Internal Storage Hape Android Kamu Kepenuhan? Gini Cara Mengatasinya

Saya tahu ini hampir menjadi masalah semua orang, terlebih lagi ketika ponsel punya ruang internal storage yang sangat terbatas. Disisi lain, aplikasi modern sekarang butuh ruang penyimpanan yang lebih besar, termasuk cache yang dibawanya.

Untuk itulah, ada beberapa cara untuk mengatasi agar setidaknya kalian bisa melepaskan beban storage ponsel yang selalu kepenuhan. Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Tips Biar Performa PC Maksimal, Estetikanya Dapet

Begini Cara Mengatasi Internal Storage Ponsel Yang Kepenuhan

Beberapa kunci penting yang bisa kalian lakukan adalah :

  • Pindahkan Foto, Video atau file Besar ke SD Card
  • Clear Cache Aplikasi secara manual
  • Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu

Mari kita bahas satu persatu dibawah ini.

1. Pindahkan Foto, Video atau file Besar ke SD Card

Ok, biasanya file besar di ponsel itu adalah video atau foto. Seperti ketika kalian terbiasa dengan selfie atau rekam video, file yang hadir enggak kerasa akan semakin besar. Disisi lain, ponsel kalian punya ruang internal storage yang terbatas. Nah, kehadiran SD Card akan menjadi solusi terbaik. Kalian bisa transfer semua file besar tersebut ke external storage ini lalu bisa pindahkan ke PC atau laptop. Tapi, selalu backup secara otomatis lewat cloud storage buat jaga-jaga.

Pertanyaannya, gimana cara untuk transfer file atau Foto ke SD Card? Mudah kok,:

  • Pergi ke Setting

Internal Storage Hape Android Kamu Kepenuhan

  • Cek bagian Storage (Penyimpanan)
  • lalu pilih opsi SD Card.

Internal Storage Hape Android Kamu Kepenuhan

  • Dibagian ini cek pilihan Transfer to SD Card. 

  • Mulai transfer file besar supaya hape bisa lebih nyaman dipake.

2. Clear Cache Aplikasi secara manual

Kemudian opsi lain agar Internal Storage enggak selalu kepenuhan adalah bersihkan cache aplikasi secara manual. Suka atau enggak, pemakaian aplikasi di Hape bakal memakan ruang storage internal, mulai dari file yang dibawa, termasuk cachenya.

Cache bisa sangat baik untuk mempecepat kinerja aplikasi, namun juga bisa menjadi beban ketika penyimpanan terbatas. Cache aplikasi akan menjadi beban tersendiri, jadi perlu kalian membersihkan secara teratur agar hape enggak akan terasa sesak ketika penyimpanan terasa penuh.

Nah, fitur clear cache sebenernya udah ada secara auto bawaan OS Android, namun kami rasa enggak terlalu efektif. Untuk itulah, melakukannya secara manual bisa jadi jalan terbaik. Caranya :

  • Pergi ke Setting dan pilih Storage

  • Dibagian ini, cek bagian Apps

  • Disini, kalian bisa pilih satu-persatu aplikasi yang dirasa sering dipakai. Biasanya sistem bakal secara otomatis mengurutkannya dari pilihan kapasitas terbesar. Tapi cek aplikasi yang dirasa sering dipakai. Misal Facebook.

Ponsel Android Penuh

  • Klik aplikasi ini, lalu pilih clear cache.
  • Sisanya kalian bisa melakukan secara manual, khususnya berkaitan dengan aplikasi yang sering dipakai.

Gimana dengan Clear Data, apa perlu dihapus? Clear data sama dengan reset aplikasi dan akan balik lagi ke awal, seperti user akan terhapus. Jadi perlu hati-hati kalau akan melakukan hal ini. Karena aplikasi penting misal WhatsApp atau Instagram nama accountnya akan terhapu dan balik lagi ke awal.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu

Terakhir, cara paling efektif agar storage internal hape enggak kepenuhan tentu saja hapus aplikasi yang dirasa enggak perlu. Karena terkadang, kita suka enggak tau kalau ternyata ada banyak aplikasi yang enggak dipakai. Bisa terinstal saat hape dipake oleh anggota keluarga atau tidak sengaja mengklik iklan didalam aplikasi, lalu terinstal secara otomatis. Untuk itu, segera uninstall.

Ponsel Android Penuh

Caranya? Bisa langsung tahan aplikasi di desktop kemudian muncul opsi uninstall atau hapus aplikasi. Atau cek bagian App management, khususnya di opsi App List.

Simpulan

Jadi, itu sekilas tutorial kami kali ini, khususnya berkaitan dengan masalah ponsel yang terbatas dengan kapasitas, dan ruang internal kepenuhan. Semoga apa yang kami ungkap bisa cukup efektif dan bermanfaat buat kalian.

Comments

Related Posts