Inilah Mengapa Upgrade SSD Sangat Berpengaruh Pada Laptop

Kadangkala anda tidak harus mengupgrade CPU, RAM dan kartu grafis untuk mendapatkan kekuatan terbaik, karena sebuah komponen SSD bisa memberikan perbedaan yang sangat nyata jika dibandingkan dengan sebelumnya. Ini juga berlaku untuk laptop, dan salah satu komponen yang memiliki dampak paling besar pada kinerja laptop justru adalah drive penyimpanannya.




Sebagian besar laptop mainstream dan budget saat ini masih menggunakan hard drive mekanis dengan media magnetik yang berputar mengelilingi piring dan kepala untuk membaca data, sama halnya seperti lengan pada pemutar rekaman. Sementara piring berputar, CPU dan RAM Anda akan dibiarkan menunggu data sampai tiba, dan ini yang memperlambat segalanya mulai dari waktu boot sampai aplikasi dibuka dan lain-lain. Berbeda halnya dengan Solid State Drive, yang tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga membuat keseluruhan sistem bisa lebih cepat dengan menghapus latency ini.

Hal ini berlaku juga untuk laptop dengan jenis apapun, karena perbedaan kinerja antara SSD dan hard drive sangat dramatis. Dalam rangkaian uji terbuka aplikasi yang banyak dilakukan berbagai situs reviewer, sebuah laptop Core i5 hanya bisa membuka Microsoft Word dalam 31,9 detik dengan hard drive, bandingkan ketika ia memakai SSD yang mampu membuka aplikasi yang sama hanya 1,8 detik. Juga ini berpengaruh pada gaya berselancar anda, ketika anda bisa menysutkan waktu dalam membuka browser Chrome dari 14 detik menjadi 1,1 detik dan Excel dari 19,9 menjadi 1,8 detik.

Keuntungan Lain upgrade SSD  

Selain dari keuntungan sebelumnya, sebuah SSD juga mampu menyalin file yang lebih cepat. Melihat hasil ujicoba yang dijalankan seperti dari situs laptopmag, mereka menjalankan uji Transfer File laptop, yang melibatkan penyalinan file sebesar 4.97GB, hard drive beroperasi pada kecepatan 33,9 megabyte per detik sementara SSD bisa mencapai 237,8 MBps, yang kira-kira tujuh kali lebih cepat. Bahkan masa pakai baterai pun bisa meningkat dengan SSD on board, mulai dari 5 jam dan 43 menit hingga 7 jam dan 9 menit pada Uji Baterai.

Laptop
credit : laptopmag.com

Hanya saja, laptop entry level seperti Asus EeeBook E202SA yang memiliki CPU Intel Celeron N3060 dan RAM 4GB merupakan pengecualian. Anda tidak bisa mengubah komputer low-end menjadi sistem kinerja yang lebih baik dengan hanya dengan mengupgrade ke SSD (walaupun ada beberapa perubaha). Berselancar web, salah satu tugas utama laptop ini, mungkin lebih dipengaruhi oleh CPU dan koneksi jaringan daripada kecepatan penyimpanan. Walaupun browser web anda memang harus sering-sering mengakses disk drive, saat membaca dan menulis file cache dan saat anda membukanya.

Sekarang saatnya Upgrade drive 2,5 inci ke SSD

Tidak ada keraguan bahwa memiliki SSD akan meningkatkan kinerja multitasking, namun seberapa besar pengaruhnya akan tergantung pada tugas yang anda lakukan. Saat Anda membuka tugas dan file baru, SSD tentu saja akan mempercepat proses itu, namun juga akan membantu Windows mengakses file memori virtualnya. Setiap komputer memiliki ” paging file  yang digunakannya untuk menyimpan data saat program meminta lebih banyak RAM setelah Anda instal. Jadi, jika Anda memiliki 15 tab yang terbuka bersama dengan Word, Excel dan Photoshop Elements, komputer mungkin perlu mengakses file paging dan dapat melakukannya dengan lebih cepat dengan SSD.

Bagaimana dengan proses upgrade laptop low-end dengan SSD, apakah sangat berpengaruh? Ya, selama itu mungkin. Tapi, tidak setiap laptop memiliki chassis yang bisa Anda buka dengan aman tanpa merusak komputer. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda dapat meng-upgrade laptop adalah dengan memeriksa Crucial Memory’s Advisor Tool, yang memiliki daftar lengkap tentang apa yang mungkin dengan setiap model dan model laptop. Menurut mereka, laptop seperti Asus E202SA bisa mengambil standar 2.5-inch SATA SSD.




Bahkan lebih baik lagi, SSD 256GB hari ini semakin terjangkau, dengan model yang layak seperti Samsung 850 EVO yang tersedia seharga 1.3 jutaan atau kurang. Jadi sudah saatnya anda  mencoba upgrade hard disk lama anda ke perangkat yang lebih canggih seperti SSD.

  • Lihat daftar harga SSD terbaru disini

Baca juga :



Comments

Related Posts