCPartpicker merupakan tempat terbaik bagi hampir semua orang di dunia ini yang menginginkan sebuah skema spesifikasi rig ideal sesuai dengan pilihannya, dan ini bisa menjadi tempat pertama yang perlu anda lakukan untuk memulai sebuah ide. Situs ini menawarkan pilihan simulasi rakitan komputer lengkap dengan segala fitur, spesifikasi dan pilihan harga. Meskipun harga yang ditawarkan dalam bentuk mata uang Dollar, namun anda bisa menjadikannya sebagai patokan harga. Anda bahkan bisa melihat setiap komponen hadir dengan beberapa rating rendah hingga yang tertinggi, sehingga ini bisa menjadi ide yang baik untuk memilih hardware yang tepat.

Dan jangan takut dalam memilih, karena jika ada kesalahan dalam hal kompabilitas, hardware yang tidak tepat, anda akan melihat notifikasi diatas. Misalnya, anda memilih sebuah prosesor AMD Ryzen, namun pilihan CPU Cooler yang anda pilih ternyata tidak seusai dengan soket AM4, maka anda akan melihat notifikasi diatas. Selain itu, tempat ini bahkan memberikan pilihan spesifikasi yang benar-benar lengkap, termasuk beberapa kategori yang bisa anda khusus hadirkan seusia dengan pilihan harga dan tingkat popularitas. Situs ini bahkan akan secara otomatis menghadirkan pilihan motherboard yang tepat sesuai dengan tipe soket yang dimilikinya jika anda memilih sebuah prosesor.

Dan jika sudah selesai membangun, anda bisa melihat kembali pilihan anda pada situs ini dengan kisaran total harga dan mulai mencari pilihan tersebut pada toko PC terdekat atau secara online. Namun jika anda ingin membelinya langsung, anda bisa membelinya pada situs ini, dimana mereka bekerjasama dengan beberapa toko online terbesar di dunia, meskipun akan butuh waktu yang sangat lama untuk pengiriman, dan kendalanya juga, beberapa toko tidak menyediakan pengiriman ke negara kita. Semoga saja PCPartpicker kedepannya bisa menyediakan juga toko online khusus di negara kita.

Kesimpulan

Nah, itu dia sedikit panduan bagi anda yang ingin berencana untuk membangun sebuah rig PC yang ideal bagi pemula. Dan tidak terlepas dari segala hal yang mungkin saja kurang dalam artikel ini, namun beberapa langkah diatas mungkin bisa memberikan wawasan yang jauh lebih baik dan bisa bermanfaat bagi kita semua. Jadi, dari semua hal yang telah dihadirkan diatas, semoga membantu anda semua.  Dan jika anda berkenan, follow dan Like akun media sosial resmi kami untuk tetap mendukung dan menjadikan segala sesuatu jauh lebih baik pada situs ini.

 Baca Juga :



Comments