- Berita Terbaru, Gaming Gear, Laptop

Ini Dia Pilihan Lengkap Acer Aspire & Swift 3, Ryzen Mobile Inside

Acer hari ini menjajal kota Bandung untuk mengenalkan pilihan notebook terbaru seri Acer Aspire maupun Swift, khususnya untuk seri prosesor AMD terbaru Ryzen mobile. Produsen tampaknya ingin mengenalkan lebih dekat seri terbaru tersebut sebagai pilihan utama bagi pengguna. Hebatnya, kita kini bisa melihat notebook yang tangguh untuk segmen mainstream dengan harga yang benar-benar terjangkau.

Acer bahkan merupakan yang pertama dalam mengusung CPU terbaru AMD Ryzen mobile. Dan untuk menyempurnakan pilihan ini, mereka menghadirkan pilihan yang jauh lebih lengkap. Harga yang ditawarkan pun sangat menggiurkan, terlebih lagi bahwa nilai bentuk desain kini jauh lebih menyenangkan hati pengguna modern hari ini, termasuk beberapa fitur inti yang tersemat didalamnya. Nah, jika anda penasaran dengan lini terbaru dari Acer Swift 3 maupun Aspire, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

Baca Juga : Acer Aspire 3 A315-41 Preview : Pesona Ryzen Dalam Notebook Mainstream

Mengenal Lebih Dekat Acer Aspire Swift 3 : Ryzen Mobile Inside

Acer membalut sebuah acara yang cukup sederhana dalam sebuah café di Kota Bandung, namun membawa nuansa yang hangat dan solid. Mereka tampaknya begitu antusias untuk menyajikan seri notebook terbaru mereka dengan upaya yang menyenangkan, bahkan saya sendiri bisa merasakan langsung seri notebook terbaru mereka dengan pilihan yang lengkap.

Acer Aspire

Beberapa pembicara utama seperti Dimas Setyo, PresalesManager Acer Indonesia dan Donnie Brahmandhika – Product Marketing AMD Indonesia secara langsung memperkenalkan notebook terbaru tersebut dengan sangat meyakinkan. Meskipun saya masih belum mengetahui secara detail, khususnya untuk seri Acer Aspire 3, pilihan ini bisa membungkam segmen notebook mainstream dengan kekuatan yang benar-benar menjanjikan.

Lini Terbaru Notebook Acer Aspire & Acer Swift 3

Kami sebelumnya pernah membahas seri tersebut dalam artikel beberapa waktu yang lalu. Namun, selalu ada pengguna baru yang tidak mengetahui secara pasti pilihan tersebut, baik dari segi komputasi maupun bentuk desain. Untuk itulah, mari kita ungkap sekali lagi dalam detail yang lebih lengkap dibawah ini.

Acer Swift 3 : Ryzen Series Line Up

Seri Swift pada dasarnya merupakan pilihan notebook premium yang membawa nuansa berkelas dan memiliki bentuk desain yang sangat baik dalam hal nilai estetika. Terlebih lagi, ia hadir dengan bentuk desain yang cukup tipis dengan tingkat ketebalan sekitar 1.8cm dan memiliki bobot sekitar 2.2 Kg. Pilihan tersebut tentu akan membawa nilai mobilitas yang handal, sehingga pilihan ini layak sebagai teman ideal semua perjalanan anda.

Ketika seri sebelumnya hanya hadir dengan kekuatan prosesor dual core dengan fitur ULV (Ultra low voltage), produsen kini menghadirkan kekuatan quad core yang sangat nyaman untuk semua aksi petualangan pengguna modern hari ini. Hadirnya AMD Ryzen series mobile bisa mengubah segalanya, dimana pilihan tersebut akan membawa kinerja komputasi ke level yang jauh lebih tinggi. Bahkan, seri terbaru ini mampu membukukan sejarah dalam AMD sebagai pilihan paling jitu, khususnya untuk notebook series.

