Inilah Penjelasan Kode Prosesor Intel Pada Laptop

Kadangkala kita sebagai pengguna laptop, apalagi jika anda masih pemula, terkadang suka bingung ketika melihat perbedaan kode prosesor yang ada didalam daftar spesifikasi. Katakanlah anda akan membeli laptop dengan prosesor intel core i7 7500U, kemudian anda melihat lagi laptop lain dengan spesifikasi prosesor intel core i7-7700HQ dengan perbedaan harga yang sangat jauh. Terkadang kita berfikir bagaimana letak perbedaannya, disatu sisi mereka memiliki prosesor yang sama, yakni intel core i7.

Sebagai contoh, ada seseorang yang bertanya kepada saya :” Saya baru saja membeli laptop dengan Core i7, mesin generasi ke-7 yang menunjukkan informasi untuk prosesor di BIOS sebagai berikut :

Intel Core i7-7500U CPU @ 2.70Ghz

Pertanyaanya adalah “ ia telah melihat i7 generasi ke-6 dan prosesor generasi ke-7 yang tercantum dalam hasil pencarian Google, tapi saya tidak mengerti apa akhiran (U) pada kode tersebut. Saya juga melihat prosesor lain dengan akhiran seperti HQ dan HK.

Dapatkah anda bisa menolong untuk menjelaskan apa akhiran ini benar-benar berarti?

Mari kita lihat penjelasannya dibawah ini.

Jumlah prosesor merupakan salah satu dari beberapa faktor bersama dengan merek prosesor, konfigurasi sistem yang lebih spesifik, dan tolok ukur tingkat sistem, yang harus dipertimbangkan ketika memilih prosesor yang tepat untuk kebutuhan komputasi Anda.

Jumlah yang lebih tinggi dalam kelas prosesor atau keluarga umumnya akan menunjukkan lebih banyak fitur, tapi mungkin lebih dari satu dan kurang dari yang lain. Setelah Anda memutuskan pada merek prosesor tertentu dan jenis, anda bisa membandingkan nomor prosesor dan memverifikasi prosesor termasuk fitur yang Anda cari.



Keluarga Processor Generation ke-7Intel® Core ™

Nomor prosesor untuk Intel® Core ™ Generasi ke-7 menggunakan skema alfanumerik berdasarkan generasi dan lini produk berikut merek dan pengubah nya. Digit pertama dalam urutan empat nomor biasanya menunjukkan generasi prosesor, dan tiga digit berikutnya adalah nomor SKU. Dimana yang berlaku, akhiran alpha muncul di akhir nama prosesor, yang merupakan garis prosesor. Prosesor Intel® High End Desktop juga sama mengikuti skema penomoran yang berbeda karena perbedaan dalam set fitur mereka.

kode prosesor intel

Inilah daftar lengkap dari kode tersebut :

kode prosesor intel

Keterangan :

  • Kode K biasanya dikhususkan untuk desktop prosesor, dimana prosesor dengan kode ini memiliki fitur kecepatan prosesor yang bisa diunlock, khususnya bagi anda yang suka gemar melakukan overclocking, juga biasanya ditemukan pada High-end Prosesor.
  • Kode T juga biasanya ditemukan pada desktop prosesor, dimana kode ini memiliki daya yang dioptimalkan. Biasanya jika kita menemukan prosesor dengan kode ini dibelakang, ini berarti prosesor tersebut memiliki daya kecil, juga biasanya clock speed yang tidak terlalu besar.
  • Kode H biasa ditemukan pada laptop, dimana kode ini memiliki grafis High-end yang terintegrasi dengan prosesor seperti Intel HD grafis 630 terbaru, yang memiliki kekuatan lumayan untuk memainkan game terbaru.
  • Kode HK hampir sama dengan kode K untuk desktop prosesor, dimana prosesor dengan kode ini memiliki fitur unlock khusus untuk laptop dan juga ia memiliki grafis yang terintegrasi High-end dengan prosesor.
  • Kode HQ pada mobile prosesor menunjukan bahwa ia memiliki grafis yang terintegrasi High-end dengan prosesor juga bahwa prosesor dengan kode ini menunjukan bahwa prosesor tersebut memiliki empat core fisik.
  • Kode menunjukan bahwa prosesor ini memiliki daya super hemat, dan biasanya kode ini tidak ditemukan dibagian akhir dari nama seri prosesor, melainkan ditengah, sebagai contoh : Intel® Core™ i7-7Y75 Processor yang memiliki TDP 7 W, memiliki core fisik 2 juga memiliki grafis entry level.
  • Kode hampir sama dengan Y, namun tidak sehemat seri Y, dan memiliki grafis mid-end yang terintegrasi serta biasanya memiliki 2 core fisik.

Keluarga Processor Generation ke -6 Intel® Core ™  dan sebelumnya

Sama seperti keluarga terbaru dari intel generasi ke-7, nomor prosesor untuk prosesor Intel® Core ™ Generasi ke-6 dan sebelumnya menggunakan skema alfanumerik berdasarkan generasi dan lini produk berikut merek dan pengubah nya. Digit pertama dalam urutan empat nomor menunjukkan generasi prosesor, dan tiga digit berikutnya adalah nomor SKU. Dan mana yang berlaku, akhiran alpha muncul di akhir nama prosesor, yang merupakan garis prosesor. Juga berlaku untuk prosesor Intel® High End Desktop yang mengikuti skema penomoran yang berbeda karena perbedaan dalam set fitur mereka.

Jadi, katakanlah anda akan membeli laptop dengan spesifikasi  prosesor intel core i7-7500U, anda setidaknya sekarang akan tahu bahwa ia memiliki jumlah core fisik 2 dengan thread 4, dan sangat berbeda dengan intel core i7-7700HQ baik itu dalam hal kinerja dan harga, karena  core i7-7700HQ memiliki 4 core fisik dan jumlah thread 8. Hal yang sama berlaku untuk core i5.

Biasanya, kode U ditujukan untuk laptop ramah lingkungan dan laptop untuk anggaran terbatas. Selain karena dilihat dari sisi kinerja yang terbatas, ia juga memiliki kelistrikan yang hemat daya, karena tidak akan mencapai lebih dari 25W. Berbeda halnya dengan misalnya i7-7700HQ dalam kelistrikan, dengan memiliki TDP 45W. Anda bisa melihat lebih lengkap di situs resmi Intel untuk spesifikasi lebih lanjut(http://ark.intel.com/)


Comments