- All-In-One PC, Berita Terbaru, Laptop, Prosesor, Workstation

AMD Umumkan Pilihan Terbaru Ryzen Pro Series

Ryzen Pro Series – Lebih banyak pilihan CPU terbaru hari ini dari AMD, ketika mereka mengumumkan jajaran model baru dari seri Ryzen PRO untuk desktop dan laptop komersial. Pilihan ini siap membawa nuansa solid dan jauh lebih lengkap, terutama untuk beberapa OEM utama, seperti Dell, HP, dan Lenovo. Selain itu, AMD juga mengumumkan bahwa sampling produk Threadripper generasi kedua berdasarkan proses 12nm juga siap dihidangkan kepada pelanggan.

Mikroarsitektur Zen tampaknya mampu mendongkrak popularitas AMD dan mampu mendorong perusahaan untuk kembali ke level atas. Bahkan, pilihan terbaru dari mereka mampu menarik hingga 50% dari penjualan CPU ke DIYers dari situs besar seperti Newegg dan Amazon. Namun, AMD tampaknya masih harus extra kerja keras untuk bisa merebut bagian yang lebih besar dari OEM dan laptop komersial dan pasar desktop. .

Untuk itulah, seri Ryzen PRO 7, 5, dan 3 mulai ditularkan untuk desktop komersial, yang juga akan segera diperbarui oleh perusahaan. Ketika pilihan pertama kurang meyakinkan produsen OEM untuk membawanya dalam paket bundle karena alasan tidak membawa iGPU, kini AMD siap menyajikan pilihan terbaru dengan kehadiran Ryzen APUs didalamnya, bahkan bisa jauh lebih baik lagi.

Baca juga : AMD Ryzen 5 2600 Review : Mid-Range CPU Tangguh Berikutnya

Apa yang terbaik dari Ryzen Pro Series Terbaru?

Salah satu keuntungan dari seri ini adalah kekuatan core komputasi Zen yang dipasangkan dengan grafis terintegrasi berdasarkan arsitektur Radeon Vega. AMD memperluas combo kuat ke laptop dengan prosesor Ryzen Mobile pertama dan mengumumkan di CES bahwa chip ini juga akan datang dalam rasa komersial Ryzen Mobile PRO yang kini memulai debut hari ini.

Ryzen Pro Series

AMD sebelumnya banyak dipuja karena berhasil menangani desktop dengan APU berbasis Vega untuk para penggemar. APU ini mengemas jumlah kinerja yang mengejutkan ke dalam paket kecil, memenangkan sejumlah penghargaan yang hampir universal. Dan kini, model desktop berbasis Vega tersebut kini hadir untuk seri komersial Ryzen PRO, dimana mereka semua tiba hari ini untuk workstation komersial dan mini-PC.

Ada tiga keluarga yang berbeda yang siap ditampilkan, dimana pilihan tersebut memiliki perbedaan dalam hal jumlah core CPU dan Vega CU (Compute Units). Ryzen 7 dengan model 4C / 8T dilengkapi dengan delapan Vega CU (Compute Units), Ryzen 5 dilengkapi dengan chip 4C / 8T serta memiliki delapan CU, dan yang terakhir adalah Ryzen 3 dengan kekuatan 4C / 4T dan dilengkapi dengan enam CU.

Semua pilihan prosesor diproduksi 14nm ini dan memiliki fitur 6MB L3 cache serta hadir dengan pilihan boost clock yang membentang hingga 3,8 / 2,2 GHz dengan model Ryzen 7. Ketiga model ini memiliki TDP yang dapat dikonfigurasi, sama seperti prosesor mobile lainnya, yang membentang dari 12 hingga 25W berdasarkan kemampuan pendinginan dan pengiriman daya perangkat. Chip ini siap bersaing dengan seri Intel seperti Core i7-8650U kelas atas hingga Core i3-7100U.

Sedangkan untuk seri desktop, kehadiran AMD PRO 2400G dan 2200G APU juga melengkapi semua pilihan tersebut dengan spesifikasi dasar yang sama dengan model non Pro. Pilihan andalan tentu adalah Ryzen 5 2400G, dimana ia akan menawarkan empat inti Zen dengan multi-threading simultan dan 11 CU, menghasilkan 704 Stream prosesor. Sedangkan Ryzen 3 2200G akan dilengkapi dengan empat core fisik (tanpa SMT) dan delapan CU (512 Stream prosesor). Prosesor ini siap bersaing dengan pilihan dari CPU Intel antara Core i5-8400 dan Core i3-8100, masing-masing.

Kedua pilihan seri “G” APU ini datang dengan nilai TDP 65W, tetapi AMD juga menawarkan 35W PRO 2400GE dan 2200GE untuk PC yang lebih ramping.  AMD APU terbaru ini juga didasarkan pada silikon yang pernah kita lihat di pasar konsumen, tetapi perusahaan menyesuaikan set fitur untuk pelanggan komersial. Tidak seperti vPro Intel, kemampuan manajemen komersial kelas AMD tampaknya tidak diturunkan ke model pricier.

Kelebihan utama dari seri PRO ini adalah mesin enkripsi AES 128-bit, sehingga pilihan tersebut bisa membuatnya sebagai prosesor ideal dalam hal keamanan. Ia juga sudah mendukung berbagai teknologi Secure dari AMD, termasuk dukungan keamanan enterprise Windows 10 dan fTPM / TPM 2 (Trusted Platform Module).

Pasar komersial tampaknya memiliki banyak persyaratan unik, untuk itulah produsen siap menyajikan varietas yang memiliki banyak pilihan. Tampaknya, kita semua tinggal menunggu bagaimana semua hal tersebut terjadi, ketika banyak OEM mulai menyajikan seri AMD untuk basis pasar komersial dan tidak hanya terbatas pada pilihan Intel saja, termasuk untuk laptop.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Umumkan Pilihan Terbaru Ryzen Pro Series

Comments are closed.