Intel Diam-diam Perluas Jajaran Prosesor “Meteor Lake” Dengan SKU Baru

Intel Diam-diam Perluas Jajaran Prosesor “Meteor Lake” Dengan SKU Baru

Secara diam-diam, Intel tampaknya telah memperluas keluarga prosesor mobile “Meteor Lake” dengan memperkenalkan SKU entry-level baru, termasuk Intel Core Ultra 5 115U. Meskipun peluncuran awal pada bulan Desember menampilkan sebelas SKU “Core Ultra”, penemuan terbaru menunjukkan bahwa Tim Biru diam-diam menambahkan ke jajarannya tanpa banyak kemeriahan.

Baca juga: Peneliti Dobrak Rekor Baru Kecepatan Transmisi Data Fiber Optik

Detektif internet baru-baru ini mengungkap detail menarik seputar Intel Core Ultra 5 115U, menjelaskan spesifikasi dan potensi posisi pasarnya. Penemuan ini berasal dari entri Geekbench Browser yang merinci perangkat Android “Google Rex” yang dilengkapi dengan CPU khusus ini. Namun, perbedaan dalam hasil benchmark, seperti kesalahan deteksi 10 core dan 10 thread, membuat para penggemar terkejut.

Intel Diam-diam Perluas Jajaran Prosesor "Meteor Lake" Dengan SKU Baru

Menurut halaman produk resmi Intel, Core Ultra 5 115U memiliki fitur 8 core dan 10 thread, terdiri dari dua P-Cores, empat E-Cores, dan dua LP-Cores. Menariknya, unit grafis terintegrasi (iGPU) prosesor yang lebih lemah membedakannya dari rekan-rekannya di jajaran Meteor Lake. Meskipun SKU lain memiliki 4 Xe-Core atau lebih, 115U hanya dilengkapi dengan 3 Xe-Core, sehingga menimbulkan spekulasi mengenai klasifikasinya sebagai SKU “Ultra”.

Intel Diam-diam Perluas Jajaran Prosesor "Meteor Lake" Dengan SKU Baru

VideoCardz menawarkan wawasan tentang potensi ceruk Core Ultra 5 115U, menunjukkan bahwa kemampuan iGPU yang berkurang dapat memposisikannya sebagai akselerator AI. Meskipun memiliki Xe-Core yang lebih sedikit, NPU (Neural Processing Unit) tampaknya beroperasi pada kecepatan yang sama dengan chip Meteor Lake yang paling kuat, yang menunjukkan fokus pada tugas-tugas yang berpusat pada AI.

Intel Diam-diam Perluas Jajaran Prosesor "Meteor Lake" Dengan SKU Baru

Meskipun Core Ultra 5 115U entry-level belum memasuki pasar dengan kekuatan penuh, keberadaan platform pengujian, sebagaimana dibuktikan oleh entri Geekbench Browser, menunjukkan bahwa Intel dan mitra perangkat kerasnya bersiap untuk memperkenalkan produk portabel baru. Perluasan halus pada jajaran produk Meteor Lake ini menggarisbawahi komitmen Intel untuk memenuhi beragam kebutuhan dan preferensi konsumen, dengan menawarkan serangkaian opsi kinerja dalam portofolio prosesor selulernya.

Ketika para penggemar menantikan rincian lebih lanjut dan penilaian kinerja dunia nyata dari Core Ultra 5 115U, kemunculan SKU entry-level ini menandakan langkah strategis Intel untuk memperkuat kehadirannya di pasar prosesor seluler yang kompetitif.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com