TEAMGROUP MP34 M.2 NVMe SSD 1 TB Review : Harga PAS, Kinerja FAST!

Dari sekian banyak SSD hebat diluar sana, TEAMGROUP MP34 kita rasa bisa jadi opsi paling pas buat user, antara harga, kinerja dan tentu aja pilihan kapasitas yang disediain. Mau tau lebih? simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : FSP DAGGER PRO SFX 750W : Kecil Tapi Powerful I PSU Review

TEAMGROUP MP34 M.2 NVMe 1TB: Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

TEAMGROUP MP34 ini mungkin udah lama dirilis, tapi pilihan SSD ini masih ideal kok buat hybrid user seperti gamer atau konten kreator yang menginginkan kinerja kenceng pada harga yang lebih pas. Betapa tidak, kapasitas 1 TB aja dibandrol sekitar 2.1 jutaan, padahal kalau lihat SSD lain dengan speed hampir serupa, bisa lebih tinggi. Mahal atau murahnya relatif, cuma dari performa dan stabilitas, SSD ini bisa positif.

TEAMGROUP MP34

Desain simpel, enggak ada cooling tambahan. Cuma kualitas PCB yang hadir kami rasa bisa lebih solid, enggak ribet dan punya kompabilitas yang baik.

TEAMGROUP MP34

Bisa dipasang di PC desktop atau laptop, selama perangkat dukung slot M.2 NVMe 1.3. Disisi lain, Ukuran SSD ini 2280 dengan berat hanya sekitar 6 gram.

TEAMGROUP sendiri memberikan 5 varian kapasitas buat seri MP34 ini, mulai dari 256GB, 512GB, 1TB, 2TB dan 4TB. Itu tentu bisa ideal buat user yang pengen varian kapasitas berbeda dan bisa disesuaikan juga dengan anggaran yang dimiliki.

Sedangkan garansi, SSD ini punya garansi terbatas hingga 5 tahun lamanya. SSD ini juga masih bisa bekerja dengan OS lama, seperti Windows 7 atau 8, termasuk Linux.

Spesifikasi Inti

SPESIFIKASI TEAMGROUP MP34 M.2 PCIe SSD
Interface PCIe 3.0 x4 with NVMe 1.3
Capacity 256GB / 512GB / 1TB / 2TB / 4TB[1]
Voltage DC +3.3V
Operation Temperature 0˚C ~ 70˚C
Storage Temperature -40˚C ~ 80˚C
Terabyte Written 256GB / >380TB
512GB / >800TB
1TB / >1,660TB
2TB / >2,000TB
4TB / >2,400TB[2]
Weight 6g
Dimensions 80(L) x 22(W) x 3.8(H) mm
Humidity RH 90% under 40°C (operational)
Vibration 80Hz~2,000Hz/20G
Shock 1,500G/0.5ms
MTBF 1,800,000 hours
Operating System Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7]
Linux 2.6.33 or later
Warranty 5-year limited warranty
Harga Rp2.170.000

Spesifikasi inti solid, dimana TEAMGROUP MP34 punya interface PCIe 3.0 x4 dengan protocol NVMe 1.3. Fitur NVMe yang dibawa setidaknya bisa memberikan kecepatan hingga diatas 2GB/s tanpa banyak kendala dibanding standar SSD SATA III, jadi itu tentu bawa benefit tersendiri buat user yang pengen storage kenceng.

Disisi lain, generasi NVMe 1.3 bisa memberikan speed jauh lebih tinggi. Meskipun itu bergantung dari jenis NAND yang hadir, termasuk chipset. TEAMGROUP sendiri mengklaim kalo performa read speed hingga 3.4GB/s dan write speed hingga 2.9GB/s. Tapi, nanti bakal kita buktikan lebih lanjut.

Btw, Jenis NAND Flash SSD ini TLC dan bawa DRAM cache 512MB. Nah, ada benefit tersendiri ketika SSD udah punya cache bawaan, seperti stabilitas performa sequential setidaknya bisa terus dicapai saat buka aplikasi yang seringkali dipakai, dan kinerja SSD enggak bakal drop dengan mudah.

Nilai TBW buat MP34 dengan kapasitas 1TB ini nyampe 1660 Terabyte. Waktu yang cukup lama buat pemakaian intensif. Btw, apa sih TBW itu? Intinya sih tingkat ketahanan SSD, dimana TBW alias Terabytes Written jadi standar batasan jumlah data yang bisa ditulis ke storage. Semakin besar tentu rentang waktu SSD bisa makin baik.

Performa

Gimana dengan performa? Kita rasa klaim read speed diatas 3GB/s bisa terbukti.

Sebagai contoh, pada Crystal Disk Mark 8, MP34 punya sequential read speed nyampe 3727 MB/s, skor tertinggi pada beberapa NVMe SSD gen3 yang pernah kita coba.

TEAMGROUP MP34

TEAMGROUP MP34

Nilai write speed 2967 MB/s juga sangat positif dan klaim produsen juga sejalan.

AS SSD benchmark juga bisa patokan tentang seberapa hebat MP34 dengan storage lain. Write speed mungkin bukan yang terbaik, namun read speed di atas 3GB/s bisa jadi sesuatu yang nyenengin. Bahkan jadi yang terbaik diantara NVMe SSD yang pernah kita coba.

TEAMGROUP MP34

TEAMGROUP MP34

Loading gaming pake SSD pada tes AS SSD Copy benchmark juga kenceng banget dengan rata-rata cuma sekitar 0.75 detik.

TEAMGROUP MP34

Gimana dengan suhu? Terkadang user suka khawatir kalo SSD tanpa cooling extra bakal throttling gara-gara suhu enggak ideal. Tapi nyatanya itu enggak terlalu terbukti. Kita coba pake cooling bawaan mobo sekelas ASUS ROG Strix B550 XE, nyatanya suhu masih adem. Idle enggak nyampe 34° Celsius, dan saat bekerja penuh enggak sampai diatas 54 ° Celsius.

TEAMGROUP MP34

Tapi perlu dicatet nih, hasil bisa ngaruh ketika pake perangkat yang berbeda. Yang penting sih sirkulasi udara di sekitar tetep dijaga.

Kesimpulan

Kapasitas besar, kinerja kenceng, dan harga lebih masuk akal tentu jadi poin penting TEAMGROUP MP34 ini. Disisi lain, varian yang ditawarin juga lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun anggaran user. Suhu juga aman, meskipun itu tergantung pada perangkat bawaan. Dan kompabilitas juga luas, entah laptop atau desktop. Yang penting perangkat punya slot M.2 NVMe.

Minus enggak terlalu banyak sih, malah kita enggak nemuin celah berarti. Kalo estetika sih relatif, cuma SSD ini lebih ke opsi simpel dan gak ribet. Malah, MP34 dapet label award recommended khususnya ketika ngeliat dari harga, kinerja dan tentu saja dukungan garansi.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang TEAMGROUP MP34 SSD ini. Enggak semua sih kita ungkap, cuma yang pasti semoga bermanfaat.

Comments

Related Posts