ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME di tahun 2024 masih menonjol sebagai salah satu yang termahal untuk motherboard dengan chipset X670E, kemungkinan kedua setelah MSI GODLIKE. Nah, apa yang membuatnya masih menarik untuk dipertimbangkan?

Simak review lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga: Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Harga

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Dibanderol dengan harga sekitar Rp 16 jutaan lebih, motherboard ini jauh dari pilihan paling praktis bagi sebagian besar pengguna. Biayanya sebanding dengan membangun PC kelas menengah, menjadikannya produk yang ditujukan untuk segmen tertentu. Jadi, motherboard ini pastinya memiliki pasar terbatas, dan hanya kalangan tertentu saja dengan budget selangit dan kebutuhan yang besar.

Cek Harga Terbaru ROG CROSSHAIR X670E EXTREME:

Desain

ROG CROSSHAIR X670E EXTREME adalah motherboard kelas atas dengan kualitas build yang kokoh, material premium, dan fitur ekstensif yang melampaui motherboard biasa. Ini mencakup pengaturan VRM dan heatsink yang kuat serta opsi pendinginan yang luas, diklaim dapat memaksimalkan kinerja sistem dan memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan semua fitur tambahannya, meskipun beberapa hal mungkin tampak berlebihan bagi pengguna biasa.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Target audiens utamanya mencakup penggemar PC, overclocker, gamer, dan pembuat konten dengan beban kerja yang menuntut. Faktor bentuk E-ATX dan cakupan armor yang hampir penuh di bagian depan dan belakang membuat motherboard ini berat dan tangguh, sehingga meningkatkan daya tahannya.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Nuansa premium motherboard ini ditonjolkan oleh fitur-fitur seperti pencahayaan RGB pada heatsink VRAM dan Anime Matrix LED, sebuah layar kecil untuk monitoring hardware, yang dapat disesuaikan menggunakan software Armory.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Sistem pengiriman daya motherboard dirancang untuk mendukung overclocking ekstrim. Dengan total konektor daya CPU 16-pin dan konektor daya PCIe 6-pin tambahan untuk peningkatan GPU, sistem ini dapat menangani kebutuhan daya yang besar tanpa mengurangi stabilitas. Hal ini menjadikannya pilihan ideal bagi para antusias yang ingin memaksimalkan potensi perangkat keras mereka.

Fitur unik

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Motherboard ini hadir dengan fitur-fitur canggih seperti AI Overclocking, Tombol Q-Release Slot PCIe, dan Dynamic OC Switcher. Hal yang lebih menarik adalah kemudahan bagi para overclocker dengan alat extra seperti SAFE BOOT BUTTON, tombol BCLK, Retry Button, dan jumper mode LN2 khusus untuk overclocking nitrogen cair.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Ada juga ROG TRUE VOLTICIAN, sebuah osiloskop mini yang terhubung ke header USB onboard, memungkinkan pengguna memantau prosesor, GPU, atau PSU dengan perangkat lunak True Voltician pada PC terpisah.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Port & Konektivitas

Pilihan konektivitas pada motherboard ini lengkap, dengan 12 port USB di I/O belakang, termasuk USB4 dan USB 3.2 Gen2, dan tidak ada USB 3.0 atau lebih rendah, menjadikannya sebagai motherboard paling modern sejauh yang kami coba. Panel depan dapat mendukung hingga 10 port USB, dengan banyak konektor Type-C.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Kemampuan jaringan mencakup port LAN ganda yang mendukung 10Gbps (Marvell® AQtion 10Gb Ethernet) dan 2,5Gbps (Intel® 2.5Gb Ethernet), bersama WiFi 6E dengan mode 2×2 dan Bluetooth 5.3.

Spesifikasi Inti

Component Specification
CPU Support AM5 Socket for AMD Ryzen™ Desktop Processors
Chipset AMD X670
Memory 4 x DIMM slots, up to 192GB DDR5, Supports speeds up to 8000+(OC), Dual Channel Memory Architecture, Supports AMD EXTended Profiles for Overclocking (EXPO™), OptiMem II
Graphics 2 x USB4® ports supporting USB Type-C® display outputs
Expansion Slots 2 x PCIe 5.0 x16 slots (supports x16 or x8/x8 modes), 1 x PCIe 4.0 x4 slot
Storage 5 x M.2 slots (Various configurations supporting PCIe 5.0 and PCIe 4.0 modes), 6 x SATA 6Gb/s ports, Supports NVMe RAID 0/1/10 and SATA RAID 0/1/10
Ethernet 1 x Intel® 2.5Gb Ethernet, 1 x Marvell® AQtion 10Gb Ethernet, ASUS LANGuard
Wireless & Bluetooth Wi-Fi 6E (802.11 a/b/g/n/ac/ax) 2×2, Supports 2.4/5/6GHz frequency band, Bluetooth v5.3
USB Ports (Rear) 2 x USB4® (USB Type-C®), 1 x USB 3.2 Gen 2×2 (USB Type-C®), 9 x USB 3.2 Gen 2 (8 x Type-A, 1 x USB Type-C®)
USB Ports (Front) 1 x USB 3.2 Gen 2×2 (USB Type-C® with up to 60W PD/QC4+), 1 x USB 3.2 Gen 2 (USB Type-C®), 2 x USB 3.2 Gen 1 headers (supports additional 4 USB 3.2 Gen 1 ports), 2 x USB 2.0 headers (supports additional 4 USB 2.0 ports)
Audio ROG SupremeFX 7.1 Surround Sound High Definition Audio CODEC ALC4082, Impedance sense, High quality 120 dB SNR stereo playback output, 113 dB SNR recording input
Form Factor EATX (12 inch x 10.9 inch / 30.5 cm x 27.7 cm)