Ada dua pilihan yang siap menjadi kekuatan utama pada seri Swift 3 ini, yakni Ryzen 5 2500U sebagai pilihan terendah, dan Ryzen 7 2700U sebagai pilihan tertinggi. Pilihan ini semuanya membawa kekuatan quad core, 8 thread dan membawa nilai clockspeed yang jauh lebih tinggi hingga 3.8Ghz. Kedua pilihan ini juga diproduksi dalam basis 14nm, sehingga nilai konsumsi daya jauh lebih kecil dengan TDP sekitar 15W.

Hebatnya, kedua pilihan ini juga membawa iGPU tangguh (bahkan bisa menjadi yang terbaik hari ini), yakni Radeon RX Vega. Pilihan ini disematkan dalam CPU untuk memberikan solusi yang jauh lebih ramping, namun disisi lain bisa memberikan performa handal dalam urusan gaming, termasuk produktivitas yang memerlukan grafis. Bahkan, seri ini bisa jauh lebih baik dari kartu grafis diskrit 940MX atau hampir setara dengan seri Geforce 150MX.

Selain membawa kekuatan prosesor yang tangguh, pilihan ini juga jauh lebih disempurnakan dalam hal urusan beberapa fitur utama, seperti kehadiran layar Full HD dengan panel IPS, termasuk pelindung Corning Gorilla Glass, USB Type C, kekuatan baterai (hingga 10 jam) dan fitur Power Off USB Charging  untuk perangkat extra.

Harga Dan Spesifikasi Produk Acer Swift 3 With Ryzen CPU

Semua pilihan ini sudah tersedia di toko-toko besar dan online di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk urusan harga, dua pilihan ini terhitung sangat terjangkau. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa melihat daftar tabel dibawah ini.

Spesifikasi ACER Swift 3 SF315-41 ACER Swift 3 SF315-41
HargaRp 12.499.000RP 9.555.000 (Beli)
ProcessorAMD Ryzen 5 2700U (2.2 GHz up to 3.8Ghz, Quad-core)AMD Ryzen 5 2500U (2 GHz up to 3.6Ghz, Quad-core)
Memory8 GB DDR4 2400 Mhz8 GB DDR4 2400 Mhz
Card ReaderSD CardSD Card
Storage1 TB HDD 5400 RPM
128 GB SSD
1 TB HDD 5400 RPM
Display15.6" Full HD (1920 x 1080) resolution15.6" Full HD (1920 x 1080) resolution
IPS technologyIPS technology
GraphicsAMD Radeon Vega 10 (DDR4 Shared graphics memory)AMD Radeon Vega 8 (DDR4 Shared graphics memory)
Connectivity802.11ac wireless LAN802.11ac wireless LAN
Audio & VideoOne microphoneOne microphone
Two speakersTwo speakers
Ports & Connectors2x USB 3.02x USB 3.0
1x USB 2.01x USB 2.0
HDMI OutputHDMI Output
1x USB 3.1 Gen 1 Type-C1x USB 3.1 Gen 1 Type-C
Input DevicesTouchPadTouchPad
backlit keyboardbacklit keyboard
Battery4-cell 3320 mAh Li-ion4-cell 3320 mAh Li-ion
Dimensions (W x D x H)14.59" x 10.04" x 0.74"14.59" x 10.04" x 0.74"
Weight (Approximate)4.85 lb4.85 lb

Acer Aspire 3 : Ryzen Series Line Up

Untuk urusan notebook anggaran, hadirnya Seri Aspire 3 bisa mengubah pandangan notebook standar menjadi pilihan yang begitu menjanjikan. Hadirnya Ryzen mobile merupakan salah satu bukti yang akan mengubah sejarah komputasi notebook mainstream bisa naik ke level yang jauh lebih baik lagi. Disisi lain, harga yang ditawarkan pada seri Aspire terbaru ini bisa menyenangkan hati pengguna yang memiliki budget terbatas, hasilnya, kita bisa memiliki sebuah notebook mainstream tangguh dengan kisaran harga sekitar 5 jutaan.

