Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Butuh monitor gaming 4k terbaik untuk streaming, editing atau bahkan semuanya? ASUS ROG Strix XG27UCS bisa menjadi jawaban paling ideal. Monitor ini bertujuan untuk melayani para gamer profesional dan mereka yang mencari tampilan performa tinggi dengan opsi konektivitas modern.

Monitor UHD 4K dengan ukuran 27 inci ini menawarkan serangkaian fitur yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman bermain game dan multimedia. Nah, meskipun menawarkan banyak spesifikasi yang mengesankan, ada beberapa pertimbangan yang perlu diingat.

Simak penjelasan lebih detail mengenai monitor gaming 4K terbaru dari ASUS dibawah ini.

Baca juga: ASUS RT-AX57 GO Review: Rekomendasi Router WiFi Terbaik?

Fitur Utama ROG Strix XG27UCS

ROG Strix XG27UCS membawa resolusi 4K (3840×2160) dan mendukung Display HDR10. Meskipun ukuran monitornya hanya 27 inci, pengaturan extra tersebut menjanjikan visual yang hidup dan nyata, sehingga cocok untuk para gamer dan penggemar multimedia.

  • Ultra-High Definition: Monitor ini memberikan resolusi 4K UHD, yang berarti memiliki 3840 piksel secara horizontal dan 2160 piksel secara vertikal. Jumlah piksel yang tinggi ini menghasilkan gambar yang tajam dan detail, ideal untuk bermain game, film, dan tugas produktivitas.
  • Tingkat Kejelasan dan Detail: Resolusi 4K diklaim menghadirkan detail empat kali lipat dari Full HD, menjadikannya sempurna untuk layar besar dan menawarkan lebih banyak ruang layar untuk multitasking.

Spesifikasi inti lain monitor ini termasuk aspek rasio 16:9, native resolusinya sekali lagi 4k, refresh rate 160 Hz, waktu responnya 1ms GTG, dan panel bawaannya IPS yang punya viewing angle sangat baik . Ini juga udah support FreeSync dan kompatibel juga sama G-Sync. Spek inti ini sangat cocok buat skenario game kompetitif, apalagi di resolusi 4k dengan refresh rate tinggi. Tapi, kalo ingin memaklin kinerjanya, kalian butuh hardware tinggi, minimal GPU yang mumpuni lah.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Contoh paling nyata, ketika kalian pengen main game di resolusi 4K refresh rate 160Hz, kalian pastinya butuh GPU powerful. Minimal GPU Mid-range ke-atas lah, atau paling ideal ya RTX 4080 atau RTX 4090. Selain itu, game triple A max setting juga jarang juga dpt FPS di atas 160Hz, kecuali game eSport kayak DOTA, masih bisa lah. Jadi, biar balance dengan kinerja monitor, siapin aja PC yang powerful biar puas hasilnya.

Monitor ini juga mendukung HDR10, standar HDR dasar yang meningkatkan kontras dan rentang warna dibandingkan dengan tampilan rentang dinamis standar (SDR). Ini meningkatkan pengalaman menonton dengan membuat gambar tampak lebih hidup dengan sorotan yang lebih baik dan warna hitam yang lebih pekat.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

HDR10 umumnya dianggap lebih unggul daripada HDR400 karena dukungannya terhadap gamut warna yang lebar, kedalaman warna yang lebih tinggi, kecerahan yang lebih besar, dan kualitas gambar yang lebih baik secara keseluruhan.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Kebutuhan professional di monitor ini sebenarnya bisa terpenuhi. Monitor ini mencakup 95% gamut warna DCI-P3, standar yang digunakan dalam industri film untuk rentang warna yang luas. Hal ini memastikan reproduksi warna yang hidup dan akurat, sehingga cocok untuk pekerjaan yang kritis terhadap warna dan meningkatkan pengalaman visual secara keseluruhan.

