Begini Cara Mudah Menghitung Biaya Bulanan Konsumsi Listrik Perangkat PC

Begini Cara Mudah Menghitung Biaya Bulanan Konsumsi Listrik Perangkat PC

Menghitung Biaya Bulanan Konsumsi Listrik – Pusing menghitung anggaran kelistrikan untuk perangkat PC anda? Ada cara mudah untuk menghitungnya, sehingga kita bisa mengetahui jumlah hitungan yang tepat tentang biaya bulanan listrik dari PC. Contohnya, katakanlah anda memiliki sebuah rig gaming yang besar, dan anda khawatir mengenai konsumsi listrik yang akan memakan anggaran besar keuanggan anda. Dibawah ini akan kami tunjukan bagaimana cara menghitung konsumsi listrik beserta kisaran biayanya.

Idealnya, sebuah PC biasanya tidak akan menghasilkan nilai konsumsi listrik yang besar, jika anda memakainya sesuai dengan kebutuhan anda. Contohnya, sebuah PC dalam keadaan idle, mungkin ia tidak akan mengkonsumsi sebesar saat anda menggunakannya untuk bermain game, melakukan tugas berat dan sebagainya. Nah, jika anda masih pusing dengan semua hal tersebut, mari kita lihat bagaimana cara untuk menghitung biaya listrik bulanan yang dihasilkan perangkat PC anda, apalagi jika anda berencana untuk melakukan proses mining.

Baca juga : Cara Mudah Untuk Mereset iPhone & iPad

Cara menghitung Biaya Bulanan Konsumsi listrik perangkat PC

1. Pertama, Gunakan alat Cooler Master Power Supply Calculator 

Link : (http://www.coolermaster.com/power-supply-calculator/)

Sebenarnya, anda juga bisa juga menggunakan alat lain dari beberapa situs yang hampir sama persis, karena alat ini disediakan oleh Outer Vision. Disini, kita setidaknya akan mengetahui total kapasitas watt yang bisa dikonsumsi setiap perangkat yang hadir pada PC anda, entah anda memakainya dalam waktu 8 jam atau bahkan 24 jam lebih. Cara untuk mengetahuinya adalah :

Pertama, ketika anda pergi kesitus tersebut, anda akan melihat beberapa pilihan dari tipe perangkat mulai dari Motherboard, CPU hingga pilihan HDD. Idealnya, anda perlu mengisi semua pilihan perangkat untuk mengetahui secara pasti jumlah kapasitas watt yang dihasilkan termasuk juga total pemakaian anda dengan PC.  Disini saya memakai rig sederhana saya yang terbaru, dengan tingkat clockspeed CPU AMD Ryzen 1600 default, kemudian memiliki pilihan 1 buah memori modul 8GB DDR4, serta memakai GPU Nvidia GTX 1060 dengan pilihan default untuk tingkat clockspeed.

Setelah itu, anda juga perlu memasukan tipe HDD dan jumlahnya (kalau ada), sehingga kita bisa mengetahui secara pasti total konsumsi daya yang dihasilkan PC. Pilihan saya hanya sebuah HDD tradisional dengan tingkat RPM 7200, jadi jika anda sama dengan saya, pilihlah dibagian storage SATA 7.2K RPM. Pilihan lainnya juga perlu anda masukan jika anda memilikinya, seperti Optical Drive dan sebagainya.

Selanjutnya, Apakah anda juga memakai slot PCI untuk perangkat lainnya, seperti LAN, Soundcard, atau TV tuner PCI, jika tidak biarkan pilihan tersebut kosong. Hadir pula opsi Bitcoin modules, maksudnya adalah pilihan untuk beberrapa perangkat mining, jika anda tidak memilikinya atau tidak tahu secara pasti, biarkan pilihan tersebut kosong.

Lanjut pada other device, jika anda memiliki perangkat extra untuk USB, Fire Wire atau Fan controller, isi sesuai dengan jenis perangkat anda, jika tidak, biarkan juga tetap kosong. Kemudian pilihan Keyboard dan mouse, jika anda memiliki perangkat yang standar, pilih tipe tersebut, jika bentuknya gaming, hal tersebut juga bisa mempengaruhi konsumsi listrik. Termasuk juga untuk opsi Fan yang hadir dalam casing anda, apakah anda memiliki memilikinya lebih dari 1, sebaiknya masukan pilihan tersebut termasuk juga ukurannya. Hal yang sama juga berlaku untuk pendingin CPU, karena pilihan ini juga bisa berpengaruh pada konsumsi listrik perhari (sayangnya, hanya pilihan Cooler master yang tersedia).

Terakhir dan yange terpenting adalah CPU Utilization, maksudnya adalah berapa lama anda secara efektif menggunakan PC, misalnya dalam waktu 3 jam sehari, 8 jam seharai atau bahkan 24 jam sehari. Hitungan saat komputer sedang idle tidak termasuk, lebih kearah penggunaan berat CPU anda. Contohnya, katakanlah PC anda digunakan untuk proses mining selama 24 jam penuh, berarti penggunaan CPU anda secara efektif tentu saja 24 jam.

Jika sudah selesai, anda tinggal menekan tombol Calculate dan lihat hasilnya. Disini, anda akan melihat nilai total kapasitas watt yang dihasilkan oleh PC anda, punya saya menghasilkan 251W. Nah, untuk melihat kisaran biaya bulanan anda, hal tersebut akan menjadikan patokan langkah selanjutnya untuk menghitung total biaya kelistrikan PC baik dalam sehari maupun sebulan.

Menghitung Biaya Bulanan Konsumsi Listrik

2. Kemudian, hitung hasil dari nilai konsumsi Watt PSU Calculator Dengan rumus berikut

Nah, rumus untuk menghitung total biaya untuk kelistrikan PC anda dalam pemakaian selama sebulan penuh, anda bisa melakukan rumus dibawah ini, yakni :

  • Jumlah Total Kapasitas Watt PC anda X Waktu Pemakaian Secara Efektif = Total watt per hari
  • Hasil Total Watt per hari / 1000 = kWh per hari
  • kWh per hari x 30 hari = kWh per bulan
  • kWh per bulan x Harga per kWh = Total Biaya per bulan

Jadi, setelah melihat rumus tadi, anda bisa melakukan langkahnya dengan contoh yang saya lakukan dengan hasil dari apa yang dilakukan melalui PSU Calculator tadi, yakni  :

  • 251W x 8 Jam( waktu efektif pemakaian PC sehari-hari) = 2.008 Kwh per hari
  • 2.008 Kwh per hari / 1000 = 2.0 kWH Per hari
  • 2.0 kWH Per hari x 30 hari = 60 kWH per bulan
  • 60 kWH per bulan x 1.467 (tarif listrik per tahun 2018)= Rp 88.372.08

Jadi, biaya bulanan kelistrikan perangkat PC saya sekitar 88 ribu perbulan. Nah, bagaimana dengan anda? Yang pasti, semoga semua hal yang saya hadirkan bisa bemanfaat untuk anda.

 Baca Juga :




Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com