Motherboard ini mendukung memori DDR5 non-ECC hingga 192GB di empat slot, dengan kecepatan overclocking default hingga 8000 MHz, kompatibel dengan profil AMD EXPO dan Intel XMP. Ini memiliki tiga slot PCIe, dengan dua slot utama mendukung PCIe 5.0 dan diperkuat dengan armor tambahan, sedangkan slot paling bawah mendukung PCIe 4.0.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Untuk penyimpanan, ini mencakup dua slot M.2 onboard yang mendukung PCIe Gen5, dilengkapi dengan modul ROG Gen-Z tambahan yang menyediakan dua slot M.2 lagi (PCIe Gen5 dan Gen4), dan kartu tambahan PCIe untuk penyimpanan ekstra, menghadirkan total kapasitas hingga lima SSD M.2. Enam port SATA juga tersedia untuk kebutuhan penyimpanan tambahan.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Kebutuhan daya dirancang untuk kebutuhan ekstrem, dengan konektor daya 24-pin, konektor daya PCIe 6-pin tambahan untuk peningkatan GPU, dan pengaturan daya CPU 16-pin, mendukung kebutuhan overclocking ekstrem.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

BIOS & Software

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

BIOS pada motherboard seri ASUS ROG dikenal ramah pengguna dan opsi lanjutannya. Ini mencakup pintasan untuk konfigurasi yang mudah, overclocking AI melalui F11, dan opsi lanjutan yang luas untuk penyesuaian manual.

SUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME: Motherboard Terbaik Di 2024?

Software premium seperti ROG Armoury, AI Suite 3, dan Game First juga tersedia, dapat diakses melalui flash drive yang disertakan saat pembelian

Kinerja

Untuk benar-benar memahami kehebatan ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME, kami melakukan pengujian performa secara detail menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 7700. Analisis ini memberikan gambaran komprehensif mengenai kemampuan AI dan overclocking manual.

Overclocking AI

Fitur AI Overclocking pada motherboard ini terbukti lebih efektif dibandingkan fitur serupa pada model ASUS lainnya. Kecepatan clock rata-rata mengalami peningkatan yang nyata:

Peningkatan kinerja ini tercermin dalam hasil benchmark Cinebench R23, di mana fitur overclocking AI menghasilkan skor multi-core yang lebih tinggi, sehingga meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan secara signifikan.

Meskipun overclocking AI memberikan cara yang dapat diakses oleh pengguna untuk meningkatkan kinerja sistem mereka, ada konsekuensi tersendiri. Peningkatan kecepatan clock mengakibatkan suhu dan konsumsi daya lebih tinggi:

  • Suhu Default: 81°C (Rata-Rata)
  • Suhu AI Overclock: 91°C (Rata-Rata)
  • Konsumsi Daya Default: 89,37 Watt (Rata-Rata)
  • Konsumsi Daya AI Overclock: 106,1 Watt (Rata-Rata)

ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME

ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME

Meskipun terjadi peningkatan, suhu VRM tetap berada dalam batas aman, yang menunjukkan efektivitas solusi pendinginan motherboard:

  • Suhu VRM Default: 42°C
  • Suhu VRM yang AI Overclock: 44°C

ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME

Overclocking Manual

Bagi pengguna yang merasa nyaman dengan penyetelan manual, ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME menawarkan opsi ekstensif untuk penyetelan halus. Selama pengujian, Ryzen 7 7700 mencapai overclock yang stabil pada 5,1 GHz dengan sedikit penyesuaian, menunjukkan kemampuan motherboard untuk menangani pengaturan performa tinggi:

  • Kecepatan clock Overclocking Manual: 5,1 GHz
  • Skor Multi-Core Overclocking Manual: 19.500+

Pengaturan overclocking manual ini tidak hanya memberikan kinerja lebih tinggi dibandingkan overclocking AI tetapi juga memungkinkan manajemen termal dan daya yang lebih terkontrol. Stabilitas sistem pada kondisi overclock ini sangat mengesankan, menjaga kinerja tanpa mengorbankan keandalan.

Kesimpulan

ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME tetap menjadi pilihan utama untuk motherboard X670E, menawarkan peningkatan kinerja yang mudah bagi para antusias tanpa memerlukan penyesuaian yang rumit. Meskipun pasarnya terbatas karena harganya yang mahal dan beberapa fitur yang terlalu canggih, namun motherboard ini masih menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki anggarannya.

ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME tetap menjadi pilihan utama untuk motherboard X670E

Singkatnya, ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME adalah motherboard yang luar biasa untuk pengguna kelas atas. Jika harga tidak menjadi perhatian dan kalian memerlukan performa dan fitur tingkat atas, motherboard ini harus menjadi yang teratas dalam daftar kalian.

Plus & Minus ASUS ROG CROSSHAIR X670E EXTREME

Positif:

  • Performa Kelas Atas
  • Overclocking AI lebih efektif
  • Alat overclocking yang lengkap
  • Solid Build Quality
  • Konektivitas Komprehensif
  • Dukungan Memori & Penyimpanan luas
  • BIOS yang Ramah Pengguna

Minus:

  • Harga mahal
  • Pasar Terbatas
  • Pengaturan Tingkat lanjut yang rumit
  • Port SATA Terbatas
Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.