ASRock A620M-HDV/M.2: Motherboard A620 Paling Terjangkau

ASRock A620M-HDV/M.2: Motherboard A620 Paling Terjangkau

Motherboard ASRock A620M-HDV/M.2 cukup menarik perhatian karena fitur-fitur unik yang disesuaikan untuk memenuhi tuntutan komputasi modern, apalagi harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dibanding merk lain dengan fitur serupa.

Simak preview lengkap tentang motherboard tersebut dibawah ini.

Baca juga: ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Paduan Seimbang Antara Kekuatan & Keanggunan

Desain Preview

Motherboard ini memiliki ukuran mikro-ATX dengan desain yang mungkin tidak terlalu menonjol dari sudut estetika. Jadi, harga ramah tentu mendapatkan pengorbanan dari fitur ini, seperti tidak ada tambahan armor maupun fitur extra dengan kesan yang mungkin biasa bagi pengguna.

Motherboard ASRock A620M-HDV/M.2

Namun, salah satu fitur desain yang menonjol dari motherboard ASRock A620M-HDV/M.2 adalah reinforced steel slot, dirancang untuk mendukung standar PCIe 4.0. fitur ini memberikan titik jangkar tambahan, memastikan pemasangan yang kuat dan stabilitas untuk komponen yang dipasang.

Harga

Dengan harga kisaran Rp1.599.000, motherboard ASRock A620M-HDV/M.2 menawarkan titik masuk yang terjangkau ke ranah komputasi performa tinggi. Dibandingkan dengan harga rata-rata motherboard A620, yang seringkali melebihi angka ini, motherboard ASRock A620M-HDV/M.2 memberikan nilai luar biasa bagi pengguna yang ingin membangun atau meningkatkan sistem mereka dengan anggaran terbatas.

Meskipun harganya kompetitif, motherboard ini tidak berkompromi pada kualitas atau fitur, menjadikannya pilihan menarik bagi pengguna dengan anggaran terbatas yang mencari kinerja andal.

Cek harga terbaru ASRock A620M-HDV/M.2 :

Dukungan Storage

Motherboard ASRock A620M-HDV/M.2 menawarkan solusi M.2 berkecepatan tinggi, mengakomodasi beberapa perangkat penyimpanan M.2, termasuk dukungan SSD PCIe 4.0 M.2. Inovasi desain ini memfasilitasi kecepatan transfer data cepat, menggandakan kinerja dibandingkan solusi penyimpanan generasi sebelumnya.

Motherboard ASRock A620M-HDV/M.2

Storage:

  • 1 x Hyper M.2 Socket (M2_1, Key M), supports type 2280 PCIe Gen4x4 (64 Gb/s) mode*
  • 1 x Hyper M.2 Socket (M2_2, Key M), supports type 2260/2280 PCIe Gen4x4 (64 Gb/s) mode*
  • 4 x SATA3 6.0 Gb/s Connectors

Dengan mengintegrasikan dua slot PCIe 4.0 M.2, ASRock memastikan bahwa pengguna dapat memanfaatkan potensi penuh dari teknologi penyimpanan modern, meningkatkan respons sistem dan efisiensi alur kerja.

ASRock juga mengintegrasikan slot M.2 (Key E) untuk modul WiFi di samping port LAN onboard. Fitur desain yang bijaksana ini memungkinkan pengguna untuk bertransisi dengan mulus antara pilihan jaringan kabel dan nirkabel, memenuhi beragam preferensi konektivitas. Meskipun modul WiFi tidak disertakan, penyediaan slot M.2 menggarisbawahi pandangan ke depan ASRock dalam mengantisipasi kebutuhan konektivitas pengguna yang terus berkembang.

Konektivitas Unggulan

Dilengkapi dengan Realtek Gigabit LAN, motherboard ini memastikan konektivitas jaringan kabel yang andal dan berkecepatan tinggi. Pengontrol Gigabit Ethernet Realtek terkenal dengan stabilitas dan kinerjanya, memberikan solusi jaringan yang dapat diandalkan kepada pengguna untuk berbagai aplikasi.

Motherboard ASRock A620M-HDV/M.2

Pilihan ini bisa cocok untuk game online, streaming media, atau berbagi file, dukungan Gigabit LAN memastikan konektivitas jaringan yang lancar dan tidak terputus, meminimalkan latensi, dan mengoptimalkan kecepatan transfer data.

Sejalan dengan standar konektivitas kontemporer, motherboard ini dilengkapi port USB 3.2 Gen1 Type-C, memberikan kecepatan transfer data hingga 5 Gbps dan menggunakan desain USB yang dapat dibalik.

