Laptop Gaming Preview : MSI GE63 Raider RGB 8RF

MSI GE63 Raider RGB 8RF  – Laptop gaming MSI GE series kini memiliki pilihan terbaru yang jauh solid, GE63 Raider RGB. Pilihan ini siap memberikan kinerja paling tangguh untuk gaming 1080p dan memiliki bentuk desain yang jauh lebih modern, termasuk dalam urusan segi estetika. Ada banyak hal yang ditawarkan oleh laptop ini, apalagi kehadiran prosesor Intel Core i7-8750H 8th Gen akan membuat nuansa jauh lebih ampuh untuk urusan kinerja paling berat sekalipun.

Laptop gaming seri ini memiliki posisi yang ideal sebagai pilihan perangkat kelas menengah, dimana bentuk desain yang jauh lebih mengesankan, bahkan MSI menghadirkan pilihan mewah dalam urusan keyboard dengan hadirnya fitur RGB per-kunci dari SteelSeries. Nah, untuk lebih detail lebih lanjut mengenai laptop gaming tersebut, mari kita ungkap dibawah ini.

Baca juga : MSI GT75 Titan Preview : Laptop Gaming Pertama Dengan Kekuatan Intel Core i9

MSI GE63 Raider RGB 8RF : Pandangan Umum

SpesifikasiMSI GE63 Raider RGB 8RF
ColorRGB A cover Aluminum Black
Operating SystemWindows 10 Home 64-Bit
CPUIntel Core i7-8750H( 6core, Up to 4.1Ghz)
Display15.6" 120 Hz Full HD (1920x1080)
Memory16 GB DDR4
Storage1 TB HDD + 256GB SSD M.2 NVMe
Graphics CardGeForce GTX 1060 6GB GDDR5 192 Bit
Dimensions (W x D x H)15.08" x 10.24" x 1.16"
Weight2.49Kg
WLANIntel 9560 Jefferson Peak (2x2 802.11ac)
BluetoothBluetooth 5.0
Ports USB1 x USB 3.1 Gen 2 Type-C
2 x USB 3.1 Gen 1
1 x USB 3.1 Gen 2
Video Port1 x Mini DisplayPort
1 x HDMI (4K @ 60Hz)
Audio Ports1 x Microphone Jack, 1 x Headphone Jack, 1 x SPDIF (ESS Sabre HiFi)
AudioSpeaker
Virtual Reality ReadyYes
TouchpadMulti Touch
KeyboardSteel Series per-Key RGB with Anti-Ghost key + silver lining
Webcam720p HD Webcam
Card ReaderSD (XC / HC)
Battery6-cell (51 Wh) Li-Ion
HargaRp 24,999,000 (Beli)

Produsen menyatakan bahwa seri laptop gaming ini terinspirasi oleh mobil sport eksotis dan ras master RGB, sehingga Raider Raider GE63 kini seolah memiliki identitas baru. Kita bahkan sudah bisa melihat pilihan mewah dengan kehadiran desain penutup terbaru yang memiliki sistem pencahayaan yang dihadirkan dari Mystic Light dan Gaming Mode optimization. Pilihan ini siap menyajikan nuansan gemerlap dari yang pernah ada.

MSI GE63 Raider RGB 8RF

Laptop gaming itu sendiri membawa dimensi 383 x 260 x 29.5, dan berat sekitar 2.4kg, sehingga pilihan ini tampak cukup besar dan kurang ideal untuk dukungan mobilitas yang fleksibel. Meskipun begitu, pilihan ini tetap membawa nuansa estetika yang menyenangkan, terlebih dari segi bentuk yang menyenangkan, apalagi desain ventilasi udara di bagian belakang tampak seperti mobil sport yang mewah.

Dan ya, seperti apa yang telah kami ungkapkan sebelumnya, nilai keunggulan dari laptop ini adalah kehadiran fitur Full RGB pada pada beberapa bagian chassis, terutama pada cover laptop dan keyboard yang memiliki pencahayaan RGB. Hal terbaiknya adalah kita bisa mengatur kombinasi terbaik untuk urusan penerangan. Itu karena kedua bagian ini dapat dihubungkan atau dikontrol secara terpisah, menciptakan kombinasi yang hampir tak ada habisnya dalam 16,8 juta warna.

