Cara Mudah Baca File PDF tanpa Software Adobe Reader

Jika dalam komputer atau laptop anda tidak memiliki aplikasi untuk membaca file PDF,seperti Adobe Reader, jangan khawatir, karena kita bisa memiliki alternatif lain untuk membaca file tersebut. Bahkan, kita tidak perlu memasang Adobe Reader pada komputer jika kita sudah tahu bagaimana cara mudah membaca file PDF tanpa software ini. Karena, browser yang sering kita pakai untuk menjelajah internet ternyata sudah memiliki pendukung dalam membaca file PDF, jadi kita tidak usah repot ketika tidak memiliki aplikasi Adobe Reader dalam komputer.

Google Chrome

Google Chrome memiliki PDF viewer yang terintegrasi. Aplikasi ini telah dibundel dengan Google Chrome sejak 2010. Dan ini akan membuka file PDF secara online dengan sangat cepat, memuat langsung di browser anda. Sayangnya, PDF viewer di Chrome tidak memiliki banyak fitur.




Google Chrome dapat berfungsi sebagai penampil standar PDF  lokal, juga. Anda hanya tinggal klik kanan PDF yang ingin anda buka, dan pilih Properties. Kemudian ubah pilihan Open With dengan Google Chrome. Kemudian pilih Apply.

Adobe

Harap dicatat bahwa proses ini juga sama untuk Firefox, Microsoft Edge, atau PDF viewer lain yang ingin Anda gunakan sebagai default.

Firefox

Seperti halnya Google Chrome, Firefox memiliki PDF viewer yang terintegrasi. Bahkan, Mozilla telah dibundel PDF viewer sejak Firefox versi 19, dimana sekarang menggunakan Firefox 51.

Firefox PDF viewer sebenarnya bukan plug-in browser. Ini ditulis dalam JavaScript, bahasa scripting yang sama yang digunakan oleh halaman web di browser yang kita miliki. Ini berarti bahwa Firefox PDF viewer sepenuhnya memiliki sandboxed dengan cara yang sama seperti halaman web, yang memberi kita manfaat keamanan tambahan. Bila Anda menggunakan plug-in seperti Adobe Acrobat, anda mengandalkan plug-in pengembang sebagai gantinya.

Windows

Microsoft tidak memperkenalkan pembaca PDF yang terintegrasi hingga rilisnya Windows 8, dan aplikasi ini juga masih tersedia untuk Windows 10, tetapi menggunakan aplikasi yang lebih modern.pilihan tersebut mencakup :

Reader

Reader tidak lagi dibundel dengan instalasi Windows bawaan. Namun, software ini cukup cepat, gratis, dan dapat menampilkan dua halaman pada satu waktu. Reader membuka PDF anda dalam lingkungan Windows, tanpa browser. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fungsi yang sama dengan Chrome dan Firefox.

Microsoft Edge

Browser asli bawaan Windows 10 juga dilengkapi dengan PDF viewer. file PDF akan secara otomatis terlihat saat anda menggunakan Microsoft Edge yang terbuka di dalam jendela browser, ini lebih baik daripada memilih untuk aplikasi eksternal.

Adobe

Dalam hal fitur, Microsoft Edge memiliki kaki browser PDF viewer line dan tawaran yang sangat sedikit. Selain itu, fitur anotasi juga tidak bekerja dengan PDF, dimana itu merupakan hal yang sedikit aneh. Namun, dari semua sisi minus, tambahan ini cukup berguna bagi mereka yang memiliki Microsoft Edge sebagai browser pilihan.

Mac, Linux, iOS, dan Android

Dan kita tidak juga perlu aplikasi Adobe Reader atau tidak usah khawatir jika tidak memiliki sofware tersebut pada OS lain. Pengguna Mac memiliki Preview. Distribusi Linux datang dibundel dengan Ocular atau Evince, tergantung pada jenis.




Android memiliki built-in PDF viewer, seperti halnya iPhone dan iPads. Sementara Adobe Reader juga tersedia untuk semua OS ini,dan anda sebenarnya tidak benar-benar untuk mengunduh dan menggunakannya. Selain itu, ada pilihan yang lebih baik yang tersedia untuk setiap OS.

Baca juga :


Comments