Dukungan USB:

  • 1 x USB 3.2 Gen1 Type-C (Rear)
  • 5 x USB 3.2 Gen1 Type-A (3 Rear, 2 Front)
  • 6 x USB 2.0 (2 Rear, 4 Front) |

Rear Panel I/O:

  • 2 x Antenna Mounting Points
  • 1 x HDMI Port
  • 1 x DisplayPort 1.4
  • 1 x USB 3.2 Gen1 Type-C Port
  • 3 x USB 3.2 Gen1 Type-A Ports
  • 2 x USB 2.0 Ports
  • 1 x RJ-45 LAN Port
  • 1 x BIOS Flashback Button
  • HD Audio Jacks: Line in / Front Speaker / Microphone

Spesifikasi Inti

Salah satu fitur khas motherboard ASRock A620M-HDV/M.2 adalah kompatibilitasnya dengan Prosesor AMD Socket AM5 Ryzen™ 8000 dan 7000 Series. Kompatibilitas luas ini memastikan fleksibilitas bagi pengguna, memungkinkan mereka memilih dari beragam CPU berkinerja tinggi untuk memenuhi kebutuhan komputasi spesifik mereka.

CPU Supports AMD Socket AM5 Ryzen™ 8000 and 7000 Series Processors
Chipset AMD A620
Memory Dual Channel DDR5 Memory Technology
  2 x DDR5 DIMM Slots
  Supports DDR5 ECC/non-ECC, un-buffered memory up to 7200+(OC)*
  Max. capacity of system memory: 96GB
  Supports Extreme Memory Profile (XMP) and EXTended Profiles for Overclocking (EXPO) memory modules

Motherboard ini dilengkapi dengan desain 6+1+1 Power Phase yang menampilkan Dr.MOS, solusi pengiriman daya mutakhir yang memastikan pengiriman daya yang efisien dan stabil. Sistem pengiriman daya Dr.MOS mengoptimalkan efisiensi daya, meminimalkan pembangkitan panas, dan meningkatkan keandalan sistem, bahkan di bawah beban kerja yang berat.

Motherboard ASRock A620M-HDV/M.2

Desain 6+1+1 Power Phase pada motherboard ASRock A620M-HDV/M.2 tampaknya lebih dioptimalkan untuk CPU dengan Thermal Design Power (TDP) di bawah 95 Watt. Inilah mengapa konfigurasi fase daya ini ideal untuk CPU tersebut. Dengan TDP CPU yang lebih rendah, konsumsi daya dan pembangkitan panas biasanya lebih rendah. Desain Fase Daya 6+1+1 membantu menjaga suhu optimal dengan mendistribusikan daya secara merata dan meminimalkan fluktuasi tegangan.

Meskipun CPU dengan TDP di bawah 95 Watt mungkin tidak memerlukan penyaluran daya sekuat prosesor kelas atas, desain Fase Daya 6+1+1 masih memberikan dukungan yang memadai untuk overclocking moderat. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendorong kinerja CPU mereka dalam batas aman tanpa mengorbankan stabilitas.

Untuk model CPU mainstream dan hemat anggaran dengan peringkat TDP lebih rendah, desain Fase Daya 6+1+1 memberikan keseimbangan antara kinerja dan efektivitas biaya. Ini memberikan penyaluran daya yang andal tanpa memerlukan komponen yang berlebihan, membantu menjaga harga motherboard secara keseluruhan tetap kompetitif.

Fitur menonjol lainnya dukungannya terhadap teknologi memori DDR5 dengan kecepatan 7200+ MHz (OC). Memori DDR5 menawarkan peningkatan signifikan dalam akses data dan kecepatan pemrosesan dibandingkan teknologi memori generasi sebelumnya, memungkinkan multitasking lebih lancar, peluncuran aplikasi lebih cepat, dan transfer data lebih cepat. Dengan dukungan overclocking memori DDR5, pengguna dapat membuka potensi kinerja yang lebih besar, mendorong sistem mereka ke tingkat kecepatan dan daya tanggap yang lebih tinggi.

Audio

Motherboard ASRock A620M-HDV/M.2 dilengkapi Audio High Definition(HD) 7.1 dengan Codec Audio Realtek ALC897, memastikan pengalaman audio berkualitas tinggi bagi pengguna. Kualitas audio diklaim bisa memberikan pengalaman suara surround dengan saluran audio terpisah untuk speaker depan, belakang, samping, dan tengah, serta subwoofer.

Disisi lain, Realtek ALC897 merupakan codec audio performa tinggi yang biasa digunakan di motherboard untuk menghasilkan suara yang jernih dan imersif. Ini mendukung fitur seperti multi-streaming, yang memungkinkan beberapa aliran audio diputar secara bersamaan. Codec ini juga menawarkan kemampuan pemrosesan sinyal tingkat lanjut untuk meningkatkan fidelitas audio.

Selain itu, motherboard mungkin menyertakan teknologi Nahimic Audio, yang meningkatkan pengalaman audio dengan menyediakan suara 3D yang imersif, pengurangan kebisingan, dan fitur peningkatan audio. Nahimic Audio dirancang untuk mengoptimalkan audio gaming, multimedia, dan komunikasi untuk pengalaman yang lebih mendalam dan menyenangkan.

Simpulan Awal

Singkatnya, motherboard ASRock A620M-HDV/M.2 masih menawarkan perpaduan menarik antara kinerja, keandalan, dan konektivitas, menjadikannya pilihan tepat bagi pengguna yang mencari platform komputasi serbaguna dan tangguh.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com