Lenovo Thinkpad : Sekilas Sejarah & Hal Terbaik Dari Laptop Premium Ini

Jika anda membutuhkan sebuah laptop premium yang handal untuk semua urusan pekerjaan anda, salah satu yang terbaik dari dulu hingga saat ini adalah kehadiran dari Lenovo Thinkpad. Ya, jajaran laptop yang cukup melegenda dari Lenovo ini benar-benar bisa memberikan pilihan yang terbaik untuk memulai dengan beberapa fitur uniknya. Namun, kadangkala kita suka bertanya, apasih yang terbaik dari seri Thinkpad tersebut? mari kita ungkap lebih detail mengenai hal ini.

ThinkPads sangat populer untuk kalangan bisnis. Model lama bahkan dipuja oleh penggemar teknologi, kolektor karena memiliki desain yang tahan lama, nilai jual kembali relatif tinggi, dan kelimpahan suku cadang pengganti aftermarket yang cukup banyak. ThinkPads mungkin hanya memiliki sedikit pengikut dan fanbase kecil, tapi mereka benar-benar setia. Bahkan, Laptop ThinkPad telah digunakan di luar angkasa, dan pada tahun 2003, ini menjadi satu-satunya laptop yang disertifikasi untuk digunakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Baca juga : Lenovo Legion Y520-KKiD : Laptop Gaming Keren Dengan Performa Tangguh

Lenovo Thinkpad Series : Sekilas Sejarah

Sebagaimana kita tahu bahwa ThinkPad merupakan barisan jajaran komputer dan laptop yang dikembangkan oleh Lenovo. Hanya saja, pada awalnya seri ini dirancang, dikembangkan, dan dijual oleh IBM sampai Lenovo mengakuisisi divisi dan merek ini pada tahun 2005 lalu. Salah satu pengembang dan menjadi tokoh penting kehadiran Thinkpad ini adalah Arimasa Naitoh, yang hingga sekarang dijuluki sebagai “ayah” ThinkPad. ThinkPads pertama dirilis pada bulan Oktober 1992 dan ini menjadi sukses besar bagi IBM dalam dekade ini karena dianggap inovatif.

ThinkPads dikenal dengan desain minimalis, hitam dan oranye yang awalnya dikenalkan pada tahun 1990 oleh perancang industri Richard Sapper berdasarkan konsep tradisional. Ide sederhan dibalik pembuatan Thinkpad adalah sebuah kotak makan Bento dari Jepang, dimana ia mengungkapkan sifatnya hanya setelah dibuka. Jadi intinya, bentuk ThinkPad tampak sederhana dari luar yang hanya sebuah kotak hitam besar, namun akan menawarkan ‘kejutan’ saat dibuka.

Sedangkan untuk pengambilan nama “ThinkPad” saat itu dikenalkan oleh salah satu karyawan IBM bernama Denny Wainwright, yang melihat adanya sebuah catatan kecil “THINK” di sakunya.  THINK nyatanya menjadi salah satu slogan besar dari perusahaan IBM. Pada awalnya, nama itu ditentang oleh komite penamaan perusahaan IBM karena nama untuk komputer IBM semua ada pada saat itu. Namun kemudian, kata “ThinkPad” dipelihara karena dipuji oleh wartawan dan masyarakat secara umum, bahkan seolah menggambarkan apa yang terbaik untuk seri laptop ini.

Jadi, apa yang terbaik dari Lenovo Thinkpad ini?

Barisan laptop Lenovo ThinkPads dari dulu hingga kini telah dipuji secara luas karena kualitas keyboard superior mereka, khususnya untuk produk laptop. ThinkPad telah populer sejak awal karena  memperkenalkan fitur inovatif, seperti pointing stick dan keyboard “Butterfly” .  Seri ini juga yang pertama menggunakan fitur tersebut untuk pergerakan kursor, dan beberapa model pertama memiliki lampu kunci built-in. Pada tahun 1995, keyboard “Butterfly” yang terkenal handal bahkan memenangkan penghargaan karena desainnya yang unik.

Lenovo Thinkpad

Secara tradisional jajaran laptop ini memiliki warna dasar hitam, dimana mereka biasanya memiliki telah materi magnesium, serat karbon dan plastik atau titanium komposit untuk casing. Selain itu, ThinkPad telah memperkenalkan banyak inovasi, termasuk perangkat pengarah TrackPoint, ThinkLight, lampu keyboard LED di bagian atas layar LCD, Active Protection System, sebuah sensor accelerometer yang mendeteksi kapan ThinkPad jatuh dan mematikan drive hard disk untuk mencegah kerusakan. Selain itu, ia juga memiliki bentuk desain roll cage untuk meminimalkan fleksibilitas motherboard, engsel stainless steel, pembaca sidik jari biometrik, Client Security Solution, yang meningkatkan keamanan menggunakan Modul Platform Trusted Platform Module (TPM) dan lubang pembuangan untuk membantu mengurangi kerusakan pada keyboard serta komponen dari tumpahan yang tidak disengaja.

Kesimpulan

Nah, itu dia sekilas cerita dibalik suksesnya Lenovo Thinkpad sebagai salah satu laptop yang cukup populer untuk kalangan bisnis maupun pengguna yang benar-benar menginginkan hal yang terbaik dan handal. Bahkan, seri Thinkpad ini menjadi salah satu legenda dari barisan laptop terbaik yang pernah ada sejak dulu hingga sekarang. Semoga bermanfaat, apalagi jika anda sedang mencari pilihan laptop premium  terbaik untuk urusan bisnis.

 Baca Juga :




Comments