PC Challenge : Membangun Rig Gaming PC 4 Jutaan Dengan Performa Terbaik

PC Challenge : Membangun Rig Gaming PC 4 Jutaan Dengan Performa Terbaik

Ketika sebuah rig gaming bisa mencapai harga belasan hingga puluhan juta dengan komponen terbaiknya hadir dalam rig ini, kadangkala kita tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membangun rig yang layak “hanya” untuk beberapa permainan kasual yang tidak terlalu menuntut. Permainan seperti E-sport atau lainnya bahkan bisa anda mainkan dengan Rig Gaming PC 4 Jutaan saja. Penasaran apa saja komponen tersebut? mari kita cari lebih dalam dibawah ini.

Hadirnya GPU diskrit memang sangat baik untuk bisa memainkan setiap tingkat FPS yang nyaman pada pengaturan tertinggi dari sebuah game. Tapi, produsen tahu bahwa tidak semua konsumen memiliki anggaran tinggi, karena ada juga konsumen yang tidak memiliki “cukup” anggaran untuk memiliki kartu grafis diskrit, sehingga mereka juga menghadirkan GPU yang terintegrasi.  Maka dari itu, hadirlah GPU bawaan prosesor yang hari ini justru semakin baik untuk segala permainan kasual atau pekerjaan multimedia yang fleksibel. Sederhananya, anda membeli dua komponen dalam satu paket tanpa harus membelinya secara terpisah.

Nah, menyambung bahasan kita sebelumnya dalam membangun Rig dengan anggaran terbatas, dan itu juga berkat kehadiran GPU yang terintegrasi dalam prosesor dengan performa yang terhitung cukup baik untuk bisa memenuhi syarat minimal sebuah game. Katakanlah anda memiliki budget 4 jutaan, maka anda sebenarnya bisa mewujudkan rakitan komputer yang cukup layak untuk kebutuhan gaming hari ini, apalagi jika anda mengaturnya pada resolusi dibawah 1080p. Jadi, mari kita mulai apasaja pilihan rig dengan anggaran terbatas ini.

Ini dia pilihan Rig Gaming PC 4 Jutaan

SpesifikasiMerkHarga
ProsesorAthlon 200GE (Base Clock 3.2GHz )Rp 825.000Beli
MotherboardASRock A320M-HDVRP 754.000Beli
RAMCorsair Vengeance LPX DDR4 2x4GB 2666 MHz RP 1.348.000Beli
StorageSeagate 1TB SATARP 675.000Beli
PSUGAMEMAX 450W 80+ BronzeRP 465.000Beli
CasingINFINITY RANGERRP 360.000Beli
Total AnggaranRP 4.427.000

1. Prosesor

Kuncinya ada pada pilihan prosesor, karena prosesor yang baik untuk RIG Gaming 4 Jutaan tentu juga anda harus melihat spesifikasi GPU bawaan prosesor. Anda tentu tidak akan melirik pilihan prosesor murni tanpa bawaan GPU, karena kita hanya memiliki anggaran untuk bisa membeli dua komponen dalam satu paket, yakni prosesor yang ideal dan tentu saja GPU yang layak.

Dari sekian banyak prosesor yang hadir, tampaknya pilihan terbaik jatuh pada prosesor AMD Athlon 200GE. Prosesor terbaru ini sekarang mendukung soket AM4 terbaru, sehingga anda akan mendapatkan teknologi mobo terbaik pada prosesor ini dan tentu saja kamu bisa mengupgrade CPU kapan saja dengan waktu yang cukup lama, karena AMD menjanjikan pilihan mobo yang sama hingga tahun 2020 mendatang untuk CPU generasi selanjutnya. Selain itu, prosesor ini masih sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gaming anda, apalagi biaya prosesor ini sangat ramah anggaran dengan jatuh pada kisaran 800-1 jutaan. Anda tentu akan memiliki dua buah komponen didalamnya dan terhitung sangat baik untuk memulai membangun rig anda.