Acer Aspire 3 itu sendiri merupakan pilihan yang solid, meskipun tidak membawa nilai istimewa yang biasa hadir pada notebook premium. Namun, fitur yang dimiliki notebook ini cukup lengkap, termasuk kemudahan untuk upgrade SSD, RAM (hingga 32GB) dan HDD. Mereka menyebutnya sebagai Compartement Backdoor, sebuah fitur yang hadir dibelakang notebook yang bisa memudahkan pengguna dalam mencabut dan menambah perangkat utama sebagau bahan upgrade.

Ketika seri sebelumnya hanya hadir dengan kekuatan komputasi standar, kehadiran Ryzen benar-benar menyempurnakan notebook mainstream hari ini. Pilihan tersebut membawa kekuatan quad core, nilai grafis AMD RX Vega yang sangar dan TDP yang ringan (15W). Pilihan ini tentunya bisa menjadi pilihan utama pengguna hari ini, apalagi harga terendah yang ditawarkan sekitar 5.9 jutaan.

Saya sempat mencoba bagaimana idealnya notebook tersebut hari ini, bahkan untuk pilihan terendah sekalipun. Kasual gaming dan kinerja komputasi standar (*maupun berat) bisa dilalui dengan cukup mudah. Lini terbaru dari Aspire pun kini jauh lebih lengkap yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan pengguna.

Harga Dan Spesifikasi Acer Aspire 3 : Ryzen Line Up

Dan ya, pilihan ini sudah tersedia secara global di negara kita, sehingga kita bisa mudah mencari seri terbaru dari notebook Acer tersebut. Untuk detail lebih lengkapnya, termasuk urusan harga, mari kita lihat dalam daftar tabel dibawah ini.

Processor Ryzen 3 2200U Ryzen 3 2200U Ryzen 5 2500U
Memory 4 GB 4 GB 2*4 GB
HDD 1 TB 1 TB 1 TB
Display 15,6” HD 15,6” HD 15,6” HD
Graphics Radeon Vega 3 Graphics Radeon 535 2 GB Radeon Vega 8 Graphics
OS Linux Linux Linux
Price Rp5.899.000 Rp6.599.000 Rp7.4999.000
       
Processor Ryzen 5 2500U Ryzen 7 2700U Ryzen 7 2700U
Memory 2*4 GB 2*4 GB 2*4 GB
HDD 1 TB 1 TB + 128 GB SSD 1 TB + 128 GB SSD
Display 15,6” HD 15,6” Full HD 15,6” Full HD
Graphics Radeon 535 2 GB Radeon Vega 10 Graphics Radeon 535 2 GB
OS Linux Linux Linux
Price Rp8.199.000 Rp10.299.000 Rp10.999.000

Kesimpulan

Kehadiran Acer di Bandung memperlihatkan bahwa mereka juga menginginkan pilihan utama bagi pengguna, khususnya untuk seri produk terbaru dengan Ryzen series. Terlebih lagi, produsen melihat bahwa Bandung itu sendiri merupakan salah satu smart city dengan 50% masyarakatnya datang dari kaum millennials dan pekerja kreatif. Hasilnya, notebook bisa menjadi salah satu kebutuhan utama untuk memudahkan segala pekerjaan mereka.

Lalu, apa yang bisa ditawarkan oleh Acer dalam dua produk utama mereka? Tentunya, keunggulan nilai produktivitas dan mobilitas akan membawa pengguna bisa memudahkan segala pekerjaan mereka jauh lebih positif. Bahkan, kekuatan AMD Ryzen akan mengubah segalanya, terlebih lagi mereka selalu unggul dalam hal nilai harga. Pengguna mainstream tampaknya tidak harus selalu dihadirkan dengan kinerja standar, karena dengan seri terbaru antara Acer Swift 3 dan Aspire 3, semua pilihan ini tentu akan membawa kekuatan yang jauh lebih baik dalam urusan komputasi dan gaming.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat