Cloud Hosting

Produsen Asal Tiongkok Innosilicon Umumkan GPU Diskrit Pertama Yang Lebih Powerful

GPU terbaru tampaknya tidak hanya dimiliki oleh 3 perusahaan utama saja (NVIDIA, AMD & Intel), namun produsen asal Tiongkok Innosilicon juga memiliki hal yang sama.

Pada sebuah acara minggu ini, perusahaan tersebut meluncurkan GPU diskrit pertama mereka yang disebut Fantasy One. Perusahaan mengatakan kalau ini memiliki fitur GPU paling canggih, menawarkan setidaknya tiga model berbeda.

Baca juga : Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3u Siap Tenagai Laptop Windows Arm Berikutnya

Fantasy One cocok untuk desktop konsumen dan rig gaming, berbeda dengan GPU server Fenghua 1 yang diumumkan sebelumnya dari Innosilicon. Meskipun tidak sepenuhnya jelas di mana posisi kartu dalam hal kinerja game, pilihan ini mungkin mendarat antara AMD Radeon 6700XT dan 6600XT.

Produsen Asal Tiongkok Innosilicon Umumkan GPU Terbaru Yang Lebih Powerful

Fantasy One Type A adalah kartu grafis konsumen dan workstation dengan kombinasi VRAM GDDR6 dan GDDR6X pada interface 128-bit, dengan total 16GB. Innosilicon mengatakan Tipe A dikatakan akan menawarkan 5TFLOP untuk kekuatan presisi tunggal.

Sedangkan Fantasy One Type B adalah solusi dual-GPU yang dihubungkan oleh apa yang disebut Innosilicon “Innolink.” Kartu ini mampu menghasilkan daya presisi tunggal 10TFLOP, sebanding dengan 6600XT, tetapi kami masih belum jelas melihat bagaimana Innosilicon menghitung FLOP dibandingkan dengan AMD.

Untuk kartu grafis ketiga memiliki nilai lebih kecil dan bisa ideal sebagai opsi tingkat pemula. Model ini berorientasi hanya menampilkan pendinginan pasif. Hanya saja detail tidak diungkap secara pasti.

Semua kartu Fantasy One memiliki koneksi DisplayPort 1.4, HDMI 2.1, dan VGA. Innosilicon mengatakan mereka mendukung API grafis termasuk OpenGL, OpenGL ES, OpenCL, Vulkan, dan DirectX, meskipun tidak disebutkan versi DirectX yang mana.

Kinerja belum diungkap secara utuh, namun Innosilicon dilaporkan membandingkan kartu tersebut pada Unigine Heaven OpenGL. Hanya saja, kehadiran GPU baru ini bisa jadi berita gembira juga buat konsumen, yang biasanya didominasi oleh Nvidia dan AMD selama bertahun-tahun, dengan Intel mencoba mengambil bagian.

Referensi & image credit : https://news.mydrivers.com/

Comments

Artikel Terkait