Spesifikasi Inti

Berikut spesifikasi inti dari monitor gaming ROG Strix XG27UCS

  • Panel Size: 27 inches
  • Resolution: 3840×2160 (4K UHD)
  • Panel Type: Fast IPS
  • Brightness (Peak/HDR): 450 cd/㎡
  • Color Space (DCI-P3): 95%
  • Refresh Rate: 160Hz
  • Response Time: 1ms (GTG)
  • HDR Support: HDR10
  • Adaptive Sync: FreeSync™ & G-SYNC® Compatible
  • Ports: USB-C, DisplayPort 1.4, HDMI 2.1
  • Mechanical Design: Tilt, Swivel, Pivot, Height Adjustment
  • Special Features: Extreme Low Motion Blur, Shadow Boost, Low Blue Light
  • Dimensions (WxHxD): 61.48 x 51.28 x 21.88 cm
  • Weight: 6.57 kg (with stand)

Refresh Rate & Waktu Respons yang Cepat

Dengan kecepatan refresh 160Hz dan waktu respons 1ms (GTG), monitor ini bertujuan untuk menghadirkan gameplay yang mulus dan responsif. Kombinasi ini bermanfaat untuk game dengan tempo cepat di mana lag dan gerakan kabur dapat memengaruhi performa secara signifikan.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Kecepatan refresh tinggi 160Hz berarti monitor dapat menampilkan hingga 160 frame per detik, menghasilkan gerakan yang lebih halus dan mengurangi motion blur, yang sangat penting untuk game yang bergerak cepat. Kecepatan refresh yang lebih tinggi mengurangi kelambatan input, memberikan pengalaman bermain game yang lebih responsif.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Waktu respons 1 ms (gray-to-gray) memastikan piksel berubah warna dengan cepat, mengurangi bayangan dan keburaman gerakan. Hal ini sangat penting terutama dalam adegan aksi cepat yang mengutamakan kejelasan.

Persyaratan Hardware Yang Tinggi

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Untuk mencapai dan mempertahankan frame rate yang tinggi pada resolusi 4K memerlukan kartu grafis yang kuat. Pengguna dengan GPU kelas menengah mungkin tidak sepenuhnya mendapatkan manfaat dari kemampuan monitor, terutama dalam game yang menuntut. Jadi, monitor ini sebenarnya memiliki pasar yang terbatas, yang mungkin tidak dimiliki semua pengguna.

Sinkronisasi ELMB & Kompatibilitas G-Sync

Teknologi Extreme Low Motion Blur Sync (ELMB Sync) dari ASUS bekerja dengan kecepatan refresh variabel (VRR) untuk mengurangi ghosting dan robekan, yang dapat memberikan manfaat signifikan bagi para gamer.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

ELMB Sync menggabungkan teknologi pengurangan motion blur dari ASUS dengan teknologi variable refresh rate (VRR) untuk meminimalkan ghosting dan tearing. Ini memberikan visual yang jelas selama gerakan cepat.

Dengan menyinkronkan kecepatan refresh dengan kecepatan frame GPU dan mengurangi keburaman gerakan secara bersamaan, ELMB Sync menawarkan pengalaman bermain game yang lebih mulus dan jernih.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

ROG Strix XG27UCS menawarkan teknologi Extreme Low Motion Blur (ELMB) untuk mengurangi motion blur dan meningkatkan kejernihan pemandangan yang bergerak cepat. Namun, mengaktifkan ELMB memiliki beberapa keterbatasan, karena menonaktifkan beberapa fitur lainnya seperti Blue Light Filter, ASCR (ASUS Smart Contrast Ratio), Kontrol Aspek dan ELMB Sync. Pengguna harus memilih antara ELMB atau ELMB Sync berdasarkan preferensi mereka untuk kejelasan gerakan atau sinkronisasi adaptif.

G-Sync & FreeSync Premium

Monitor ini mendukung NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync Premium. Teknologi ini menyinkronkan kecepatan refresh monitor dengan kecepatan frame GPU, sehingga mengurangi screen tearing dan stuttering. Kompatibilitas ganda ini memastikan bahwa pengguna dengan kartu grafis NVIDIA atau AMD dapat memanfaatkan sinkronisasi adaptif, memberikan pengalaman bermain game yang lebih lancar dan konsisten.

