Cloud Hosting

VGA oh VGA, kapan sih harganya turun? Apa tahun depan bakal ada kabar positif? Kami sendiri masih ragu, tapi kemungkinan besar bisa begitu.

Dulu, rakit PC 5 jutaan kita udah dapet komponen sakti. Nambah budget dikit juga udah dapet dedicated VGA dan layak buat main game yang cukup demanding. Kalo sekarang, rakit PC 5 jutaan itu dapet komponen yang pas-pasan. Boro2 dapet VGA external, komponen yang ada juga terbatas.

Baca juga : Update Harga SSD Terbaru Tahun 2021 (Desember 2021)

Ini tentu enggak banget buat user yang punya budget terbatas. Malah, kalo ngeliat harga VGA sekarang, user yang punya anggaran besar juga mikir dulu sebelum beli. Contoh, GTX 1650 itu dulu bisa dapet 2 jutaan. Kalo sekarang? Pasaran harga VGA ini di kisaran 5 jutaan. Padahal, budget segitu dulu bisa dapet GTX 1660 Super dengan performa lebih baik.

VGA baru juga berlaku sama. Contoh,RTX 3060 itu punya MSRP $329 dollar saat dirilis atau sekitar 4.7 jutaan sebelum pajak. Jadi, harga harusnya di kisaran 6 sd 7 jutaan. Tapi boro-boro dapet segitu, dipasaran harganya bisa nyampe 12 sd 15 jutaan.

Harga-VGA-1
Hal yang sama juga berlaku buat VGA AMD. Contoh, RX 6600 yang baru dirilis punya MSRP $329 dollar atau sekitar 4.7 jutaan. Tp yang terjadi harganya nyampe 2 kali lipat atau lebih di kisaran 10 jutaan ke atas.

Harga-VGA-2

Ketika seri mid-range aja udah punya kenaikan signifikan, seri High-end jauh lebih parah. RTX 3080 harusnya berada di harga 16 jutaan, kini bisa dapet harga 30 jutaan lebih.

Pertanyaannya, mengapa sih harga VGA enggak turun-turun?

Mining jadi salah satu penyebab utama. Ini jadi model bisnis baru ketika bitcoin meroket tinggi. Banyak penambang borong VGA buat tambahan pemasukan. Disisi lain, stok VGA terbatas. Nah, yang bikin parah ternyata komponen inti VGA juga susah buat didapetin. Global chip shortage jadi masalah lain yang perlu dihadapi produsen VGA. Apalagi pandemi masih terjadi. Ini jadi rentetan masalah yang berdampak pada meroketnya komponen PC seperti VGA, bahkan produk elektronik juga berlaku sama.

Selama masa pandemi, lonjakan permintaan konsumen buat produk elektronik meningkat drastis. Disisi lain, lockdown di sejumlah negara memaksa karyawan mereka berhenti untuk sementara waktu. Jadi, hasil produksi yang dipake buat komponen inti sangat terbatas. Padahal antrian semakin banyak. Pabrikan semikonduktor juga cuma ada beberapa di dunia ini.

Makin ribet deh pasokan buat produksi VGA. Jadi, ketika stok sangat langka, trus barang yang satu ini jadi rebutan juga antara miner sama gamer, apalagi banyak scalper berkeliaran, dampaknya harga enggak terkendali.

Trus, ada gak sih solusi buat user yang pengen bangun PC?

Sebenernya ada. Pertama, kalian sementara waktu bisa ngandelin VGA bawaan prosesor kayak Ryzen G series atau Intel HD graphic. Contoh, kalian bisa beli prosesor Ryzen 3400G atau 5600G. ini bakal jadi solusi pengganti VGA juga, karena udah bawa graphic bawaan. Kinerja juga enggak kalah serunya, masih bisa ok buat game eSPort di 1080p. Cuma wajib pake dual channel memori dengan speed tinggi biar kinerja iGPU makin nendang. Nantinya, kalian bisa upgrade VGA external ketika harga udah normal.

Alternatif lain kalian bisa beli laptop dibanding PC. Meskipun ada kenaikan juga, tp setidaknya bisa jadi solusi efektif, entah kasual laptop atau laptop yang dikhususin buat gaming.

Selain laptop, kalian juga bisa pertimbangin PC Build up. Biasanya juga bisa jadi alternatif lain yang cukup baik pada harga yang pas. Upgrade juga memungkinkan, meskipun suka terbatas juga.

Gimana dengan beli komponen second? Bisa dan memungkinkan banget. Cuma pastiin aja garansi bawaan, pemakaian dan sebagainya. Lebih banyak bertanya ke penjual juga bisa mastiin barang ok punya. Saran kami sih mending taunnya jangan terlalu lama. Biar enggak ketinggalan banget .

Hingga pada akhirnya, harapan kita semua sih tentu aja harga VGA segera normal. Itupun berlaku buat komponen lain yang juga ikut meroket. Kapan itu terjadi? Tahun 2022 semoga udah ada kabar baik.

Jadi itu dia sekilas keluh kesah dan harapan tentang harga VGA hari ini. Enggak semua sih kami ungkap, cuma yang pasti semoga bermanfaat!

Comments

Artikel Terkait