Konektivitas

Ada total 4 port USB yang siap menghampiri pengguna dengan 3 pilihan yang berbeda. Pilihan pertama hadir dengan sebuah port USB Type –C (3.1 Gen2) yang siap memberikan pilihan terbaik untuk urusan kinerja hingga 10Gbps, termasuk juga kemudahan untuk berbagai perangkat dalam satu pilihan port. Kemudian hadir pula dua buah port USB 3.1 Gen 1 yang siap menyajikan kinerja hingga 5Gbps , dan terakhir adalah pilihan port USB 3.1 Gen2 yang memiliki pilihan hampir sama dengan Type C, namun memiliki bentuk utuh dan bisa memberikan performa jauh lebih tangguh.

Untuk urusan konektivitas multi-display, MSI menghadirkan 2 buah port utama, yakni port HDMI dan sebuah mini Display port yang siap menyajikan kualitas konten 4K display pada layar extra. Pilihan ini tentu bisa menambah ruang kerja pengguna untuk kemudahan dalam pembuatan konten ataupun berbagai hal lainnya yang akan anda sajikan. Sedangkan pilihan lainnya adalah port LAN RJ45 dan sebuah slot SD Card Reader.

Untuk urusan konektivitas nirkabel, MSI GE63 Raider RGB 8RF hadir dengan pilihan Wi-Fi 802.11 ac  yang siap menyajikan kinerja 1,3 gigabit per detik (Gbps). Ini berarti bahwa ia bisa menghadirkan kinerja 166 megabyte per detik (MBps) atau 1331 megabit per detik (Mbps). Pilihan ini nyatanya jauh lebih cepat daripada kecepatan headline 450Mbit per detik (0.45Gbps) yang bisa ditawarkan seri 802.11n. Dan salah stau pilihan unggulan untuk urusan konektivitas nirkabel pada laptop ini adalah kehadiran Bluetooth v5, yang siap menyajikan pilihan yang paling cepat, jarak yang lebih tinggi dan kinerja Throughput yang jauh lebih baik. Bluetooth 5.0 juga memungkinkan fitur baru yang keren yang memungkinkan kita bisa memutar audio pada dua perangkat yang terhubung secara bersamaan.

Display

MSI GE63 Raider RGB 8RF membawa display dengan ukuran 15.6” yang memiliki maksimum resolusi 1080p(1920×1080), namun produsen juga menyediakan pilihan konfigurasi lain dengan hadirnya layar 4K. Semua pilihan ini siap hadir dengan dukunga panel IPS dan membawa tingkat refresh rate hingga 120Hz (khusus untuk layar 1080p). Sehingga, pilihan ini siap membawa pengalaman gaming jauh lebih berkesan, bahkan kita tidak akan melihat lagi masalah seperti screen stuttering atau keterbatasan lainnya yang biasa hadir pada layar standar.

Pilihan layar juga kini jauh lebih disempurnakan tidak dengan kehadiran MSI True Colour Technology. Hasilnya, layar yang hadir bisa tampilan warna yang luar biasa mendekati 100% sRGB. Versi 2.0 juga menawarkan akurasi dan kompatibilitas yang lebih baik, serta fungsi intuitif yang mudah digunakan. Selain itu, ia juga hadir dengan waktu respon 3ms, sehingga pilihan ini siap mengguncang dunia gaming jauh lebih baik dalam hal reaksi, terutama ideal juga untuk gaming Fps.

Keyboard & Touchpad

Apa yang menjadi salah satu layar utama pada laptop ini adalah kehadiran keyboard yang benar-benar berani dalam hal segi estetika. Pilihan ini siap menyajikan pilihan mewah dengan nuansa pencahayaan full RGB di setiap tombol yang dihadirkan, bahkan bisa menjadi salah satu yang terbaik dalam urusan laptop gaming keyboard.