Namun perlu dicatat bahwa kompatibilitas G-Sync masih dalam pemrosesan, yang berarti pengguna mungkin perlu memeriksa pembaruan firmware atau mengonfirmasi status untuk kinerja yang lancar.

Desain

Monitor ini sangat fleksibel. Dudukannya menawarkan penyesuaian kemiringan, putaran, poros, dan ketinggian untuk kenyamanan ergonomis, dan kompatibilitas VESA yang memungkinkan pemasangan di dinding.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Dudukan monitor memiliki ukuran yang kecil, yang berarti dudukannya hanya menempati ruang meja yang minimal. Hal ini memungkinkan lebih banyak ruang di meja untuk periferal dan aksesori lain, sehingga berkontribusi pada ruang kerja yang lebih bersih dan terorganisir.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Dimasukkannya dudukan telepon terintegrasi adalah fitur praktis yang membantu menjaga ponsel cerdas tetap mudah dijangkau. Ini sangat berguna untuk melakukan banyak tugas, memungkinkan pengguna mengawasi notifikasi atau menggunakan ponsel sebagai tampilan sekunder untuk aplikasi, obrolan, atau alat produktivitas tanpa mengacaukan meja.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Monitor ini mendukung desain ergonomis. Contoh, dudukan monitor memungkinkan penyesuaian ketinggian, memungkinkan pengguna menaikkan atau menurunkan layar. Monitor ini juga mendukung penyesuaian kemiringan, putar, dan pivot. Pengguna dapat memiringkan layar untuk mengurangi silau, memutarnya untuk berbagi tampilan dengan orang lain, dan memutarnya ke orientasi vertikal untuk tugas-tugas seperti pengkodean, pengeditan dokumen, atau membaca halaman web yang panjang.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Bagi pengguna yang lebih menyukai solusi pemasangan khusus, monitor ini kompatibel dengan pemasangan VESA. Hal ini memungkinkan pengguna memasang monitor di dinding atau lengan yang dapat disesuaikan, sehingga semakin meningkatkan pengaturan ergonomis dan mengosongkan ruang meja.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Meskipun monitor ROG Strix XG27UCS unggul dalam fungsionalitas, desain ergonomis, dan spesifikasi kaya fitur, pilihan bahan plastik untuk casingnya, terutama dudukannya, dapat dilihat sebagai kompromi dalam persepsi kualitas mengingat harga premiumnya. Ini merupakan pertimbangan penting bagi pengguna yang memprioritaskan kinerja dan estetika material dalam keputusan pembelian mereka.

Fitur Unik

Bagian belakang monitor ROG Strix XG27UCS, termasuk dudukannya, menawarkan fungsionalitas tambahan selain sekadar menopang layar. Ruang ini dapat dimanfaatkan untuk memasang periferal tambahan seperti lampu untuk streaming atau kamera tanpa memerlukan dudukan tambahan.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Fitur ini sangat bermanfaat bagi pembuat konten dan streamer yang sering membutuhkan peralatan tambahan seperti pengaturan pencahayaan atau kamera untuk menyempurnakan streaming mereka. Dengan memanfaatkan bagian belakang dan dudukan monitor, mereka dapat menyederhanakan pengaturan dan menjaga ruang kerja tetap teratur dan bebas dari kekacauan.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Pertimbangan desain seperti itu membedakan ROG Strix XG27UCS dari banyak monitor lain di pasaran, yang biasanya tidak mengintegrasikan opsi serbaguna untuk pemasangan periferal pada dudukan atau panel belakangnya.

Konektivitas dan Manajemen Kabel

Dimasukkannya port USB Type-C dengan mode DP Alt mendukung video out dan pengiriman daya. Artinya, pengguna dapat menyambungkan monitor ke berbagai perangkat, seperti laptop, tablet, dan ponsel cerdas, yang mendukung USB-C dengan kemampuan output video.

