SSD NVMe Setup : Hal Yang Perlu Anda Ketahui

SSD NVMe merupakan salah satu pilihan SSD tercepat yang bisa anda dapatkan hari ini. Namun bukan berarti anda bisa membeli begitu saja, karena ada persyaratan umum agar anda bisa memakainya sesuai dengan apa yang bisa ditawarkan oleh tipe SSD tersebut. Dibawah ini kami jelaskan sedikit ulasan apa yang perlu anda ketahui mengenai SSD NVMe dan kapan waktu yang ideal untuk membelinya.

Standard SATA SSD hari ini sudah mampu melampaui waktu boot dan waktu loading yang sangat cepat untuk  PC dan notebook, bahkan ia kini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pilihan terdahulu. Ketika pilihan tipe SSD NVMe mulai hadir, ia bisa memberikan opsi yang jauh lebih baik lagi dalam hal bentuk yang lebih fleksibel, dan tentu saja memiliki kinerja yang sangat cepat jika dibandingkan dengan tipe SSD standar. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai SSD NVMe, dan itu berlaku juga bagi mereka yang menginginkan nilai potensial pada tipe hard drive ini.

Baca juga : 3 Faktor Utama Yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli SSD

SSD NVMe Setup : Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Pada umumnya, bentuk standar dari SSD NVMe biasanya hadir atau pilihan penggunaan paling banyak dari drive NVMe, biasanya hadir dalam bentuk faktor M.2 seperti Samsung 960 Pro atau drive PCIe. Nah, memilih pilihan drive ini biasanya jauh lebih ideal bagi mereka yang rutin mentransfer data, terutama dalam jumlah besar. Jika anda jarang melakukannya, drive NVMe tidak sebanding dengan harga premium.

Selain itu, hal terbesar yang harus diwaspadai adalah teknologi yang digunakan untuk menghubungkan SSD ke PC Anda, yakni :

  • SATA: Ini mengacu pada tipe koneksi dan protokol transfer, yang digunakan untuk menghubungkan sebagian besar hard drive 2,5 inci dan 3,5 inci dan SSD ke PC. Kecepatan SATA III bisa mencapai sekitar 600MBps, tapi tidak semua drive modern bisa memiliki hasil maksimal.
  • PCI-E: Antarmuka ini mengetuk dalam empat jalur PCIe komputer anda untuk meniup kecepatan SATA, dengan maksimum hampir 4GBps di atas gen PCIe. 3. Kecepatan semacam itu bagus dengan drive NVMe supercharged.
  • NVMe: Teknologi Memori Non-Volatile Express mengambil keuntungan dari bandwidth PCIe yang melimpah untuk menciptakan SSD super cepat yang mampu meniup drive berbasis SATA dari air.
  • 2: Di sinilah keadaan menjadi rumit. Banyak orang menganggap M.2 drive juga menggunakan teknologi NVMe dan kecepatan PCIe, tapi itu tidak benar. M.2 hanyalah sebuah faktor bentuk. Tentu, sebagian besar SSD M.2 menggunakan pilihan NVMe, namun beberapa masih menempel pada tipe SATA.
  • 2 dan mSATA: Anda mungkin juga tersandung pada tipe SSD mSATA dan U.2, namun dukungan motherboard dan ketersediaan produk jarang terjadi pada format tersebut.

Jika Anda memutuskan untuk membeli NVMe SSD, pastikan PC anda dapat menanganinya. Dan karena ini adalah teknologi yang relatif baru, jadi anda hanya bisa menemukan serta memasangnya pada motherboard yang memiliki slot M.2 dari beberapa tahun terakhir. Biasanya mereka sudah hadir pada mobo untuk AMD Ryzen dan chip Intel mainstream dari era Skylake dan seterusnya, untuk sebagian besar. SSD NVMe yang terpasang pada adaptor PCIe populer di tahun-tahun awal teknologi, sebelum adopsi M.2 menyebar. Sehingga, pastikan anda benar-benar dapat menggunakan SSD NVMe sebelum membelinya, dan perhatikan bahwa Anda memerlukan 4 jalur PCIe yang tersedia untuk menggunakannya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari drive NVMe, maka anda pastinya perlu memilih sistem perasi yang ideal di dalamnya. Hal utama adalah karena sistem perlu mengenali drive dan dapat melakukan booting darinya. PC yang dibeli selama satu atau dua tahun yang lalu seharusnya tidak memiliki masalah booting dari drive NVMe, namun dukungan untuk itu dapat membingungkan pada pilihan motherboard yang jauh lebih tua. Hal yang terbaik tentu saja mendapatkan pilihan OS Windows 10 sebagai pilihan terbaru dan masih memiliki dukungan yang cukup lama dari produsen Microsoft.

SSD NVMe

Selain itu, lakukan pencarian Google, khususnya mengenai motherboard yang anda miliki dan lihat apakah ia sudah mendukung booting dari NVMe. Anda juga mungkin perlu menginstal update BIOS untuk mobo anda. Jika perangkat keras Anda tidak dapat melakukan booting dari NVMe SSD, mesin sebenarnya masih tetap dapat menggunakannya sebagai drive sekunder.Nah, ketika anda sudah siap untuk membeli pilihan SSD NVMe terbaik hari ini, daftar pilihan harga SSD NVMe disini mungkin layak untuk anda pertimbangkan.

Jadi, itulah sekilas mengenai hal yang perlu kita ketahui tentang SSD NVMe, apalagi jika anda berencana untuk membeli pilihan perangkat ini dalam waktu dekat. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa like& follow akun media sosial kami dibawah ini untuk mendapatkan update berita terbaru.

 Baca Juga :




Comments
Loading...