Laptop ini dengan per-Key RGB customization yang memberi kita kontrol penuh atas pencahayaan keyboard. Kita bisa mengatur setiap kunci dengan aplikasi SteelSeries Engine 3, bahkan bisa melihat  statistik permainan real time melalui keyboard. Namun yang terpenting adalah kenyamanan keyboard yang hadir terhitung sangat baik, terlebih lagi bahwa ia memiliki kunci dengan full fitur, termasuk numpad.

Untuk urusan touchpad, tidak ada nilai mewah didalamnya, hanya saja fitur ini siap menyajikan pengalaman navigasi yang terhitung cukup ideal dengan luas yang memadai. Kita bahkan bisa memberikan gesture hingga sudut paling ujung sekalipun, hanya saja sisi touchpad terlalu berada diarea kiri, sehingga terkadang hal tersebut menjadi sisi nilai minusnya, khususnya bagi saya.

Spesifikasi Internal

Hal terbaik dari apa yang diharapkan semua orang tentu pilihan spesifikasi internal. Untuk itulah, produsen tampaknya sudah membawa impian para gamer dengan kehadiran prosesor Intel Core i7-8750H generasi ke-8 dan memiliki grafis tangguh dari Nvidia Geforce GTX 1060 dengan VRAM 6GB. Selain itu, ada beberapa opsi lain yang siap memberikan keseimbangan ampuh untuk urusan kinerja, diantaranya adalah :

Prosesor

Intel Core i7-8750H menjadi layar utama dalam urusan komputasi, dan ia kini jauh lebih diunggulkan dalam urusan kinerja. Hal terbaik dari seri CPU ini adalah kekuatan baru yang memiliki 6 core dan 12 thread. Pilihan ini siap menyajikan kinerja paling tinggi, dan jauh lebih baik dari seri sebelumnya, terutama untuk kinerja multi-thread. Untuk menyokong kekuatan besar, ia sudah siap menyajikan clockspeed maksimum hingga 4.1Ghz dan memiliki total cache sebesar 9MB.

Spesifikasi Intel Core i7-8750H
# of Cores6
# of Threads12
Processor Base Frequency2.20 GHz
Max Turbo Frequency4.10 GHz
Cache9 MB SmartCache
Bus Speed8 GT/s DMI
TDP45 W
Lithography14 nm++
Memory SupportDDR4-2666
Processor Graphics
Intel® UHD Graphics 630

Nilai TDP mungkin cukup besar, yakni 45W, namun ia siap mneyajikan kekuatan handa, apalagi dukungan memori yang jauh lebih tinggi hingga DDR4-2666Mhz bisa memberikan kinerja yang paling ampuh dan jauh lebih baik. Selain itu juga ia sudah mendukung teknologi terbaru dari Intel seperti Turbo Boost 2.0 dan Intel optane Memory.

Grafis

Nvidia tampaknya masih menjadi pilihan unggulan bagi produsen untuk menempatkannya dengan CPU terbaik. Dan pilihan solid hadir dari seri GTX 1060 dengan VRAM 6GB GDDR5 192bit. PIlihan ini siap menyajikan kinerja paling unggul untuk performa gaming 1080p dengan nilai FPS paling halus, bahkan kita bisa mengaturnya hingga pengaturan paling tinggi tanpa harus mengalami banyak masalah.

Itu karena ia sudah memiliki tenaga CUDA sebesar 1280 dan hadir dengan clockspeed maksimum hingga 1670Mhz. Selain itu, ia hadir dengan Chip GP106 dan diproduksi dalam FinFET 16nm di TSMC, sehingga bisa menawarkan berbagai fitur baru, seperti DisplayPort 1.4 (siap), HDMI 2.0b, HDR, Simultaneous Multi-Projection (SMP), dan peningkatan de-encoding video H.265 (PlayReady) 3.0).

Ram & Storage

MSI GE63 Raider RGB 8RF membawa pilihan RAM sebesar 16GB (2×8) DDR4-2666Mhz, dimana pilihan ini siap menyajikan kinerja terbaik dan membawa masa depan yang cerah untuk tahun-tahun berikutnya. Ada dua slot yang hadir pada kompartemen RAM, namun kita bisa mengupgrade kekuatan RAM hingga maksimum 32GB.

