- Serba-serbi, Tutorial

Bagaimana USB Type C Dan Thunderbolt 3 Bekerja? Begini Penjelasannya

Kadangkala anda mungkin memiliki setidaknya beberapa perangkat yang menggunakan Universal Serial Bus(USB). Rata-rata, lebih dari 3 miliar port USB dikirimkan setiap tahun, sehingga mungkin inilah jenis sambungan peripheral yang paling sukses di dunia hingga saat ini.




Dan kini standar USB telah digantikan dengan USB-C Thunderbolt 3 terbaru dimana Intel mengumumkan lebih dari setahun lalu, namun ternyata banyak orang masih belum mengenal secara pasti tentang ini. Dan tahukah anda bahwa USB-C Thunderbolt port 3 juga akan bekerja sebagai port USB-C dan setiap kabel Thunderbolt 3 akan bekerja sebagai kabel USB-C?. Mari kita lihat penjelasan singkat dibawah ini. 

Thunderbolt 3

Sebelum generasi Thunderbolt 3, ada dua generasi sebelumnya, yakni Thunderbolt 2 dan Thunderbolt  pertama bersama dengan jenis kabel yang sama dan port serta memiliki kecepatan transfer data antara 20Gbps dan 10Gbps, masing-masing.

Dengan 2 standar Thunderbolt yang lebih tua ini, biasanya memiliki kabel karena perangkat yang membutuhkan tersebut daya untuk beroperasi (itulah mengapa kebanyakan perangkat Thunderbolt 1 atau 2 akan membutuhkan sumber daya eksternal agar dapat berfungsi.) Dan ini membuat solusi Thunderbolt jauh lebih mahal pada saat itu, karena kabel itu sendiri memiliki harga 10 kali lebih mahal dari kabel USB yang sama panjang.

Semua versi dari Thunderbolt memungkinkan daisy-chaining hingga enam perangkat bersama untuk host dan selain mampu mengirim data, Thunderbolt juga dapat membawa sinyal Hi-Def video dan audio.

USB Type-C (atau USB-C)

Secara fisik, port Type-C dan konektor adalah tentang ukuran yang sama seperti orang-orang kebanyakan memakai Mikro-USB(atau micro-B USB): Sedikit lebih kecil dari Mini-USB, Micro-USB port Type-B saat ini sedang digantikan oleh USB-C sebagai pengisian dan data port untuk ponsel terbaru dan tablet).

Sebuah Port Type-C memiliki ukuran 8,4 oleh 2.6mm. Ini berarti cukup kecil untuk bekerja bahkan untuk perangkat periferal terkecil. Tipe-C memiliki kedua ujung kabel USB yang sama, yang memungkinkan untuk orientasi steker reversibel. Jadi anda juga tidak perlu khawatir tentang plugging yang terbalik karena akan berfungsi dua arah.

Sejak tahun 2015, USB-C telah banyak diadaptasikan dan digunakan di banyak ponsel dan tablet. Banyak perangkat penyimpanan baru juga menggunakan port USB-C yang kini menggantikan port USB-B. Hampir semua perangkat yang mendukung USB 3.1 menggunakan port USB-C.




USB 3.1 memiliki kecepatan tertinggi 10Gbps dan dapat memberikan output daya hingga 20 volt (100 watt) dan 5 amp. Ketika Anda mempertimbangkan kebanyakan laptop 15 inci membutuhkan daya hanya sekitar 60 watt, ini berarti di masa depan mereka akan sedikit port USB didalam tubuh mereka. Seperti halnya MacBook terbaru dari Apple yang hanya memiliki satu port USB-C sebagai satu-satunya perifer dan port power.

USB Type-C juga memungkinkan untuk kekuasaan bi-directional, artinya selain pengisian perangkat periferal, jika memungkinkan perangkat periferal juga bisa mengenakan perangkat host. Ini berarti Anda dapat melakukan pindah ke solusi tunggal yang kuat dan kecil yang bekerja untuk semua perangkat. Jenis-C USB secara signifikan akan mengurangi jumlah kabel yang saat ini diperlukan untuk membuat perangkat kerja.

Berikut Cara kerja Thunderbolt 3 dengan USB-Type C:

  • Jenis koneksi Mini DisplayPort telah dibuang untuk mendukung jenis koneksi USB-C.
  • Semua kabel Thunderbolt 3 bisa bekerja sebagai kabel USB-C.
  • Semua kabel USB-C bisa bekerja sebagai kabel Thunderbolt 3 selama mereka memiliki kualitas baik.
  • Thunderbolt 3 memiliki kecepatan transfer data diatas 40Gbps selama jarak kabel adalah 0.5m (1,6 ft.) atau lebih pendek.
  • Jika jaraknya 1m (3,2 ft.) Thunderbolt 3 biasanya memiliki kecepatan tertinggi 20Gbps, namun tergantung dari kualitas kabel, jika kualitas kabel merupakan yang terbaik, ia masih mempertahankan kecepatan diatas 40Gbps.
  • Setiap perangkat USB-C (seperti Google Pixel) yang dihubungkan ke port Thunderbolt 3 akan berfungsi secara normal.
  • Karena Thunderbolt 3 merupakan perangkat yang menggunakan chip Thunderbolt diskrit untuk berfungsi, mereka tidak akan berfungsi jika dicolokkan ke port USB-C.

Satu port, satu kabel dan tidak rewel

Jenis-C USB dan USB 3.1 adalah kompatibel dengan USB 3.0 dan USB 2.0. Dalam koneksi USB Type-C murni, port Type-A dan colokan tidak lagi disertakan. Namun, Anda akan menemukan Type kabel yang kompatibel antara A-to-Type C. Selain itu, akan ada adapter untuk membuat host Tipe C dan perangkat bekerja dengan perangkat USB yang ada.

Ini adalah pertama kalinya adapter yang diperlukan dengan koneksi USB, dan kemungkinan satu-satunya waktu, setidaknya untuk masa mendatang. Forum USB Implementer, kelompok yang bertanggung jawab untuk pengembangan USB, mengatakan bahwa tipe-C USB dirancang untuk menjadi bukti masa depan, selain karena desain yang digunakan juga untuk masa depan dan juga ini merupakan versi USB yang lebih cepat.

Dan tampaknya ini tidak akan memakan waktu lebih lama lagi  untuk tipe-C menjadi sepopuler Tipe-A di sisi tuan rumah, tetapi ketika itu terjadi itu, ia akan menyederhanakan cara kita bekerja dengan perangkat. Bahkan, Intel bisa bekerja pada audio standar USB yang mungkin membuat audio jack 3.5mm menjadi sesuatu yang usang.




Dan dengan penambahan Thunderbolt 3 sekarang menjadi super-set USB-C, akhirnya, kita hanya memiliki satu jenis port dan kabel untuk menghubungkan semua perangkat periferal satu sama lain dan ke komputer. Ini meramalkan bahwa, berkat dukungan untuk USB-C, adopsi Thunderbolt 3 akan lepas landas, yang belum terjadi pada versi sebelumnya dari Thunderbolt.

 




Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat