Bitdefender Luncurkan Decryptor Gratis Untuk Atasi REvil Ransomware

Kabar baik nih, khususnya buat mereka yang menjadi korban REvil ransomware. Itu karena Bitdefender baru saja meluncurkan decryptor gratis untuk membantu korban dari ransomware ini, yang juga menjadi dalang di balik serangan Kaseya pada bulan Juli.

Baca juga : Apple Umumkan Ponsel Andalan Terbaru, iPhone 13 & iPhone 13 Mini

Bitdefender bekerjasama dengan lembaga penegak hukum (meskipun tidak disebutkan secara detail) untuk merilis software decryptor yang tersedia secara gratis ini. Disisi lain, mereka mengklaim kalao decryptor universal tersebut dapat membuka kunci file pada sistem apa pun yang dienkripsi REvil sebelum 13 Juli tahun ini, terlebih lagi saat group dibalik serangan ini hilang.

Hilangnya REvil membuat Bitdefender khawatir karena korban yang tidak membayar uang tebusan untuk mendapatkan decryptor sekarang tidak memiliki cara untuk mendapatkannya. Situs pembayaran REvil, bersama dengan semua situs lainnya di dark web juga telah offline.

Pekan lalu seorang analis untuk perusahaan keamanan Emsisoft mencatat bahwa blog REvil telah kembali online. Kemudian hari ini, mereka melaporkan bahwa REvil membawa korban baru. Bitdefender mengatakan pihaknya berpikir serangan baru akan segera terjadi, menyarankan organisasi tetap waspada.

Sebelumnya, REvil menawarkan decryptor universal dengan rekor tebusan bisa sebesar $70 juta atau setara 9 triliun lebih dalam bentuk Bitcoin. Itu tentu membuat banyak korban meradang. Bahkan Presiden AS Joe Biden menginstruksikan badan-badan intelijen AS untuk menyelidiki serangan itu. Bahkan sempat dikaitkan dengan pemerintah Rusia, meskipun belum ada bukti yang mengarah secara langsung.

Nah, bagi mereka yang membutuhkannya decryptor gratis dari Bitdefender, pihak pengembang memiliki instruksi tentang cara mengunduh dan menggunakan decryptor di situs webnya.

Comments

Related Posts