Apple Umumkan Ponsel Andalan Terbaru, iPhone 13 & iPhone 13 Mini

Selain seri iPhone 13 Pro yang powerful, seri standar iPhone 13 juga resmi diumumkan. Dua model utama hadir, antara iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Kedua ponsel ini datang dengan opsi storage 128GB.

Baca juga : Apple Umumkan Seri iPhone Pro-tier Terbaru, iPhone 13 Pro & iPhone 13 Pro Max

iPhone 13 non-pro ini juga memiliki banyak fitur baru, termasuk termasuk chip A15 Bionic, notch sensor menghadap ke depan yang lebih kecil, susunan kamera ganda yang lebih canggih, dan banyak lagi.

iPhone 13 & iPhone 13 Mini

Desain datar yang sama masih tetap dipertahankan, meskipun ada sedikit variasi visual. Takik pada susunan sensor yang menghadap ke depan sedikit lebih kecil dengan pengurangan ukuran 20 persen menurut perhitungan Apple. IPhone 13 memiliki kamera ganda di bagian belakang, mirip dengan pendahulunya, tetapi lensa diatur secara diagonal alih-alih ditumpuk.

Ukuran layar, iPhone 13 dan iPhone 13 mini menyerupai model tahun lalu dengan layar masing-masing 6,1 dan 5,4 inci. IPhone 13 ditenagai oleh 5nm A15 Bionic Apple. A15 menggunakan CPU 6-core dengan dua inti berkinerja tinggi dan empat inti berefisiensi tinggi. Dengan hampir 15 miliar transistor, Apple mengklaim A15 hingga 50 persen lebih cepat dari pesaingnya.

iPhone 13 & iPhone 13 Mini

A15 juga memiliki prosesor grafis 4-core yang diklaim 30 persen lebih cepat dibanding smartphone pesaing. Intinya, bermain game dengan grafis intensif bisa berjalan dengan lancar, dengan “visual dan efek pencahayaan yang lebih hidup”.

Ada juga  Apple’s 16-core Neural Engine, mampu menghadirkan 15,8 triliun operasi per detik. Neural engine ini merupakan prosesor yang didedikasikan untuk aplikasi pembelajaran mesin. Ini akan menangani fitur iOS 15 seperti Live Text, yang memungkinkan pengguna menghasilkan teks yang dapat disalin dari foto. Ini juga akan memproses beban kerja ML yang terkait dengan sistem kamera baru.

Apple mengatakan kalau kehadiran iPhone 13 diklaim sebagai ponsel yang memiliki sistem kamera paling canggih yang pernah ada. Ini menggabungkan perangkat keras yang lebih baru dengan fotografi komputasi untuk menghasilkan foto dan video yang luar biasa.

iPhone 13 & iPhone 13 Mini

Kamera baru ini hadir dengan sensor-shift OIS—fitur yang sebelumnya hanya ditawarkan di iPhone 12 Pro Max. Teknologi ini menstabilkan sensor alih-alih lensa untuk gambar yang lebih tajam dan video yang lebih stabil. Sensor kamera sudut lebar, dengan piksel 1,7 m yang lebih besar, menangkap 47 persen lebih banyak cahaya untuk mengurangi noise gambar dan menghasilkan gambar yang lebih cerah dalam cahaya redup.

Fitur lain yang diperkenalkan Apple ke sistem kamera adalah mode Sinematik. Neural Engine A15 Bionic dapat memproses video yang menerapkan fokus rak secara real-time. Fokus rak adalah teknik yang digunakan dalam sinematografi yang mengalihkan fokus dari subjek utama ke subjek sekunder.

Algoritme pembelajaran mesin juga bisa mendeteksi saat subjek mengalihkan pandangan dari kamera yang menyebabkan fokus beralih ke sesuatu di latar belakang. Pengguna juga dapat mengubahnya secara manual dengan mengetuk subjek sekunder atau mengetuk dua kali untuk menguncinya. Setelah terkunci, iPhone akan tetap fokus meskipun orang atau objek bergerak. Fitur ini bahkan dapat diterapkan atau dimodifikasi setelah video diambil.

Fitur layar, IPhone 13 dan iPhone 13 mini menampilkan layar Super Retina XDR OLED Apple yang ditingkatkan, diklaim bakal memberikan kontras lebih tinggi. Untuk konten biasa, kecerahan layar puncak luar ruangan bisa mencapai 800 nits. Untuk foto dan video HDR, output layar hingga 1200 nits.

IPhone 13 standar memiliki layar 6,1 inci, sedangkan mini 5,4 inci. Layar edge-to-edge yang dekat juga memiliki lekukan yang lebih kecil untuk susunan sensor depan. Apple mengatakan potongannya 20 persen lebih ringkas namun masih tetap mempertahankan sensor TrueDepth untuk Face ID. Kedua ponsel memiliki peringkat IP68 untuk ketahanan air dan menggunakan Ceramic Shield di atas layar untuk perlindungan ekstra.

iPhone 13 & iPhone 13 Mini

Kedua iphone 13 terbaru ini dilengkapi dengan konektivitas 5G. Apple memiliki lima pilihan warna, termasuk pink, blue, midnight (black), starlight (white), dan merah. Ponsel ini memiliki harga mulai dari $699 ( kisaran 9.9 jutaan) untuk iPhone 13 mini 128GB dan $799 (sekitar 11.3 juta) untuk iPhone 13 128GB. Pelanggan juga bisa upgrade storage hingga 256GB atau 512GB.

Comments

Related Posts