Bagaimana Sih Cara Kerja Mesin Pencari Itu? Begini Penjelasannya

Kita tahu bahwa hari ini jika anda sedang mencari sesuatu, salah satu jalan terbaiknya adalah googling saja. Kadangkala dalam benak pikiran kita suka bertanya, bagaimana sih cara kerja mesin pencari seperti Google ini, apakah ia hanya meraba dalam pencarian situs web tertentu lalu mengeluarkan hasil terbaiknya? ataukah ada jawaban yang lebih detail mengenai hal tersebut? jadi, mari kita ungkap sekilas mengenai cara kerja mesin pencari seperti Google atau Bing.

Dunia maya merupakan tempat yang sangat besar. Jika kita mengetahui alamat web, atau URL, situs tertentu, kita dapat mencarinya langsung dengan mengetikkannya ke bilah alamat di bagian atas browser. Tapi bagaimana jika kita tidak tahu URLnya? atau bagaimana jika kita hanya menginginkan jawaban yang jauh lebih banyak, tidak hanya sebuah situs saja? Tentu saja, hal yang terbaik dari ini adalah kehadiran mesin pencari yang jauh lebih modern, seperti Google ataupun Bing. Dengan adanya ini, ia akan mencari indeks world wide web untuk kata kunci dan menampilkan hasilnya secara berurutan.

Baca juga : 8 Langkah Mudah Tingkatkan Kecepatan Internet Pada Windows

Jadi, Bagaimana mesin pencari membuat indeks

Untuk menemukan apa yang anda cari, mesin pencari akan memindai indeks halaman dari banyak web untuk konten yang terkait dengan pencarian anda. Mesin pencari membuat indeks ini menggunakan program yang disebut ‘web crawler’. Ini secara otomatis melihat-lihat web dan menyimpan informasi tentang halaman yang dilihatnya. Artinya, web crawler secara otomatis menelusuri web dan menyimpan informasi tentang halaman yang mereka kunjungi.

cara kerja mesin pencari

Setiap kali web crawler mengunjungi laman web, ia membuat salinannya dan menambahkan URL-nya ke indeks. Setelah ini selesai, perayap web mengikuti semua tautan di halaman, mengulangi proses penyalinan, pengindeksan dan kemudian mengikuti tautan. Ia akan terus melakukan ini, membangun indeks besar dari banyak halaman web saat berjalan. Informasi yang dijelajahi web crawler kemudian digunakan oleh search engine. Sehingga, inilah yang menjadi indeks mesin pencari. Karena setiap halaman web yang direkomendasikan oleh mesin pencari telah dikunjungi oleh web crawler. Kadangkala beberapa situs web menghentikan crawler  web untuk mengunjungi mereka. Dampaknya, halaman ini akan ditinggalkan dari indeks, bersama dengan halaman yang tidak ada linknya.

Bagaimana hasil pencarian search engine?

Sebuah halaman hasil mesin pencari dengan bintang menunjukkan posisi masing-masing link. Mesin pencari menyortir hasil untuk menunjukkan mana yang menurut mereka paling berguna, sehingga mereka mengurutkan halaman mana yang terbaik (walaupun terkadang juga tidak benar). Sehingga, Mesin pencari menggunakan algoritma untuk mengurutkan hasil dan mencoba menempatkan link yang paling berguna bagi anda di bagian atas halaman.

Biasanya, mereka juga melihat dari PageRank. Ini adalah algoritma yang paling dikenal dan digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian web. Secara sederhana, PageRank adalah kontes popularitas. Semakin banyak link yang mengarah ke halaman web, maka semakin populer web tersebut. Ini berarti konten yang terkait akan nampak jauh lebih tinggi hasilnya. Laman web yang memiliki urutan pertama dari hasil pencarian biasanya menurut PageRank adalah yang terbaik.

Mesin pencari juga memperhatikan banyak ‘sinyal’ lainnya saat mengerjakan perintah untuk menunjukkan hasil yang tepat kepada Anda. Misalnya seberapa sering halaman diperbarui dan jikjuga biasanya juga dilihat dari domain yang dapat dipercaya. Ada banyak mesin pencari yang bisa dipilih. Mesin pencari yang berbeda juga menggunakan algoritma yang berbeda. Ini berarti beberapa situs akan memberikan hasil mereka dalam urutan yang berbeda pula, atau mungkin juga menampilkan hasil yang sama sekali berbeda.

Kesimpulan

Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai cara kerja mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan sebagainya. Beberapa hal mungkin tidak sempat kami jelaskan secara detail, namun intinya sudah terkait dengan inti pokok dari pemikiran tentang cara kerja mesin pencari web. Jadi, semoga bermanfaat dan jangan lupa like & follow akun media sosial kami dibawah ini.

 Baca Juga :




Comments