- Gaming Gear, Hardware, Prosesor

AMD Ryzen 5 2600 Review : Mid-Range CPU Tangguh Berikutnya

AMD Ryzen generasi kedua sudah mengudara dengan pilihan yang jauh lebih tajam dan benar-benar mengesankan. Ada 4 pilihan yang sudah tersedia, dan salah satu opsi yang bisa mencapai nilai ideal antara harga dan kinerja bisa jadi pilihan AMD Ryzen 5 2600. Nah, jika anda penasaran dengan apa yang ditawarkan oleh CPU tersebut, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

AMD Ryzen 5 2600 membawa nilai yang solid, atau bisa dikatakan sebagai pilihan yang pas bagi pengguna yang menginginkan sebuah CPU tangguh dengan nilai harga yang tidak terlalu tinggi. Dengan kisaran harga sekitar 2.9 jutaan, pilihan ini siap menghadirkan solusi nyaman berikutnya untuk masa depan yang cerah.

Indeks : 

AMD Ryzen 5 2600 Review : Pandangan Umum

SpesifikasiAMD Ryzen 5 2600
Harga Rp 2.999.000
Socket AM4
Core NamePinnacle Ridge
# of Cores6-Core
# of Threads12
Operating Frequency3.4 GHz
Max Turbo Frequency3.9 GHz
L1 Cache576KB
L2 Cache3MB
L3 Cache16MB
Manufacturing Tech12nm
64-Bit SupportYes
Hyper-Threading SupportYes
Memory TypesDDR4-2933
Memory Channel2
PCI Express Revision3
Max Number of PCI Express Lanes16
Thermal Design Power65W
Cooling DeviceWraith Stealth

AMD Ryzen 5 2600 sebenarnya masih memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan seri pendahulunya, Ryzen 5 1600. Namun, pilihan ini membawa nilai clockspeed yang jauh lebih tinggi dan pilihan teknologi yang jauh lebih mumpuni. Selain itu, produsen tampaknya meralisasikan janji pilihan yang jauh lebih stabil, termasuk dalam hal overclocking dan kompabilitas memori serta arsitektur yang lebih ramping. Hasilnya, Ryzen generasi kedua (termasuk Ryzen 5 2600) jauh lebih tajam dan benar-benar nyaman untuk dilalui pengguna modern hari ini.

Prosesor ini memiliki 6 core dan 12 thread untuk membawa nilai kinerja multithread jauh lebih mengesankan. Pilihan unggulan dari CPU tersebut adalah nilai clockspeed 3.6Ghz sebagai pilihan dasar dan memiliki maksimum boost clock hingga 3.9Ghz. Pilihan CPU ini sepenuhnya terbuka untuk OC, hasilnya, kita bisa dengan mudah menghadirkan kekuatan OC hingga 4.2Ghz tanpa banyak kendala. Bahkan, pilihan OC yang dihadirkan jauh lebih stabil, meskipun untuk membuka sepenuhnya CPU tersebut diatas 4.2, anda mungkin perlu bereksperimen lebih lanjut. Tentunya, pilihan CPU Cooler sangat tidak ideal untuk memulai pilihan clockspeed diatas 4.1 Ghz, sehingga anda perlu mendapatkan CPU Cooler pihak ketiga untuk nuansa yang jauh lebih ideal.

Prosesor ini memiliki total cache 19MB yang terbagi antara L1 cache sebesar 576Kb, L2 Cache sebesar 3MB dan L3 Cache sebesar 16MB. Selain itu, ia juga memiliki nilai proses manufaktur yang jauh lebih ramping, yakni 12nm, sehingga pilihan konsumsi daya bisa jauh lebih ringan, meskipun ia masih memiliki niali TDP yang sama, yakni 65W. Kita bisa mengharapkan solusi yang baik pada proses manufaktur terbaru ini, apalagi produsen juga menjanjikan kinerja yang jauh lebih stabil dan nilai kompabilitas yang jauh lebih ideal, khususnya untuk urusan memori.

Dukungan Teknologi Terbaru

Pilihan terbaru tentu akan membawa nilai yang baru juga dalam teknolgi, meskipun kami melihat tidak ada pilihan yang terlalu banyak. Untuk urusan memori, prosesor ini kini bisa membawa nilai kompabilitas memori yang jauh lebih tinggi, yakni DDR4-2933Mhz. Hasilnya, pengguna yang memiliki memori diatasnya bisa dengan cukup mudah memberikan performa extra, bahkan jauh lebih stabil (termasuk untuk urusan OC memori).

AMD Ryzen 5 2600

Selain itu, AMD juga kini memiliki chipset terbaru untuk mobo, yakni seri 400. Pilihan ini mungkin masih terbatas pada seri X470, namun ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan pada seri tersebut. Salah satunya adalah AMD StoreMI Technology. Dukungan teknologi terbaru ini akan memberikan manfaat besar bagi pengguna dalam menggabungkan kekuatan SSD dan HDD standar, dengan hasil yang jauh lebih baik untuk sistem. Untuk lebih jelasnya, kami akan memberi penjelasan lebih lengkap dalam artikel selanjutnya.

Namun, pengguna masih bisa memanfaatkan mobo lama untuk seri prosesor terbaru ini, meskipun syarat utama adalah mobo yang sudah terupdate. Hanya saja, mobo lama mungkin masih memiliki keterbatasan, meskipun pilihan tersebut masih tetapi menjadi sesuatu yang solid, bahkan jika anda memiliki anggaran terbatas.

Lanjut : Kinerja Produktivitas

 Indeks :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat