Apa Itu Cache? Dan Bagaimana Fungsi Yang Sebenarnya Dari Cache

Ada banyak orang yang tidak mengetahui apa itu Cache, dan banyak pertanyaan yang mengalir ke saya mengenai hal tersebut. Kita sering melihat daftar fitur Cache pada sebuah prosesor, internet browser, hingga pada server. Mari kita lihat penjelasan lebih jauh mengenai hal tersebut.  




Cache adalah akses area yang memiliki kecepatan tinggi yang dapat menjadi bagian dari memori utama atau perangkat penyimpanan. Dua jenis utama dari Cache adalah Cache Memory dan Cache Disk.

Dalam komputasi, cache adalah komponen perangkat keras atau perangkat lunak yang menyimpan data permintaan sehingga data yang akan diakses dapat dilayani lebih cepat; data yang disimpan dalam cache mungkin hasil dari perhitungan sebelumnya, atau duplikat data disimpan di tempat lain.

Sebuah hit cache terjadi ketika data yang diminta dapat ditemukan dalam cache, sementara cache miss terjadi ketika itu tidak bisa. Cache hit dilayani dengan membaca data dari cache, yang lebih cepat dari recomputing hasilnya atau membaca dari toko data yang lebih lambat; dengan demikian, semakin banyak permintaan dapat dilayani dari cache, semakin cepat sebuah sistem dapat melakukan.

Untuk biaya-efektif dan untuk memungkinkan penggunaan data yang efisien, cache relatif kecil. Namun demikian, cache telah membuktikan dirinya dalam berbagai bidang komputasi karena pola akses dalam aplikasi komputer yang khas menunjukkan lokalitas referensi.

Cache memori

Cache memori adalah bagian dari kecepatan tinggi RAM statis (SRAM) dan sangat efektif karena sebagian besar program mengakses data atau instruksi yang sama secara berulang-ulang. Dengan menjaga informasi sebanyak ini dalam SRAM, komputer akan menghindari untuk mengakses DRAM yang lebih lambat, sehingga membuat komputer melakukan lebih cepat dan lebih efisien.

Saat ini, kebanyakan komputer datang dengan L3 cache atau L2 cache, sedangkan komputer yang lebih tua biasanya hanya memiliki L1 cache. Berikut adalah contoh dari prosesor i7 Intel dan cache L3 shared.

Cache Pada Browser




Cache browser internet, atau file Internet sementara pada browser Internet, seperti Google Chrome, Firefox, atau Internet Explorer, digunakan untuk meningkatkan seberapa cepat data saat browsing internet. Dalam kebanyakan kasus, setiap kali anda membuka sebuah halaman web, halaman dan semua file yang dikirim ke cache sementara browser pada hard drive.

Jika halaman web dan file yang terdapat pada halaman web (misalnya gambar) harus memuat lagi dan belum dimodifikasi, browser membuka halaman dari cache bukan mengunduh halaman lagi. Cache menyimpan banyak waktu, terutama jika Anda menggunakan modem, dan juga dapat membantu menghemat bandwidth data.

Siapa pun yang peduli tentang privasi mereka atau ingin menyembunyikan halaman yang telah dikunjungi pada komputer dapat menghapus cache internet mereka (sejarah). Siapa pun yang membersihkan sejarah browser internet (cache) biasanya harus mempertimbangkan untuk menggunakan mode penyamaran.

Disk caching

Seperti cache memori, disk caching digunakan untuk mengakses data yang umum diakses. Namun, alih-alih menggunakan kecepatan tinggi SRAM, sebuah cache disk menggunakan memori utama yang konvensional.

Data yang paling baru diakses dari disk disimpan dalam buffer memori. Ketika program perlu mengakses data dari disk, ia pertama kali memeriksa cache disk untuk melihat apakah data tersebut ada. Disk caching dapat secara dramatis meningkatkan kinerja aplikasi karena ia mengakses byte data di RAM yang bisa mencapai ribuan kali lebih cepat ketika mengakses byte data pada hard drive.

Cache Server  

Apa itu cache

Apa itu Cache Server, Cache Server adalah sebuah komputer atau perangkat jaringan yang dibentuk untuk halaman web store yang telah diakses oleh pengguna di jaringan. Ketika setiap pengguna mencoba untuk mengakses halaman web yang disimpan di cache server, kemudian ia dikirim versi yang disimpan, bukan untuk mengunduh halaman web lagi. Server Cache membantu juga untuk mengurangi jaringan dan kemacetan lalu lintas dari Internet, serta menyelamatkan perusahaan dari biaya bandwidth.



Comments