Sedangkan untuk urusan storage, produsen menyediakan pilihan yang cukup mewah dengan kehadiran SSD M.2 dengan fitur NVMe yang sangat cepat. Pilihan standar hadir dengan kapasitas 256GB, namun ia siap menyajikan kinerja sistem paling cepat dan transfer data yang jauh lebih baik. Selain itu, produsen juga sudah menyediakan slot tambahan untuk SSD, yakni 1x M.2 SSD slot (NVMe PCIe Gen3) dan 1x M.2 SSD Combo (NVMe PCIe Gen3 / SATA).

Sedangkan untuk HDD standar, kehadiran harddisk dengan kapasitas 1TB siap menyajikan ruang yang sangat besar, terutama bagi mereka yang banyak memiliki file mentah atau game. Pilihan ini mungkin masih terkesan tradisional, namun ini bisa menjadi kombinasi ampuh dalam mewujudkan sistem yang ideal, antara kinerja dan kapasitas.

Audio & Baterai

Dan ya, pilihan audio merupakan hal terbaik lainnya pada laptop gaming ini, apalagi MSI mengklaim bahwa kehadiran 2 buah pilihan speaker akan memberikan fitur audio terbaik, dengan sistem suara Dynaudio kelas dunia. Desain modul audio eksklusif dan ruang resonansi independen ini dirancang untuk memberikan sensasi pendengaran top-notch. Hasilnya, kehadiran Oversize 2 speaker + 2 woofer bisa menciptakan suara yang realistis, memuaskan, dan efek imersif.  Bahkan, laptop  MSI GE63 dengan ESS Saber HiFi DAC saat ini merupakan yang pertama di dunia yang siap menyiarkan Audio Hi-Res dengan kualitas tertinggi.

Sedangkan untuk urusan baterai, MSI menyajikan pilihan baterai 6-Cell , 51 Whr dimana pilihan ini bisa menyajikan kekuatan antara 1,5 hingga 3 jam saat bermain game, meskipun dapat bervariasi dalam hal pengaturan seperti kecerahan layar, pengaturan daya baterai (berjalan pada penggunaan rendah atau efisiensi maksimum) dan sebagainya. Pilihan ini mungkin yang terbaik, namun apa yang bisa ditawarkan produsen berlaku cukup efektif, terutama jika kita melihat kembali detail spesifikasi yang cukup berat, termasuk nuansa aura RGB.

Kesimpulan

MSI GE63 Raider RGB 8RF layak menjadi salah satu kandidat laptop gaming modern hari ini dalam urusan nilai estetika dan kinerja tangguh yang bisa ditawarkannya. Meskipun ia hadir dengan bentuk yang masih terhitung besar, ia bisa membawa nuansa yang jauh lebih mewah dengan beberapa fitur unggulan, terutama pada pilihan pencahayaan RGB pada beberapa bagian.

Harga yang ditawarkan pun terhitung cukup pas, dimana dengan nilai sekitar 24 jutaan, pengguna sudah mendapakan pilihan spesifikasi solid antara kekuatan prosesor Intel Core i7-8750H yang mengesankan, pilihan grafis Nvidia GTX 1060 yang siap menyajikan kekuatan gaming tertinggi pada 1080p, dan pilihan aura RGB baik dalam cover penutup maupun keyboard.

Pilihan ini mungkin tidak terlalu ideal dalam urusan mobilitas, terutama saat kita melihat kembali ukuran dimensi dan ketebalannya. Namun, ia bisa menjadi mesin yang ampuh dan solusi paling jitu untuk laptop gaming kelas menengah dan bisa memberikan pilihan terbaik untuk urusan pencahayaan RGB. Sehingga, MSI GE63 Raider RGB 8RF layak sebagai pilihan rekomendasi dari kami, apalagi jika anda sedang mencari laptop gaming modern terbaru yang memberi nuansa super mewah.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts

2 thoughts on “Laptop Gaming Preview : MSI GE63 Raider RGB 8RF

Comments are closed.