Home ยป Penjelasan Sederhana Mengenai Perbedaan Format JPG, PNG dan GIF
perbedaan JPG dan PNG

Penjelasan Sederhana Mengenai Perbedaan Format JPG, PNG dan GIF

Ada sekelompok jenis file gambar yang berbeda yang mungkin biasa anda pakai dan gunakan. Namun, kadang kala ketika kita ingin mengetahui mana yang tepat untuk kita gunakan yang sesuai dengan pilihan mungkin tidak menjadi hal yang paling sederhana. File  JPG (atau JPEG), PNG, dan GIF file cenderung menjadi yang paling sering dipakai dan masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan.

Meskipun sebagian besar browser memiliki kesulitan menampilkan salah satu dari tiga jenis gambar ini, beberapa dari ini lebih cocok untuk penggunaan tertentu daripada yang lain. Sebagai contoh, Gambar berbentuk JPG paling sering digunakan untuk menampilkan foto-foto realistis yang terlihat baik-baik saja dan bisa tetap menjaga ukuran file yang rendah, sedangkan file GIF adalah format secara luas yang didukung untuk gambar animasi. Lalu ada PNG, yang memiliki kemampuan untuk menjaga kualitas penuh di hampir semua kasus.




Anda dapat menyimpan gambar dalam PNG, JPEG, GIF, dan selusin format file lain, tapi manakan yang menawarkan kualitas gambar yang lebih baik? Berikut dibawah ini adalah paparan yang lebih jelas mengenai hal tersebut :

  • Format GIF terbatas pada 256 warna dan merupakan format file kompresi lossless. GIF biasanya menjadi pilihan umum untuk digunakan di Web. GIF adalah pilihan yang baik untuk menyimpan baik itu gambar garis, teks, dan grafis ikon pada ukuran file yang kecil.
  • Format PNG adalah format file kompresi lossless, yang membuatnya menjadi pilihan umum untuk digunakan di Web. PNG adalah pilihan yang baik untuk menyimpan gambar garis, teks, dan grafis ikon pada ukuran file yang kecil.
  • Format JPG adalah format file lossy terkompresi. Hal ini membuat berguna untuk menyimpan foto pada ukuran lebih kecil dari BMP. JPG adalah pilihan umum untuk digunakan di Web karena dikompresi.

Kompresi

Untuk memastikan bahwa gambar yang dikelola ketika digunakan dengan sebagian besar aplikasi, mereka harus dikompresi, untuk mengurangi ukuran foto. Berikut perbedaan antara kompresi antara file GIF, JPG, dan PNG.

JPG : Kompresi JPG besar jika anda hanya mencoba untuk mengirim seseorang gambar melalui telepon atau email, dua situasi tersebut di mana mungkin bisa menjadi kendala bagi anda. Meskipun sebagian besar JPG terlihat baik-baik saja dari jarak kompresi normal, namun biasanya anda akan kehilangan kualitas setiap kali pengguna memperbesar gambar JPG. Efek dari kompresi JPG yang sangat besar akan menunjukkan penurunan kualitas pada gambar tersebut.

perbedaan JPG dan PNG
Format JPG


GIF: Tidak seperti PNG dan JPG file, GIF memaksa semua warna dari suatu gambar menjadi palet 256-warna untuk mengurangi ukuran gambar. Namun, keterbatasan warna ini sering menyebabkan masalah warna yang nyata, ini biasanya muncul sebagai bintik-bintik putih atau bercak warna, di mana gambar harus lebih kompleks.

PNG: PNG adalah format lossless, yang berarti bahwa kompresi tidak mempengaruhi kualitas gambar. Tidak seperti JPG, yang membuat artefak dan gambar blur pada titik tertentu, file PNG bisa setajam gambar asli. Sayangnya, file PNG juga cenderung sedikit lebih besar dari file JPG, terutama ketika mereka memiliki resolusi tinggi. Ini bisa membuat mereka sulit untuk berbagi ke Web, atau antara teman-teman dan keluarga.

Transparansi

GIF: GIF menetapkan salah satu dari 256 warna untuk bisa menjadi transparan. Namun, ini tidak datang dengan beberapa keterbatasan. Menambahkan transparansi menghilangkan warna dari palet yang sudah terbatas.

PNG: PNG merupakan pilihan terbaik untuk transparansi. PNGs menciptakan transparansi dari dua cara. Salah satu metode ini menggunakan pendekatan yang sama yang digunakan oleh GIF, dengan warna tunggal didefinisikan sebagai transparan, dan yang lainnya adalah untuk mengatur alpha channel.

perbedaan JPG dan PNG

Salah satu keuntungan dari PNG transparansi satu warna adalah bahwa hal itu tidak menghapus warna dari palet yang tersedia. Namun, pilihan alpha channel merupakan metode yang jauh lebih halus, karena jauh lebih baik untuk pencampuran warna, dan memungkinkan Anda untuk memilih berbagai tingkat transparansi di daerah tertentu.

JPG: Sayangnya JPG tidak mendukung transparansi. File JPG memiliki palet warna terbatas, tetapi mereka berbaur piksel secara bersama-sama untuk mengurangi ukuran gambar.

Kesimpulan

Baik itu file JPG, PNG, dan GIF, mereka semua memiliki manfaat dan keterbatasan, dan itu ini menjadi sangat penting bagi anda untuk mengetahui kapan harus menggunakan dari setiap jenis file ini. Sebagai aturan umum, Anda mungkin ingin menggunakan GIF setiap kali memiliki gambar animasi. Di luar itu, kompresi JPG cenderung membuat ukuran file lebih kecil dengan penurunan kualitas gambar. Namun, PNGs lebih baik untuk menangkap gambar seutuhnya dan namun memiliki ukuran yang lebih besar dibanding JPG. Pada akhirnya, pertimbangan situasional harus bisa dilihat saat memutuskan jenis file yang ingin anda gunakan.



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait