Cara Reset Ulang ke pengaturan awal Untuk Laptop Dan Tablet :Windows 10,7 atau 8

Kadangkala, mereset ulang seting Laptop atau tablet memang diperlukan untuk mengembalikan kondisi kinerja laptop ke pabrikan awal. Jika Anda perlu mereset Laptop anda untuk mengembalikan seting laptop ke awal, kami akan memberitahu anda bagaimana cara untuk mereset ulang laptop atau tablet. Berikut adalah cara untuk me-reset untuk Windows 10 dan juga Windows 7 atau Windows 8.

Untuk memulihkan laptop Anda seting pabrikan semula memang dapat berguna untuk sejumlah alasan yang berbeda. Mungkin saja anda mengalami masalah dengan kinerja laptop , virus atau anda hanya ingin menjualnya dan menghapus semua program, file, password dan informasi sensitif lainnya. Cara untuk mereset memang sedikit lebih sulit daripada smartphone atau tablet, namun kami akan menunjukkan cara untuk melakukannya langkah demi langkah. Kebanyakan laptop tidak datang dengan disk recovery lagi, tetapi jika anda memilikinya maka ini masih merupakan cara yang cukup mudah melakukan reset pabrik. Jika Anda tidak memilikinya, maka ada kesempatan baik untuk laptop Anda memiliki partisi pemulihan.

Bagian ini adalah bagian tersembunyi dari hard drive yang aman untuk menyimpan salinan lengkap dari Windows, driver dan program tambahan. Anda dapat menggunakannya kembali untuk laptop ke keadaan yang tepat dimana hari pertama anda memilikinya. Panduan ini akan menunjukkan cara untuk mengakses dan menggunakan partisi pemulihan untuk mereset  ulang laptop Anda ke pabrikan semula.

Harap diingat bahwa proses ini akan bervariasi antara berbagai merek laptop dan setiap model bahkan bisa berbeda. Perangkat lunak pemulihan yang disebut dengan berbagai nama untuk setiap merek laptop, sepanjang baris ‘manajer recovery. Kami akan mencoba untuk melakukan yang terbaik untuk mengumpulkan panduan ‘satu ukuran cocok untuk semua’ .

Cara mengembalikan laptop atau PC Windows 10 ke Pengaturan pabrik

reset2
Sumber : http://www.alphr.com/
  • Pada menu Update & security, pilih Recovery. Ini akan memunculkan dua opsi: Reset this PC danAdvanced start-up. Untuk memulihkan laptop, pilih opsi pertama.
reset3
Sumber : http://www.alphr.com/
  • Sekarang Anda akan memiliki tiga pilihan: Keep my files, Remove everything dan Restore factory settings. Pilihan pertama akan menyimpan file-file pribadi anda, dan baik untuk mengatur ulang pengaturan dan menghapus aplikasi yang terpasang. Pilihan kedua akan menghapus file pribadi Anda, sedangkan pilihan akan menginstal ulang versi asli Windows yang disertakan pada laptop.

reset4

Jika Anda memiliki beberapa drive di komputer, Anda harus memutuskan apakah akan menghapus file dari semua drive, atau hanya drive di mana Windows diinstal. Untuk reset penuh,anda bisa memilih pilihan terakhir.

Anda kemudian akan diberikan pilihan untuk membersihkan drive serta menghapus file. Jika Anda hanya mengatur ulang mesin, pilihan pertama adalah jauh lebih cepat. Jika Anda berencana untuk menghapus semua pada laptop, itu akan membersihkan drive dan ini akan memakan waktu lebih lama tapi akan membuat lebih sulit bagi siapa pun untuk memulihkan file yang dihapus.

Akhirnya, Anda akan diberi rincian tentang apa yang akan terjadi pada laptop Anda jika Anda mengembalikan ke pengaturan pabrik. Jika Anda senang dengan ini, Anda dapat mengklik Restore dan proses akan dimulai.

Cara mengembalikan Windows 8 laptop atau PC ke pengaturan pabrik

  • Pertama, tekan tombol Start dan kemudian ketik “Remove“. Jika Anda menjalankan Windows 8.1, Anda akan melihat opsi untuk Remove everything and reinstall Windows pada pilihan pertama.

it_photo_210337

  • Selanjutnya, klik pada bagian Umum di bar vertikal di sisi kiri layar. Pilihan Remove everything and reinstall Windows akan muncul di sisi kanan layar. Klik Get Started untuk memulai proses.

it_photo_210334




  • Pengguna Windows 8.1 sekarang akan diminta untuk memasukkan disk instalasi Windows mereka sebelum melanjutkan. Namun, anda bisa mengabaikan langkah ini: hal pertama yang akan Anda lihat adalah peringatan bahwa jika melanjutkan akan menghapus tidak hanya semua aplikasim tapi semua yang telah diinstal pada laptop, termasuk semua file pribadi. Itu berarti semua dokumen, foto dan video, jadi pastikan Anda membackup data Anda sebelum Anda melangkah lebih jauh.
  • Jika Anda memiliki beberapa hard disk di komputer Anda, berikutnya anda akan ditanya apakah ingin menghapus semua drive atau hanya drive di mana Windows diinstal. Untuk mereset penuh, pilih opsi terakhir.
  • Selanjutnya, Anda akan ditanya apakah Hanya ingin menghapus file atau Bersihkan drive sepenuhnya. Jika Anda hanya mulai dari awal lagi, bisa memilih yangpertama. Jika anda ingin menyerahkan laptop lama Anda ke orang lain atau menjualnya, pilih opsi kedua. Meskipun ini membutuhkan waktu lebih lama, itu benar-benar akan menghapus data Anda, sehingga siapa pun yang berakhir dengan mesin tidak dapat mengambil file apapun dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan.
  • Sekarang Anda akan melihat laman peringatan lain, memberikan Anda kesempatan untuk membatalkan atau melanjutkan. Ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk mundur, jadi pastikan Anda telah diambil benar-benar mengambil semua yang Anda butuhkan dari hard disk mesin sebelum anda menekan tombol Reset.

Proses ini tidak akan membiarkan Anda memulai jika anda belum memasukkan memasang charger laptop ke listrik, sehingga pasang sebelum Anda melangkah lebih jauh.

Cara mengembalikan Windows 7 laptop atau PC ke pengaturan pabrik

  • Back up file penting dan data. Jika Anda memiliki file cadangan , anda akan kehilangan mereka.
  • Matikan atau restart
  • Saat laptop anda muncul logo produsen di layar, tekan tombol F8 beberapa kali untuk membuka menu Advanced Boot Options .
  • Ketika sudah masuk menu tersebut pilih Repair Your Computer, kemudian tekan Enter.
  • Pada Sistem menu Options Recovery, pilih layout keyboard dan klik Next.
  • Pada layar berikutnya Anda bisa login sebagai pengguna lokal atau Administrator.
  • Tergantung pada konfigurasi Anda, saat ini kami memakai Laptop Dell, dan memilih Dell Factory Tools dan pilih Dell Factory Image Restore.
  • Klik Next untuk membuka Konfirmasi menu Data Penghapusan.
  • Pilih Ya, untuk memformat hard drive dan mengembalikan perangkat lunak sistem ke kondisi pabrik dan klik Next.
  • Setelah operasi pemulihan selesai, klik Finish untuk me-restart komputer.

Selama proses start- up, tekan tombol F yang sesuai atau kombinasi tombol yang telah kita cantumkan di bawah ini untuk produsen Laptop anda.

Catatan: Kadangkala sering ada jendela kecil untuk memberikan kesempatan dalam menekan kunci, jadi jangan khawatir jika anda membutuhkan beberapa upaya. Kami menyarankan untuk menekan beberapa kali tombol.

Recovery_partition_key

  • Acer – Alt + F10
  • Asus – F9
  • Dell / Alienware – F8
  • HP – F11
  • Lenovo – F11
  • MSI – F3
  • Samsung – F4
  • Sony – F10
  • Toshiba – 0 (tidak numpad) saat menyalakan, rilis kunci ketika logo Toshiba muncul




Jika tombol ini tidak bekerja maka lihatlah keluar untuk pesan di layar selama startup yang mungkin menunjukkan bagaimana untuk memulai proses pemulihan. Anda mungkin perlu memeriksa partisi pemulihan yang anda aktifkan di BIOS. Hal ini juga mungkin karena laptop anda tidak memiliki partisi recovery (atau mungkin telah dihapus) sehingga kami tidak bisa jaminan di sini. Anda mungkin perlu menghubungi produsen Anda.

Baca juga :

Loading…

Comments