Port ini juga dapat menyalurkan daya ke perangkat yang terhubung, yang sangat berguna untuk menjaga daya baterai laptop dan perangkat lain saat menggunakannya dengan monitor. Fitur ini mengurangi kebutuhan akan banyak kabel dan pengisi daya, sehingga berkontribusi pada pengaturan yang lebih bersih dan efisien.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Dengan menggabungkan output video dan pengiriman daya dalam satu kabel, port USB Type-C membantu meminimalkan kekacauan kabel di meja, menciptakan ruang kerja yang lebih terorganisir dan estetis.

Selain itu, port DisplayPort 1.4 dan HDMI 2.1 juga membawa pilihan konektivitas untuk berbagai perangkat.  DisplayPort 1.4 mampu mendukung resolusi 4K dengan kecepatan refresh tinggi, hingga 120Hz atau lebih, bergantung pada implementasi spesifiknya. Port ini ideal untuk para gamer dan profesional yang membutuhkan output video performa tinggi dengan latensi minimal dan bandwidth tinggi.

Sedangkan HDMI 2.1 merupakan standar terbaru dalam teknologi HDMI, menawarkan beberapa kemajuan dibandingkan versi sebelumnya. Ini mendukung resolusi dan kecepatan refresh yang lebih tinggi, termasuk 4K pada 120Hz dan bahkan 8K, serta fitur-fitur seperti Variable Refresh Rate (VRR), Auto Low Latency Mode (ALLM), dan Enhanced Audio Return Channel (eARC). Hal ini membuatnya sempurna untuk digunakan dengan konsol game generasi berikutnya, PC kelas atas, dan sistem home theater. Dengan DisplayPort 1.4 dan HDMI 2.1, monitor dapat terhubung ke berbagai perangkat, mulai dari konsol game dan PC hingga perangkat streaming dan pemutar media, memastikan kompatibilitas dan fleksibilitas untuk berbagai kasus penggunaan.

Sayangnya, jumlah I/O port agak terbatas, padahal ini terhitung monitor premium dengan tag harga yang tinggi. Namun, kehadiran USB-C masih bisa buat port Display alternatif selain DP atau HDMI. Selain itu, USB-C mendukung power delivery nyampe 15W. Jd bisa juga buat pasang peripheral disini. Cuma mungkin posisinya agak sulit buat dijangkau, jd anggap lah lebih ideal buat Display aja. Kami sebenarnya berharap monitor ini juga menyediakan port HUB dengan port USB lebih banyak tp sayang ini agak terbatas. Btw, meskipun ada port buat audio, tapi monitor ini enggak punya audio independent. Jd user tetep perlu pake speaker extra buat audio.

Simpulan

ROG Strix XG27UCS dikemas dengan fitur-fitur yang ditujukan untuk meningkatkan pengalaman bermain game dan multimedia. Resolusinya yang tinggi, kecepatan refresh yang cepat, dan opsi konektivitas yang komprehensif menjadikannya pesaing kuat di pasar monitor kelas atas.

Monitor ini unggul dengan layar resolusi tinggi, kecepatan refresh yang cepat, dan pilihan konektivitas yang luas, menjadikannya pesaing kuat di pasar monitor premium. Namun, calon pembeli harus mempertimbangkan kualitas materi, harga dan persyaratan hardware yang tinggi, saat mengevaluasi kesesuaiannya untuk kebutuhan spesifik dan kompatibilitas pengaturan mereka.

Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Plus Minus Monitor Gaming ASUS ROG Strix XG27UCS

Positif:

  • Resolusi 4K dan HDR Berkualitas Tinggi:
  • Refresh Refresh dan Waktu Respons Cepat
  • Sinkronisasi ELMB dan Kompatibilitas G-Sync
  • Opsi Konektivitas Serbaguna
  • Desain Ergonomis dan Banyak Fitur Tambahan
  • Desain Belakang Yang Serbaguna

Minus:

  • Harga Terhitung Mahal
  • Kualitas Dudukan Monitor berbahan Plastik
  • Butuh Persyaratan hardware yang tinggi untuk memaksimalkan Kinerja Monitor
Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com