 Athlon 200GE merupakan CPU dual core prosesor dengan clockspeed 3.2 Ghz . Prosesor ini sudah mendukung memori DDR4 hingga 2666 Mhz dengan TDP hanya 35W. Selain itu, prosesor ini juga memiliki GPU integrasi Radeon RX Vega 3 dengan dukungan DX12 dan clockspeed GPU hingga 1000 Mhz. Ini tentu merupakan berita yang sangat baik bagi pembangun anggaran, apalagi kinerja GPU ini cukup layak untuk berbagai gaming kasual pada resolusi 720p dengan pengaturan medium hingga High.

2. Motherboard

Dan prosesor ini tentu saja akan membutuhkan motherboard AM4 terbaru. Pilihan yang ideal untuk CPU Rig Gaming PC 4 Jutaan adalah ASRock A320M-HDV. Motherboard ini memiliki anggaran sangat terjangkau, apalagi semua fitur yang dihadirkan termasuk dukungan dual slot memori hingga DDR4 3200.

Ini tentu bisa menjadi modal utama anda jika suatu saat anda akan mengupgrade CPU. Selain itu, pilihan konektivitas jelas merupakan hal yang sangat baik pada motherboard AM4 ini, termasuk juga kehadiran port VGA, HDMI , USB 3.1 Gen 1 dan lain-lain.  Untuk spesifikasi lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi situs resminya disini.

3.RAM

Pilihan ram jelas tentu harus cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan gaming anda, dan GPU integrasi juga tergantung pada jumlah RAM yang tersedia. Semakin besar anda memiliki kapasitas RAM, maka semakin besar pula GPU bisa mengambil RAM pada sistem anda untuk kinerja terbaik. Dan idealnya, memori Corsair Vengeance LPX DDR4 2x4GB 2666 MHz bisa memenuhi kebutuhan anda. Perlu diperhatikan bahwa harga RAM akhir-akhir ini cukup tinggi, anda bisa mempertimbangkan merk lainnya yang lebih murah, namun tetap merk Corsair sudah terbukti kualitasnya.

4. Storage

Dan karena pilihan anggaran sangat terbatas, maka penyimpanan yang akan anda miliki juga sebenarnya cukup terbatas, namun masih layak untuk dipertimbangkan. Pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah kapasitas penyimpanan antara 320 GB hingga 500 GB. Jika anda memiliki anggaran lebih, anda bisa pergi ke kapasitas penyimpanan 1 Terabyte dengan kisaran harga 800 ribuan.

5. Power Supply

Sedangkan untuk urusan kelistrikan, dan karena pilihan teratas tidak memerlukan daya konsumsi listrik yang tinggi, maka PSU merk Thermaltake TR2 S dengan kisaran 450Watt akan baik-baik saja, apalagi ia sudah memiliki rating 80+ yang akan menghemat sisi kelistrikan anda dengan komponen yang solid. Untuk spesifikasi lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi situs resminya disini.

6. Casing

Dan yang terakhir untuk Rig Gaming PC 4 Jutaan adalah casing. Pilihan ini tentu saja harus disesuaikan dengan anggaran anda, namun juga tidak menghilangkan sisi estetika yang nantinya akan dipamerkan kepada teman-teman anda. Salah satu yang baik antara anggaran, kualitas dan tentu saja estetika adalah INFINITY RANGER. Casing mid tower ini cukup besar dengan banyak fitur didalamnya. Apalagi ia juga mendukung kipas pendingin hingga 4 buah. Dan untuk mendukung fitur konektivitas yang lebih baik, ia sudah memiliki front panel USB 3.0 yang memiliki banyak manfaat. Untuk spesifikasi lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi situs resminya disini.

Nah, itu dia komponen inti untuk membangun Rig Gaming PC 4 Jutaan . Jika anda ragu dengan salah satu pilihan diatas, anda tentu saja memiliki kebebasan untuk menggantinya dengan komponen lainnya. Dan perlu diingat bahwa semua komponen diatas hanya komponen inti saja, tidak termasuk asesories PC seperti keyboard, mouse dan lain-lain. 

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “PC Challenge : Membangun Rig Gaming PC 4 Jutaan Dengan Performa Terbaik

Comments are closed.